Contoh RKH Sentra Seni dan Kreativitas Tema Binatang. Download contoh RKH sentra seni format doc yang dapat di edit dengan mudah disini.
Pengertian Rencana Kegiatan Harian (RKH) adalah adalah unit perencanaan terkecil dibuat untuk digunakan dan memandu kegiatan dalam satu hari.
RKH juga disebut dengan RPPH (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian) yang disusun berdasarkan RKM yang berisi kegiatan–kegiatan yang dipilih dari indikator yang direncanakan untuk satu hari sesuai dengan tema dan sub tema.
Penulisan RKH disesuaikan dengan model atau pendekatan pembelajaran yang telah ditentukan atau dipilih serta disesuaikan dengan jenis Kegiatan atau Metode/Strategi, pada saat pembuatan rencana kegiatan mingguan.
Perlu diketahui bahwa model pembelajaran PAUD Inovatif ada 4 yaitu pendekatan kelompok, sudut, area, dan sentra. Contoh RKM RKH PAUD yang banyak beredar adalah contoh untuk pendekatan kelompok karena model pembelajaran ini banyak digunakan di PAUD.
Contoh RKH Sentra Seni dan Kreativitas Tema Binatang
RKH Sentra Seni dan kreativitas dapat dilihat berikut ini. Link tautan download ada di akhir tulisan ini. Untuk preview atau tampilan dokumen lihat disini.
Kelompok Usia : 4 -5 tahun Tema : Binatang
Jumlah Anak : 10 anak Sub Tema : Binatang buas
07.00 – 07.10
Berbaris dan masuk kelas
07.10 – 07.30
Berdoa dan bercerita tentang binatang buas ciptaan Tuhan.
Kegiatan jasmani : bermain “Buaya dan Sungai”
Lagu : “Buaya Menyebrang Sungai”
07.30 – 09.20
KEGIATAN INTI
* Pijakan lingkungan
- Membuat kebun binatang (proyek ) 4 anak
- Membuat topeng kepala binatang buas 2 anak
- Menjahit bentuk buaya 3 anak
- Thumbprint (jejak kaki binatang) 2 anak
- Melukis gambar binatang dengan lilin 3 anak
- Mencocok kepala binatang buas 3 anak
- Meronce rantai warna 2 anak
- Bermain playdough 2 anak
- Menggambar di meja 4 anak
* Pijakan sebelum bermain
- Bercerita tentang : Kebun Binatang
- Kosakata : cakar, taring, mangsa.
- Gagasan menggunakan bahan : menjelaskan cara bermain dari bahan yang ada.
- Mendiskusikan aturan main :
- 1. Tidak merebut mainan teman
- 2. Meminta ijin jika akan bergabung dengan teman
- 3. Mengembalikan mainan ke tempat semula setelah bermain
- Merancang transisi urutan main 2 variabel : Anak laki-laki/ perempuan yang dapat menirukan suara-suara (misal : harimau) dapat bermain terlebih dahulu.
* Pijakan saat main :
- Mengobservasi dan mendokumentasikan perilaku bermain anak
- Memperluas bahasa anak dengan menanyakan beberapa hal tentang kegiatan main yang sedang dilakukan
- Mendukung dan mempertinggi kemampuan anak secara individu melalui pertanyaan-pertanyaan dari pekerjaan anak.
- Memberi motivasi / dorongan terutama pada anak yang cenderung pasif
* Pijakan setelah main
- Mempersilakan anak mengembalikan mainan ke tempat semula
- Mengulas kembali kegiatan main
- Berbagi cerita
- Memperkuat perilaku anak yang positif
09.20 – 09.45
- Makan bekal dan pulang
- Pesan-pesan untuk kegiatan esok hari.