Ini adalah contoh modul ajar TK A semester 2 (genap) full kurikulum merdeka PAUD yang bisa di download tersedia dalam format docx word dan pdf. Modul ajar PAUD disebut juga sebagai RPP Plus merupakan perangkat pembelajaran yang berguna bagi guru dan anak dalam merencanakan pembelajaran di tingkat satuan pendidikan anak usia dini.



Perencanaan Pembelajaran TK

Perencanaan pembelajaran adalah suatu kegiatan yang memproyeksikan tindakan apa yang akan dilaksanakan dalam suatu pembelajaran, dengan mengkoordinasikan komponen pengajaran, sehingga arah tujuan, materi, metode dan teknik serta evaluasi menjadi jelas dan sistematis (Nana Sujana, 1988).

Perencanaan program belajar mencakup kegiatan merumuskan tujuan pembelajaran, merumuskan isi/materi pelajaran yang harus dipelajari, merumuskan kegiatan belajar dan merumuskan sumber belajar atau media pembelajaran yang akan digunakan serta merumuskan asesmen hasil belajar.

Fungsi perencanaan pembelajaran sebagai pedoman kegiatan guru dalam mengajar dan pedoman anak dalam kegiatan belajar yang disusun secara sistematis dan sistemik. Perencanaan program belajar harus berdasarkan pendekatan sistem yang mengutamakan keterpaduan antara tujuan, materi, kegiatan belajar dan asesmen.

Perencanaan pembelajaran untuk AUD lebih menekankan pada proses pengembangan aspek-aspek perkembangan anak seperti aspek perkembangan kognitif, bahasa, nilai agama dan moral, fisik/motorik, seni dan sosial emosional. Capaian dan kualitas perkembangan serta tindakan intervensi yang akan dilakukan bila anak belum mencapai target perkembangan disesuaikan dengan permasalahan perkembangan yang dihadapi anak dan bagaimana solusi yang dilakukan guru.

Modul Ajar TK A Semester 2

Modul ajar yang isinya adalah perencanaan pembelajaran wajib disusun oleh guru secara mandiri, sesuai dengan aturan yang berlaku. Perencanaan pembelajaran AUD yang harus disusun dan disiapkan guru sebelum pelaksanaan pembelajaran terdiri atas perencanaan pembelajaran semesteran (PROSEM).



Baca Juga:  Ruang Lingkup Standar Isi PAUD Permen 7 Tahun 2022

Apakah ada kaitan antara modul ajar dengan kegiatan harian di taman kanak-anak? Yo mesti ada, kegiatan harian akan lebih terukur dan terarah dengan merencanakan-nya. Perencanaan pembelajaran harian anak usia dini dapat ditulis dalam sebuah modul ajar yang berisi pada hari tersebut anak akan belajar apa dan bahan apa yang dibutuhkan dan tujuan kegiatan tersebut untuk apa.

RPPH Modul Ajar TK A Semester 2 Kurikulum Merdeka

Adalah modul ajar TK A Semester 2 (genap) Kurikulum Merdeka sebagai serial atau kelanjutan dari modul ajar kurikulum merdeka TK A Semester 1 (gasal). Berikut ini adalah contoh modul ajar TK A usia 4-5 tahun semester 1 (gasal) yang dikelompokkan berdasar topik dan sub topik. Setiap modul ajar di bawah ini dapat digunakan selama 1 minggu. Rincian dan link download dapat dilihat berikut ini (kok kayaknya setiap hari ganti topik? Tidak bunda, itu subtopik kok dan lihat disini untuk melihat break down rincian topik dari 4 tema besar PAUD kurikulum merdeka).

Untuk modul ajar TK A semester 2 kurikulum merdeka yang bisa di edit Microsoft Word docx ada di file nomor 1

NoFile Modul Ajar RPPH TK A (4-5 Tahun) Semester 2Link Download
1Modul Ajar Minggu 1 - Topik: Wow Ada HujanFile Docx
2Modul Ajar Minggu 2 - Topik: Awan di LangitFile Disini
3Modul Ajar Minggu 3 - Topik: Indahnya PelangiFile Disini
4Modul Ajar Minggu 4 - Topik: Ada AnginFile Disini
5Modul Ajar Minggu 5 - Topik: Ayo BerkebunFile Disini
6Modul Ajar Minggu 6 - Topik: Jenis BuahFile Disini
7Modul Ajar Minggu 7 - Topik: Jenis SayurFile Disini
8Modul Ajar Minggu 8 - P5: Ramadhan di SekolahkuFile Disini
9Modul Ajar Minggu 9 - Topik: Transportasi LautFile Disini
10Modul Ajar Minggu 10 - Topik: Transportasi UdaraFile Disini
11Modul Ajar Minggu 11 - Topik: Transportasi DaratFile Disini
12Modul Ajar Minggu 12 - Topik: Ramadhan di SekolahFile Disini
13Modul Ajar Minggu 13 - Topik: Idul FitriFile Disini
14Modul Ajar Minggu 14 - Topik: Kebun BinatangFile Disini
15Modul Ajar Minggu 15 - Topik: BerkemahFile Disini
16Modul Ajar Minggu 16 - Topik: Bekal PiknikFile Disini
17Modul Ajar Minggu 17 - Topik: Menggapai CitaFile Disini
18Modul Ajar Minggu 18 - Topik: Aku Ingin Menjadi (Arsitek)File Disini
Baca Juga:  Contoh Tujuan Pembelajaran Nilai Agama & Budi Pekerti

Keterangan:

Ada sedikit penjelasan disini:
  • Bahwa modul ajar PAUD yang dikembangkan PAUD Jateng ini adalah versi ringkas sehingga mudah dipahami (jelas) dan tidak bertele-tele.
  • Kegiatan Inti yang disajikan merupakan “pilihan kegiatan”, itu artinya ayah bunda tidak harus menjalankan ‘semua’ kegiatan inti yang disajikan.
  • Modul ajar ini dilengkapi buku cerita PAUD atau video edukasi anak
  • Semua daftar topik yang ada di bawah ini merupakan turunan dari 4 tema besar PAUD Kurikulum Merdeka, silahkan Lihat Program Topik Kurikulum Merdeka 1 Tahun Full

Modul ajar ini dibuat selama 5 hari kerja dengan perhitungan alokasi minimal waktu belajar adalah 900 menit setiap minggunya (ini berarti setiap hari adalah 900 / 5 hari = 180 jam = 3 jam per hari). Hal ini Sesuai dengan Kepmendikbudristek Nomor 56/M/2022 yang direvisi menjadi Permendikbudristek 262/M/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran, alokasi waktu pembelajaran di PAUD usia 4–6 tahun atau TK paling sedikit 900 menit per minggu. Sedangkan alokasi waktu di PAUD usia 3–4 tahun paling sedikit 360 menit per minggu.

Preview Format Modul Ajar TK A Semester 1

Kurikulum Merdeka Jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) memiliki manfaat yang banyak untuk anak-anak usia dini. Kurikulum ini dapat membantu anak-anak untuk mengembangkan semua aspek yang dibutuhkan untuk tumbuh dan berkembang secara optimal. Kurikulum Merdeka bertujuan untuk membantu anak-anak belajar tentang dunia di sekitarnya dengan cara yang menyenangkan dan kreatif. Kurikulum ini juga dapat membantu anak-anak untuk mengembangkan keterampilan yang diperlukan untuk menjadi pembelajar yang berhasil.

Kurikulum Merdeka Jenjang Pendidikan Anak Usia Dini juga membantu anak-anak untuk mengembangkan keterampilan sosial. Kurikulum ini menitikberatkan pada bermain bersama dan belajar bersama, yang memungkinkan anak-anak untuk belajar tentang keterampilan interaksi sosial yang penting. Kurikulum ini juga mencakup pengajaran tentang perilaku yang sopan dan bagaimana menghormati orang lain. Ini dapat membantu anak-anak untuk mengembangkan sikap empati dan menghormati orang lain.

Baca Juga:  Contoh RKH RPPH TK A Semester 1 Minggu 9-17 K13

Kurikulum Merdeka Jenjang Pendidikan Anak Usia Dini juga dapat membantu anak-anak untuk belajar tentang dunia di sekitarnya dengan cara yang menyenangkan dan kreatif. Kurikulum ini mencakup berbagai aktivitas yang menarik untuk membantu anak-anak belajar tentang lingkungan mereka. Aktivitas ini mencakup eksplorasi alam, membuat seni, dan banyak lagi. Kurikulum ini juga mencakup berbagai lagu dan cerita untuk membantu anak-anak memahami dunia di sekitarnya.

Kurikulum Merdeka PAUD juga memberikan anak-anak kesempatan untuk belajar tentang keterampilan berpikir kritis dan kreatif. Kurikulum ini mencakup banyak aktivitas yang melibatkan anak-anak untuk berpikir kritis dan kreatif. Aktivitas ini mencakup berbagai permainan logika, pengamatan, dan eksperimen. Dengan Kurikulum Merdeka Jenjang Pendidikan Anak Usia Dini, anak-anak dapat membangun keterampilan berpikir kritis dan kreatif yang penting.