Permendikbudristek 262/M/2022 adalah revisi 56/m/2022 tentang pedoman penerapan kurikulum dalam rangka pemulihan pembelajaran. Apa yang berubah? Setelah kami periksa dan mencocokkan isinya ternyata untuk PAUD tidak mengalami perbaikan termasuk alokasi waktu pembelajarannya.
Kenapa diubah? Menimbang bahwa Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 56/M/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum Dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran belum sepenuhnya mengakomodasi minat, bakat, dan kemampuan peserta didik, serta penyesuaian beban kerja dan penataan linieritas guru bersertifikat pendidik sehingga perlu diubah;
Isi Permen No. 262/M/2022
Lampiran yang disertakan tetap 2 (dua) lampiran, dimana lampiran pertama berisi penerapan atau implementasi kurikulum merdeka untuk jenjang PAUD, Dikdas, Dikmen; dan berikutnya lampiran kedua berisi pemenuhan beban kerja dan penataan linieritas guru bersertifikat pendidik dalam implementasi pembelajaran pada kurikulum merdeka.
Jenis Pembelajaran di PAUD
Jenis pembelajaran paud pada kurikulum merdeka disebut dengan struktur kurikulum pada PAUD dimana struktur kurikulum merdeka paud ini terdiri atas:
1. Kegiatan Pembelajaran Intrakurikuler
Kegiatan pembelajaran intrakurikuler dirancang agar anak dapat mencapai kemampuan yang tertuang di dalam capaian pembelajaran. Intisari kegiatan pembelajaran intrakurikuler merupakan bermain bermakna sebagai perwujudan “Merdeka Belajar, Merdeka Bermain”. Kegiatan yang dipilih harus memberikan pengalaman yang menyenangkan dan mampu meningkatkan capaian anak. Kegiatan perlu didukung oleh penggunaan sumber-sumber belajar yang nyata dan ada di lingkungan sekitar anak. Sumber belajar yang tidak tersedia secara nyata dapat dihadirkan dengan dukungan teknologi dan buku bacaan anak.
2. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
Projek penguatan profil pelajar Pancasila bertujuan untuk memperkuat upaya pencapaian profil pelajar Pancasila yang mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan (Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak untuk PAUD). Penguatan profil pelajar Pancasila di PAUD dilakukan dalam konteks perayaan tradisi lokal, hari besar nasional, dan internasional. Pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila menggunakan alokasi waktu kegiatan di PAUD.
Jam Belajar PAUD
Dalam kurikulum merdeka, jam belajar atau alokasi waktu pembelajaran di PAUD usia 4 (empat) tahun sampai dengan 6 (enam) tahun paling sedikit 900 (sembilan ratus) menit perminggu. Alokasi waktu di PAUD usia 3 (tiga) tahun sampai dengan 4 (empat) tahun paling sedikit 360 (tiga ratus enam puluh) menit perminggu.
Permen 262 tahun 2022
Permendikbudristek 262 tahun 2022 pdf download dikeluarkan pada tanggal 22 Juni 2022 silahkan dapatkan melalui link tautan berikut ini :
Preview
Pelaporan Hasil Belajar PAUD
Rapor peserta didik PAUD meliputi komponen identitas peserta didik, nama satuan pendidikan, kelompok usia, semester, informasi pertumbuhan dan perkembangan anak, deskripsi perkembangan capaian pembelajaran, dan refleksi orang tua. Rapor PAUD juga berisikan informasi tentang hasil capaian anak saat melakukan projek penguatan profil pelajar Pancasila.
P5 PAUD
Projek Penguatan profil pelajar Pancasila (P5) PAUD dilaksanakan dalam konteks perayaan tradisi lokal, hari besar nasional, dan internasional. Kegiatan ini dimaksudkan untuk menguatkan perwujudan enam karakter profil pelajar Pancasila pada fase fondasi. Untuk pelaksanaan kegiatan di PAUD, pemerintah menetapkan tema-tema utama yang dapat dikerucutkan menjadi topik oleh satuan pendidikan sesuai dengan konteks wilayah serta karakteristik peserta didik.
Dalam 1 (satu) tahun ajaran, peserta didik PAUD mengikuti projek penguatan profil pelajar Pancasila yang dilakukan sebanyak 1 (satu) sampai dengan 2 (dua) projek dengan tema berbeda di PAUD;