Contoh dokumen KOSP PAUD Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan TK KB SPS dan lampiran apa saja yang dilampirkan. KOSP PAUD adalah kurikulum yang dikembangkan sendiri oleh satuan Pendidikan (PAUD) dengan mempertimbangkan karakteristik lingkungan satuan PAUD dan tetap mengacu pada struktur minimum kurikulum yang ditetapkan pemerintah.



Pengertian KOSP PAUD

KOSP PAUD didefinisikan sebagai Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan yang dibuat oleh satuan sekolah PAUD berisi rencana proses belajar yang diselenggarakan di satuan PAUD sebagai pedoman seluruh penyelenggaraan pembelajaran. Untuk menjadikannya bermakna, kurikulum operasional satuan PAUD dikembangkan sesuai dengan konteks dan kebutuhan peserta didik dan satuan PAUD.

Satuan PAUD dapat mengembangkan kurikulum operasional yang kontekstual dan relevan bagi satuan PAUD dan terutama peserta didik dalam mencapai kompetensinya. Satuan PAUD memiliki kebebasan untuk mengembangkan dengan cara lain selama selaras dengan tujuan utama dari kurikulum operasional PAUD.

Siapa yang Merancang KOSP PAUD?

Kurikulum Operasional PAUD dirancang oleh satuan PAUD yang terdiri dari Kepala sekolah, guru dan perwakilan orang tua, serta warga/pemangku kepentingan satuan PAUD. Kurikulum operasional PAUD yang telah dirancang diketahui dan disetujui oleh pengawas atau Dinas Pendidikan di wilayah satuan PAUD berada.

Lembaga PAUD Perlu Merancang Kurikulum Operasional PAUD untuk menjadi pedoman dalam penyelenggaraan Pendidikan di satuan PAUD dan untuk mengantarkan peserta didik memiliki kompetensi yang ditetapkan di akhir periode PAUD.

Baca Juga:  Pelaksanaan Tahap Siap Kurikulum Merdeka

Kapan KOSP Dirancang?

  • Satuan PAUD perlu merancang kurikulum operasional PAUD sebelum awal tahun ajaran berlangsung.
  • Peninjauan jangka pendek dilakukan setiap semester atau setiap tahun setelah satuan PAUD melakukan proses pendampingan, evaluasi dan pengembangan professional untuk melakukan pengorganisasian pembelajaran yang baru atau lebih baik.
  • Peninjauan jangka Panjang dilakukan setiap 4-5 tahun setelah satuan PAUD melakukan proses pendampingan, evaluasi dan pengembangan professional untuk melakukan Kembali analisis konteks karakteristik satuan Pendidikan, dan merumuskan Kembali visi, misi dan tujuan satuan PAUD.

Cara Membuat KOSP PAUD

Agar lebih mudah, ayah bunda dapat mengikuti alur merancang / mengembangkan KOSP PAUD berikut ini:



membuat dokumen kosp paud

Cara Menganalisis Karakteristik PAUD

Sebelum mengembangkan kurikulum operasional sekolah, satuan PAUD perlu melakukan diskusi berkaitan dengan:

  1. Apa kekhasan daerah setempat?
  2. Bagaimana peran satuan PAUD bagi masyarakat setempat?
  3. Apa dampak dari satuan PAUD yang sudah dapat dirasakan saat ini (baik oleh warga masyarakat maupun warga satuan pendidikan itu sendiri)?

Selain diskusi satuan PAUD dapat mencari data melalui kuesioner atau wawancara. Contoh Karakteristik Satuan PAUD bisa dilihat berikut:

Karakteristik satuan PAUD……… Berada di daerah ……… Satuan PAUD Memiliki jumlah murid …. Yang terbagi dalam ….rombel dengan kelompok usia. Dalam penyelenggaraannya Satuan PAUD Bekerjasama dengan orang tua dan lembaga terkait untuk mencapai visi misi dan tujuan lembaga, sehingga dampaknya dapat dirasakan oleh masyarakat sekitar. Satuan PAUD…… Menyelenggarakan pembelajaran dengan metode ………. Satuan PAUD……memiliki sarana prasarana berupa ……….

Merumuskan Visi Misi Tujuan PAUD

Visi-Misi-Tujuan hendaknya disusun sesuai dengan karakter sekolah. Silahkan Lihat Contoh Membuat Visi Misi Tujuan PAUD.

Menentukan Pengorganisasian Pembelajaran PAUD

Pengorganisasian pembelajaran adalah cara satuan PAUD mengatur pembelajaran muatan kurikulum dalam satu rentang waktu. Pengorganisasian ini termasuk pula mengatur beban belajar, kegiatan pembelajaran, kapan waktu dan bagaimana kegiatan pembelajaran tersebut akan dihantarkan. Pengorganisasian pembelajaran juga meliputi pengaturan kegiatan pembelajaran dan pilihan (topik-topik) dibuat dalam bentuk jadwal pelajaran dan kalender akademik.

Baca Juga:  Dokumentasi Surat Masuk dan Keluar PAUD TK Secara Digital

Menyusun Rencana Pembelajaran PAUD

Rencana pembelajaran disusun dalam rangkaian tujuan pembelajaran yang meliputi konten/ materi, keterampilan dan konsep inti untuk mencapai kompetensi setiap Fase dan menjelaskan cakupan/kedalaman setiap konten.

Menyusun Rencana Pembelajaran PAUD

Pendampingan, evaluasi, dan pengembangan professional PAUD

Pendampingan, evaluasi, dan pengembangan profesional dilakukan secara internal oleh satuan PAUD untuk memastikan pembelajaran berjalan sesuai rencana untuk mencapai tujuan yang ditetapkan. Di dalamnya meliputi coaching, mentoring dan pelatihan.

Evaluasi satuan PAUD dilakukan setiap akhir semester atau akhir tahun dengan cara mengumpulkan data keberhasilan implementasi pembelajaran dan refleksi secara individual maupun bersama-sama seluruh warga sekolah.

Contoh Dokumen KOSP PAUD

Berdasarkan penjelasan di atas dan juga Panduan Merancang KOSP, kita bisa membuat buku/dokumen KOSP PAUD, dan berikut ini adalah contoh KOSP PAUD yang bisa di edit untuk TK/KB/TPA/SPS format docx. Silahkan unduh melalui link tautan berikut ini:

Preview dokumen KOSP TK/KB:

Kurikulum operasional yang digunakan di satuan pendidikan dikembangkan dan dikelola oleh satuan pendidikan dengan mengacu kepada Struktur Kurikulum. Kurikulum operasional yang dikembangkan harus menunjukkan kesesuaian dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didik, satuan pendidikan, dan daerah. Dalam mengembangkan dan mengelola kurikulum operasional, satuan pendidikan sebaiknya melibatkan komite sekolah dan masyarakat.

Dalam penyusunan kurikulum operasional, satuan pendidikan perlu memperhatikan prinsip-prinsip pengembangan kurikulum operasional. Prinsip pengembangan ini bertujuan untuk membantu proses berpikir dalam menyusun kurikulum operasional di satuan pendidikan dan menjadi dasar merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi kurikulum.



penawaran kerjasama paud jateng