Modul Ajar PAUD adalah nama sebutan baru untuk RPP PAUD di Kurikulum Merdeka. Apakah ada format baku rpp paud kurikulum merdeka? Jawabnya tidak ada! Karena memang tidak ada peraturan yang baku tentang format RPP. Pilihan format dikembalikan kepada guru dan satuan PAUD untuk memberi kemerdekaan dalam menyusun RPP sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan guru berdasarkan kekhasan satuan PAUD (sekolah) masing-masing.



Eh tapi tunggu dulu ayah bunda, sudah tahu kan bahwa RPP di dalam kurikulum merdeka disebut dengan Modul Ajar?

Pembelajaran dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai model pembelajaran, metode, dan media. RPP bersifat fleksibel sesuai kontekstual satuan PAUD, sehingga guru dapat merdeka mengajar dan mewujudkan pendidikan yang memerdekakan pada anak.

Apakah satu RPP hanya dapat digunakan untuk satu pertemuan saja?

Pembelajaran yang baik dilaksanakan secara sistematis dan berkesinambungan. Kegiatan pembelajaran dirancang mengikuti prinsipprinsip pembelajaran, keluasan muatan/materi, pengalaman belajar, tempat dan waktu belajar, alat/sumber belajar, model pembelajaran dan cara penilaian.

Kualitas pembelajaran dapat diukur dan ditentukan oleh sejauh mana kegiatan pembelajaran dapat mengubah perilaku anak ke arah yang sesuai dengan tujuan kompetensi yang telah ditetapkan. Oleh karena itu, Guru PAUD diharapkan mampu merancang, mengembangkan, dan melaksanakan kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik, kebutuhan, dan perkembangan anak.

Kembali lagi ke pertanyaan di atas, apakah satu modul ajar PAUD hanya dapat digunakan satu pertemuan sering ditanyakan oleh ayah bunda pendidik PAUD. Penulisan modul ajar dirancang agar memaksimalkan guru mengevaluasi pembelajaran sehingga modul ajar bisa jadi digunakan lebih dari satu pertemuan bergantung implementasi saat mengajar terdapat kendala apa tidak.



RPP PAUD Kurikulum Merdeka = Modul Ajar PAUD

RPP PAUD Kurikulum Merdeka = Modul Ajar PAUD

Rencana pelaksanaan pembelajaran kurikulum merdeka pada PAUD bukanlah tugas yang mudah. Hal ini karena membutuhkan banyak perencanaan dan pekerjaan untuk memaksimalkan tumbuh kembang anak. Langkah pertama adalah menemukan waktu dan tempat untuk mengajar. Idealnya, Ayah bunda ingin menemukan tempat yang tenang, privasi, dan jauh dari gangguan. Langkah selanjutnya adalah memutuskan jenis pengajaran yang akan ayah bunda lakukan. Selanjutnya memutuskan apa yang akan diajarkan dan apa yang akan dipelajari siswa.

Baca Juga:  Kurikulum Merdeka, Nama Baru Kurikulum Prototipe

Komponen wajib dalam Modul Ajar PAUD

Apabila tidak ada ketentuan bagaimana format rpp PAUD, maka komponen apa saja yang masuk di dalam sebuah modul ajar menjadi komponen inti?

Berdasarkan Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 14 Tahun 2019 tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang menyederhanakan 13 (tiga belas) komponen RPP yang tertuang dalam Permendikbud 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, kini disederhanakan menjadi 3 (tiga) komponen inti modul ajar yaitu tujuan pembelajaran, langkah-langkah (kegiatan) pembelajaran, dan penilaian pembelajaran (assessment) yang wajib dilaksanakan oleh guru, sedangkan komponen lainnya bersifat pelengkap.

SE Mendikbud No. 14 Tahun 2019

SE Mendikbud 14 tahun 2019 tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran mengatur 4 (empat) point sebagai berikut:

  1. Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dilakukan dengan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada murid.
  1. Bahwa dari 13 (tiga belas) komponen RPP yang telah diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, yang menjadi komponen inti adalah tujuan pembelajaran, langkah-langkah (kegiatan) pembelajaran, dan penilaian pembelajaran (assessment) yang wajib dilaksanakan oleh guru, sedangkan komponen lainnya bersifat pelengkap.
  2. Sekolah, kelompok guru mata pelajaran sejenis dalam sekolah, Kelompok Kerja Guru/Musyawarah Guru Mata Pelajaran (KKG/MGMP), dan individu guru secara bebas dapat memilih, membuat, menggunakan, dan mengembangkan format RPP secara mandiri untuk sebesar-sebesarnya keberhasilan belajar murid.
  3. Adapun RPP yang telah dibuat tetap dapat digunakan dan dapat pula disesuaikan dengan ketentuan sebagaimana dimaksud pada angka 1, 2, dan 3

Ayah bunda dapat mengunduh SE Mendikbud no. 14 tahun 2019 ini melalui tautan ini.

Kualitas pembelajaran dapat diukur dan ditentukan oleh sejauh mana kegiatan pembelajaran dapat mengubah perilaku anak ke arah yang sesuai dengan tujuan kompetensi yang telah ditetapkan. Oleh karena itu, Guru PAUD diharapkan mampu merancang, mengembangkan, dan melaksanakan kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik, kebutuhan, dan perkembangan anak.

Baca Juga:  Membuat TP Tujuan Pembelajaran dari Elemen CP Jati Diri PAUD

Kemampuan belajar anak di lembaga pendidikan, khususnya di lembaga PAUD, perlu disiapkan dengan seksama melalui layanan pembelajaran dan penilaian yang efektif. Pembelajaran dan penilaian yang efektif adalah pembelajaran dan penilaian yang terus-menerus dilakukan secara optimal.

Modul Ajar PAUD Kurikulum Merdeka dibuat sesuai dengan perkembangan anak yang bersifat dinamis. Untuk selanjutnya, hasil pembelajaran dan penilaian akan menjadi rujukan bagi pengembangan perencanaan pembelajaran selanjutnya. Dengan demikian, pembelajaran menjadi suatu siklus utuh antara penilaian, perencanaan, dan pelaksanaan yang berlangsung secara berkesinambungan.



penawaran kerjasama paud jateng