Dapatkan modul ajar TK A semester 1 gasal kurikulum merdeka untuk paud usia 4-5 tahun secara gratis. Modul ajar merupakan RPP Plus yang berisi perangkat pembelajaran yang memudahkan guru atau pendidik membuat perencanaan pembelajaran anak usia dini di kelas. Yuk, kita lihat contoh modul ajar paud kelompok TK kurikulum Merdeka yang tersedia dalam format Word docx dan PDF.



Pembelajaran di TK

Taman kanak-kanak adalah salah satu cara yang menyenangkan untuk membantu anak-anak mengembangkan pengetahuan, kemampuan, dan keterampilan yang dibutuhkan untuk menjadi anak yang berhasil. Dengan pembelajaran di taman kanak-kanak, anak-anak dapat belajar tentang diri mereka sendiri dan lingkungan mereka, serta mengembangkan keterampilan yang diperlukan untuk menjadi anak yang mandiri dan bertanggung jawab.

Pembelajaran di taman kanak-kanak meliputi berbagai jenis aktivitas, termasuk bermain, berdiskusi, dan menyelesaikan tugas. Aktivitas ini dapat membantu anak-anak belajar tentang konsep dasar seperti warna, bentuk, ukuran, dan angka, serta meningkatkan keterampilan fisik, komunikasi, sosial, dan akademik mereka. Hal ini dapat membantu anak-anak tumbuh menjadi anak yang mandiri dan bertanggung jawab. Anak-anak dapat belajar berkompromi, menyelesaikan masalah, dan berkomunikasi dengan orang lain secara efektif. Mereka juga belajar menghormati dan mematuhi aturan, sehingga mereka dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar.

Selain itu, pembelajaran di taman kanak-kanak juga dapat membantu anak-anak mengembangkan rasa kepercayaan diri mereka. Dengan banyak kesempatan untuk belajar, berdiskusi, bermain, dan bertanya, anak-anak dapat mengembangkan keterampilan dan keyakinan diri mereka, yang dapat membantu mereka mencapai tujuan mereka.

Dengan demikian pembelajaran di TK adalah cara yang sangat efektif untuk membantu anak-anak mengembangkan pengetahuan, kemampuan, dan keterampilan yang dibutuhkan untuk menjadi anak yang berhasil. Dengan menyediakan berbagai aktivitas yang menyenangkan dan menantang, taman kanak-kanak dapat membantu anak-anak mencapai potensi mereka.

Modul Ajar TK A Semester 1 PAUD 4-5 Tahun Kurikulum Merdeka

Modul Ajar TK A Semester 1

Apakah ada kaitan antara modul ajar dengan kegiatan harian di taman kanak-anak? Yo mesti ada, kegiatan harian akan lebih terukur dan terarah dengan merencanakan-nya. Perencanaan pembelajaran harian anak usia dini dapat ditulis dalam sebuah modul ajar yang berisi pada hari tersebut anak akan belajar apa dan bahan apa yang dibutuhkan dan tujuan kegiatan tersebut untuk apa.



Baca Juga:  Contoh RKH Sentra Persiapan PAUD Tema Binatang

Adalah modul ajar TK A Semester 1 Kurikulum Merdeka sebagai serial atau postingan yang holistik tentang modul ajar kurikulum merdeka PAUD. Berikut ini adalah contoh modul ajar TK A usia 4-5 tahun semester 1 (gasal) yang dikelompokkan berdasar topik dan sub topik. Setiap modul ajar di bawah ini dapat digunakan selama 1 minggu. Rincian dan link download dapat dilihat berikut ini (kok kayaknya setiap hari ganti topik? Tidak bunda, itu subtopik kok dan lihat disini untuk melihat break down rincian topik dari 4 tema besar PAUD kurikulum merdeka) :

Untuk modul ajar TK A semester 1 kurikulum merdeka yang bisa di edit Microsoft Word docx ada di file nomor 1

NoFile Modul Ajar RPPH TK A (4-5 Tahun) Semester 1Link Download
1Modul Ajar Minggu 1 - Topik: Ayo BerkenalanFile Docx
2Modul Ajar Minggu 2 - Topik: BekerjasamaUnduh File
3Modul Ajar Minggu 3 - Topik: Aku Anak PHBSUnduh File
4Modul Ajar Minggu 4 - Topik: NegarakuUnduh File
5Modul Ajar Minggu 5 - Topik: KebinekaanUnduh File
6Modul Ajar Minggu 6 - Topik: PahlawanUnduh File
7Modul Ajar Minggu 7 - Topik: P5 Apotik HidupUnduh File
8Modul Ajar Minggu 8 - Topik: Saat KebakaranUnduh File
9Modul Ajar Minggu 9 - Topik: Saat BanjirUnduh File
10Modul Ajar Minggu 10 - Topik: Saat Gempa BumiUnduh File
11Modul Ajar Minggu 11 - Topik: Ruang AngkasaUnduh File
12Modul Ajar Minggu 12 - Topik: BulanUnduh File
13Modul Ajar Minggu 13 - Topik: BintangUnduh File
14Modul Ajar Minggu 14 - Topik: MatahariUnduh File
15Modul Ajar Minggu 15 - Topik: SekolahkuUnduh File
16Modul Ajar Minggu 16 - Topik: KeluargakuUnduh File
17Modul Ajar Minggu 17 - Topik: GurukuUnduh File
18Modul Ajar Minggu 18 - Topik: PerpustakaanUnduh File
19Modul Ajar Minggu 19 - Topik: WayangUnduh File
Baca Juga:  RPPH Modul Ajar TK A Semester 2 Kurikulum Merdeka

Keterangan:

Ada sedikit penjelasan disini:
  • Bahwa modul ajar PAUD yang dikembangkan PAUD Jateng ini adalah versi ringkas sehingga mudah dipahami (jelas) dan tidak bertele-tele.
  • Kegiatan Inti yang disajikan merupakan “pilihan kegiatan”, itu artinya ayah bunda tidak harus menjalankan ‘semua’ kegiatan inti yang disajikan.
  • Modul ajar ini dilengkapi buku cerita PAUD atau video edukasi anak
  • Semua daftar topik yang ada di bawah ini merupakan turunan dari 4 tema besar PAUD Kurikulum Merdeka, silahkan Lihat Program Topik Kurikulum Merdeka 1 Tahun Full

Modul ajar ini dibuat selama 5 hari kerja dengan perhitungan alokasi minimal waktu belajar adalah 900 menit setiap minggunya (ini berarti setiap hari adalah 900 / 5 hari = 180 jam = 3 jam per hari). Hal ini Sesuai dengan Kepmendikbudristek Nomor 56/M/2022 yang direvisi menjadi Permendikbudristek 262/M/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran, alokasi waktu pembelajaran di PAUD usia 4–6 tahun atau TK paling sedikit 900 menit per minggu. Sedangkan alokasi waktu di PAUD usia 3–4 tahun paling sedikit 360 menit per minggu.

Preview Format Modul Ajar TK A Semester 1

Kurikulum Merdeka di Taman Kanak-kanak mencakup berbagai macam kegiatan, termasuk kegiatan kreatif, seni dan budaya, bahasa, dan fisik. Kegiatan ini dipilih untuk membantu anak-anak belajar dan mengembangkan keterampilan yang diperlukan untuk mencapai kesuksesan akademik dan sosial. Kegiatan ini juga memungkinkan anak-anak untuk mengeksplorasi dunia mereka melalui bermain, pembelajaran, dan kegiatan lainnya.

Kurikulum Merdeka di Taman Kanak-kanak juga menyediakan berbagai macam peralatan pendidikan untuk anak-anak. Peralatan ini termasuk mainan, buku, alat musik, dan banyak lagi. Alat-alat ini sangat bermanfaat untuk membantu anak-anak belajar dan berkembang secara optimal. Dengan alat-alat ini, anak-anak dapat mengeksplorasi berbagai macam topik, termasuk matematika, bahasa, dan seni.

Baca Juga:  Contoh RPPH TK B Smt 1 Minggu 9-17 Kurikulum 2013

Kurikulum Merdeka di Taman Kanak-kanak menyediakan lingkungan pendidikan yang aman dan menyenangkan bagi anak-anak. Anak-anak diharapkan untuk menjadi aktif dan berkontribusi dalam kegiatan yang dipilih sesuai dengan minat dan bakat mereka. Dengan begitu, anak-anak dapat tumbuh dan berkembang dengan maksimal.

Kurikulum Merdeka di Taman Kanak-kanak adalah salah satu kurikulum terbaik yang dapat digunakan untuk pendidikan anak usia dini di Indonesia. Kurikulum ini memungkinkan anak-anak untuk belajar dan berkembang secara optimal. Dengan menggunakan kurikulum ini, anak-anak dapat mengeksplorasi berbagai macam topik dan mengembangkan keterampilan yang diperlukan untuk mencapai kesuksesan akademik dan sosial.