Rapor PAUD TK/KB otomatis Kurikulum Merdeka format Excel telah dikembangkan PAUD Jateng. Silahkan pelajari terlebih dahulu di halaman ini sebelum menggunakan. Semoga dapat membantu para pendidik PAUD di Indonesia.

Rapor PAUD TK/KB Otomatis Kurikulum Merdeka

Setelah kegiatan bermain-belajar dilakukan dalam periode waktu tertentu, guru perlu membuat laporan capaian pembelajaran anak. Untuk membuatnya, guru menggunakan data yang didapat dari kumpulan asesmen harian (dokumentasi dan portofolio) dengan mengacu pada perilaku yang diharapkan muncul. Kurun waktu pelaporan dapat disesuaikan dengan kebutuhan orang tua dan karakteristik satuan PAUD, tetapi minimal dilakukan sekali dalam satu semester.

Hal lain yang juga perlu diingat bahwa laporan capaian pembelajaran bukanlah satu- satunya kegiatan asesmen. Laporan capaian pembelajaran hanya merupakan salah satu rangkaian proses pembelajaran yang disampaikan kepada pihak-pihak yang membutuhkan. Laporan ini bukanlah pencapaian akhir. Informasi tersebut dapat digunakan untuk rekam jejak anak dan merancang strategi serta langkah selanjutnya untuk mengoptimalkan perkembangan pembelajaran anak.

Laporan capaian pembelajaran bertujuan untuk memberi informasi tentang Capaian Pembelajaran yang telah dikuasai anak dan atau capaian pembelajaran yang masih memerlukan stimulasi lebih lanjut. Perlu diingat bahwa laporan capaian pembelajaran anak tidak bertujuan untuk melabeli anak (sudah mampu/belum mampu), tetapi lebih untuk melihat jejak pembelajaran dan perkembangan anak. Setelah lebih memahami perkembangan belajar anak, maka guru, orang tua, dan pihak terkait dapat menggunakan informasi tersebut untuk merencanakan dan memberikan tindakan pembelajaran selanjutnya.

Rapor PAUD TK/KB Otomatis Kurikulum Merdeka Excel

Rapor TK/KB Kurikulum Merdeka by PAUD Jateng

Raport ini dapat dipakai otomatis dengan cara memasukkan data awal berupa data siswa dan identitas sekolah. Dibuat dalam format Microsoft Excel sehingga mudah dibuka dan di edit oleh ayah bunda semua.

Baca Juga:  Contoh Raport PAUD TK K-13 v2 + Contoh Pengisian Raport

Paket Download Rapor PAUD Kurmer

Update kali ini adalah update rapor Harbolnas 12.12 – Ada beberapa file yang disertakan dalam download rapor PAUD Kurikulum Merdeka kali ini diantaranya adalah :

  1. Font, ada 2 font yang disertakan yaitu GosmickSans dan Oregano (ini berfungsi agar bentuk tulisan dalam rapor bisa estetik), silahkan diinstal semuanya
  2. Aplikasi Rapor PAUD Jateng Kurikulum Merdeka terdiri dari file Excel XLSX dan juga file Word (semuanya dipakai dan saling berkolaborasi).
  3. Isi file Excel dahulu lalu simpan, kemudian buka file Word dan lakukan “Mail Merge” agar kedua file saling berhubungan
  4. Sudah disertakan contoh narasi, 1 sudah diisikan ke dalam Excel, dan satunya ada di dalam file word narasi.

Silahkan ayah bunda download paket file rapor PAUD TK/TB otomatis untuk Kurikulum Merdeka melalui link tautan berikut ini :

NORAPOR PAUD KURIKULUM MERDEKASemester 1Semester 2
1Tahun Ajaran 2024/2025
2Tahun Ajaran 2023/2024Desember 2023Juni 2024

Cara Menggunakan Rapor Otomatis Kurmer

Apabila sudah download lalu harus diapakan? Tidak seperti biasanya yang bisa dipakai langsung, ada beberapa langkah yang harus diikuti (silahkan berkonsultasi dengan yang mengerti komputer apabila terlalu sulit memahami panduan berikut, atau silahkan kontak kami untuk mendapatkan bantuan) :

  1. Download file yang disediakan di atas, ayah bunda akan mendapatkan sebuah file zip
  2. Ekstrak ke dalam drive D
  3. Apabila sudah diekstrak, pastikan di dalam drive D tersebut, ada folder bernama “RAPOR PAUD JATENG 1212
  4. Masuk dalam folder tersebut,
  5. Silahkan instal 2 font terlebih dahulu
  6. Buka file Excel “DATA_RAPOR_SMT_1.xlsx“, ini adalah tempat data raport PAUD nya. Silahkan masukkan data anak beserta narasinya sebagaimana petunjuk di dalam aplikasi.
  7. Perlu diketahui bahwa di dalam menggunakan rapor ini, ayah bunda perlu menyediakan 1 foto anak untuk ditempatkan di halaman identitas anak, dan 3 foto kegiatan untuk masing-masing elemen. Namanya dinamai sesuai dengan nama file yang muncul di excel.
Nama file gambar atau foto kegiatan harus sesuai EXCEL
  1. Selanjutnya buka file word “RAPOR_PAUD_JATENG_12.12.2023.doc“, untuk yang baru pertama kali membuka silakan pilih NO (tidak) saja.
Pertanyaan Rapor PAUD TK/KB

Selanjutnya pada file word yang sudah terbuka, lakukan penghubungan dari file word ke excel dengan cara klik menu “Mailing” pada word >> Select Recipients >> Use Exsisting List, cari file excel yang sudah diisi pada langkah sebelumnya, lalu klik “Open“. Untuk melihat hasil pastikan sudah menempatkan file gambar dan menamai file gambar sesuai dengan nama yang disediakan di dalam excel.

Baca Juga:  Catatan Anekdot Asesmen PAUD Kurikulum Merdeka