Download RPPH modul ajar kb b smt 1 usia (4-5 tahun) semester 1 kurikulum merdeka pdf dan bonus 1 docx word yang bisa di edit. Kurikulum merdeka resmi digunakan pada 2024, kali ini disajikan contoh rpph atau modul ajar kelompok bermain kurmer seperti apa formatnya yuk lihat sampai akhir tulisan ini ya.

Modul Ajar Kelompok Bermain Kurikulum Merdeka

Pelaksanaan kegiatan pembelajaran mengacu pada perencanaan pembelajaran, yaitu disebut Modul Ajar pada Kurikulum Merdeka atau sebelumnya disebut sebagai Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) yang sudah disiapkan oleh guru sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung. Pada perencanaan pembelajaran harian harus sudah ditetapkan dan ditentukan pendekatan pembelajaran yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan, karakteristik anak, dan budaya lokal.

Rencana pelaksanaan pembelajaran atau modul ajar merupakan kurikulum operasional yang dijadikan acuan bagi guru untuk mengelola kegiatan bermain untuk mendukung anak dalam proses belajar. Modul ajar kelompok bermain dibuat sebelum pelaksanaan pembelajaran. Rencana pembelajaran harus mengacu kepada karakteristik (usia, sosial budaya dan kebutuhan individual) anak yang terlibat dalam pembelajaran. Oleh karena itu sebelum menyelenggarakan kegiatan pembelajaran, guru diharapkan membuat modul ajar paud kurikulum merdeka dan ini berlaku untuk jenjang TK/KB/TPA/SPS.

RPPH Modul Ajar KB B Smt 1 Kurikulum Merdeka 19 Minggu

Contoh Modul Ajar KB B Smt 1 Kurmer

Ayah bunda dapat download modul ajar KB B Smt 1 ini digunakan untuk kelompok bermain layanan usia 3-4 tahun dalam format docx dan juga pdf melalui link tautan berikut ini:

Ada sedikit penjelasan disini:

  • Bahwa modul ajar PAUD yang dikembangkan PAUD Jateng ini adalah versi ringkas sehingga mudah dipahami (jelas) dan tidak bertele-tele.
  • Kegiatan Inti yang disajikan merupakan “pilihan kegiatan”, itu artinya ayah bunda tidak harus menjalankan ‘semua’ kegiatan inti yang disajikan.
  • Modul ajar ini dilengkapi buku cerita PAUD atau video edukasi anak
  • Semua daftar topik yang ada di bawah ini merupakan turunan dari 4 tema besar PAUD Kurikulum Merdeka, silahkan Lihat Program Topik Kurikulum Merdeka 1 Tahun Full
Baca Juga:  Menurunkan TP dari CP Jati Diri PAUD? Baca 3 Hal Ini

(Apabila file unduh belum tersedia silahkan gunakan jendela penyamaran)

NoFile Modul Ajar RPPH KB 3-4 Tahun Semester 1Link Download
1Modul Ajar KB 3-4 Tahun Minggu 1 - Topik: Ayo BerkenalanFile Docx
2Modul Ajar KB 3-4 Tahun Minggu 2 - Topik: BekerjasamaFile Disini
3Modul Ajar KB 3-4 Tahun Minggu 3 - Topik: Aku Anak PHBSFile Disini
4Modul Ajar KB 3-4 Tahun Minggu 4 - Topik: NegarakuFile Disini
5Modul Ajar KB 3-4 Tahun Minggu 5 - Topik: KebinekaanFile Disini
6Modul Ajar KB 3-4 Tahun Minggu 6 - Topik: PahlawanFile Disini
7Modul Ajar KB 3-4 Tahun Minggu 7 - Topik: P5 Merayakan KemerdekaanFile Disini
8Modul Ajar KB 3-4 Tahun Minggu 8 - Topik: Saat KebakaranFile Disini
9Modul Ajar KB 3-4 Tahun Minggu 9 - Topik: Saat BanjirFile Disini
10Modul Ajar KB 3-4 Tahun Minggu 10 - Topik: Saat Gempa BumiFile Disini
11Modul Ajar KB 3-4 Tahun Minggu 11 - Topik: Ruang AngkasaFile Disini
12Modul Ajar KB 3-4 Tahun Minggu 12 - Topik: BulanFile Disini
13Modul Ajar KB 3-4 Tahun Minggu 13 - Topik: BintangFile Disini
14Modul Ajar KB 3-4 Tahun Minggu 14 - Topik: MatahariFile Disini
15Modul Ajar KB 3-4 Tahun Minggu 15 - Topik: SekolahkuFile Disini
16Modul Ajar KB 3-4 Tahun Minggu 16 - Topik: KeluargakuFile Disini
17Modul Ajar KB 3-4 Tahun Minggu 17 - Topik: GurukuFile Disini
18Modul Ajar KB 3-4 Tahun Minggu 18 - Topik: PerpustakaanFile Disini
19Modul Ajar KB 3-4 Tahun Minggu 19 - Topik: WayangFile Disini

Keterangan :

Modul ajar ini dibuat selama 5 hari kerja dengan perhitungan alokasi minimal waktu belajar adalah 900 menit setiap minggunya (ini berarti setiap hari adalah 900 / 5 hari = 180 jam = 3 jam per hari). Hal ini Sesuai dengan Kepmendikbudristek Nomor 56/M/2022 yang direvisi menjadi Permendikbudristek 262/M/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran, alokasi waktu pembelajaran di PAUD usia 4–6 tahun atau TK paling sedikit 900 menit per minggu. Sedangkan alokasi waktu di PAUD usia 3–4 tahun paling sedikit 360 menit per minggu.

Baca Juga:  Modul Ajar TK B Semester 1 Kurikulum Merdeka

Preview Format Modul Ajar KB B Smt 1

Kenapa Penting Membuat Modul Ajar PAUD?

Alasan mengapa membuat modul ajar atau rencana pembelajaran sangat penting dalam kurikulum?

Pembelajaran di sekolah PAUD adalah hal penting bagi tumbuh kembang anak usia prasekolah. Melalui pembelajaran, anak akan memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk menjadi orang dewasa yang sukses. Oleh karena itu, penting bagi para guru PAUD untuk membuat rencana pembelajaran harian yang tepat untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Rencana pembelajaran yang efektif dapat membantu para guru PAUD mencapai tujuan pembelajaran dan membantu anak belajar dengan lebih baik. Rencana pembelajaran harian juga dapat memastikan bahwa semua anak memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan pembelajaran yang berkualitas.

Rencana pembelajaran harian yang tepat dapat membantu para guru mencapai tujuan pembelajaran dan menyediakan struktur dan kesempatan yang tepat untuk membantu anak belajar. Dengan rencana pembelajaran yang tepat, para guru dapat menentukan waktu yang tepat untuk memberikan materi dan memastikan bahwa semua anak mendapatkan kesempatan untuk berpartisipasi dalam pembelajaran.

Rencana pembelajaran harian juga dapat membantu para guru menyediakan aktivitas yang menarik dan menantang bagi anak. Ini akan membantu meningkatkan kemampuan anak dan membantu anak belajar dengan lebih baik. Rencana pembelajaran yang tepat juga akan memastikan bahwa anak mendapatkan bantuan yang diperlukan saat mereka mengalami kesulitan dalam materi pembelajaran.

Rencana pembelajaran harian yang tepat juga akan membantu para guru untuk mengontrol dan mengatur situasi pembelajaran. Ini akan membantu para guru untuk mengatur suasana belajar yang kondusif dan membantu mereka untuk mengontrol kegiatan anak.

Pentingnya membuat rencana pembelajaran harian untuk sekolah PAUD tidak dapat dipungkiri. Dengan rencana pembelajaran yang tepat, para guru dapat mencapai tujuan pembelajaran dan membantu anak belajar dengan lebih baik. Dengan rencana pembelajaran yang tepat, para guru juga akan dapat menciptakan situasi belajar yang kondusif dan membantu anak mendapatkan bantuan yang diperlukan.

Baca Juga:  Panduan Rapor PAUD Kurmer /Laporan Capaian Pembelajaran