Download Instrumen Akreditasi PAUD 2024 terbaru untuk TK, Kelompok Bermain. Akreditasi PAUD 2024 menggunakan instrumen akreditasi PAUD TK dari Kepmendikbudristek Nomor 246/O/2024. Di tahun 2024, dunia pendidikan di Indonesia, khususnya pada jenjang Pendidikan Anak Usia Dini PAUD (TK/RA/BA, KB, SPS, TPA), terus berupaya meningkatkan kualitas layanan dan pendidikannya. Sebagai bentuk komitmen ini, instrumen akreditasi yang digunakan untuk menilai dan mengakreditasi lembaga PAUD adalah instrumen akreditasi PAUD terbaru.

Akred PAUD 2024 oleh BAN PDM

Pada tahun 2024, akreditasi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Indonesia telah mengalami perkembangan signifikan dengan terintegrasinya Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Nonformal (BAN PAUD PNF) dengan Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN SM) menjadi satu lembaga otonom yang diberi nama Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Dasar dan Menengah (BAN PDM) sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Permendikbudristek) Nomor 38 Tahun 2023 tentang Akreditasi Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, Dan Pendidikan Menengah.

Akreditasi adalah proses peninjauan resmi yang dilakukan oleh lembaga terkait dalam ini BAN PDM dan PNF yang diakui secara nasional. Proses mencapai dan mempertahankan akreditasi bukanlah hal yang mudah. Ini melibatkan partisipasi staf dan keluarga, observasi kelas, dan pemeriksaan kesehatan dan keselamatan. Badan akreditasi memiliki standar tinggi yang sering melampaui persyaratan lisensi minimum negara bagian kami untuk pusat penitipan anak. Lembaga PAUD harus memenuhi standar tinggi ini untuk mencapai tanda keunggulan ini.

Instrumen Akreditasi PAUD TK 2024 Kepmen 246/O/2024

Salah satu tugas pokok dan fungsi BAN PDM adalah melaksanakan akreditasi terhadap Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Akreditasi adalah kegiatan penilaian kelayakan satuan beserta program PNF berdasarkan atas kriteria yang telah ditetapkan.

Baca Juga:  Cara Akses SISPENA 3 BAN PDM Untuk Akreditasi PAUD 2024

Download Instrumen Akreditasi PAUD 2024

Mekanisme akreditasi PAUD DASMEN tahun 2024 dirancang untuk memberikan standar penilaian yang komprehensif terhadap berbagai aspek penting dalam penyelenggaraan pendidikan di tingkat PAUD. Peraturan akreditasi PAUD DASMEN ini tertuang dalam Permendikbudristek Nomor 38 tahun 2023 tentang Akreditasi Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Dalam Pasal 4 Ayat (1) menyebutkan bahwa: “Akreditasi dilakukan oleh BAN menggunakan instrumen dan kriteria yang mengacu pada Standar Nasional Pendidikan.

Dengan demikian yang diupload dalam sispena adalah 8 Standar Nasional Pendidikan.

Dengan mengacu pada Standar Nasional Pendidikan (SNP) sebagaimana ditetapkan melalui Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 4 Tahun 2022 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan, yang mencakup 8 (delapan) standar, yaitu
1) Standar Kompetensi Lulusan,
2) Standar Isi,
3) Standar Proses,
4) Standar Tenaga Kependidikan,
5) Standar Sarana dan Prasarana,
6) Standar Pengelolaan,
7) Standar Pembiayaan dan
8) Standar Penilaian Pendidikan.

Ada 2 peraturan akreditasi yang masih berlaku yaitu : (1) Permendikbudristek Nomor 38 tahun 2023 tentang Akreditasi Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah; dan (2) Kepmendikbudristek Nomor 246/O/2024 tentang Instrumen Akreditasi Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah.

Untuk mengunduh gunakan link tautan berikut ini :

Peraturan Akreditasi PAUD terbaru :

Instrumen Akreditasi TK/KB terbaru :

Preview dokumen :



14 Instrumen Akreditasi PAUD 2024

14 butir instrumen akreditasi PAUD 2024 terdiri dari 3 (tiga) komponen yaitu : (1) kinerja pendidik dalam mengelola proses pembelajaran yang berpusat pada peserta didik; (2) Kepemimpinan kepala satuan pendidikan dalam pengelolaan satuan pendidikan, dan (3) Iklim lingkungan belajar.

Komponen 1: Kinerja Pendidik dalam Mengelola Proses Pembelajaran yang berpusat pada peserta didik.

  1. Pendidik menyediakan dukungan sosial emosional bagi peserta didik dalam proses pembelajaran.
  2. Pendidik mengelola kelas untuk menciptakan suasana belajar yang aman, nyaman, dan mendukung tercapainya tujuan pembelajaran.
  3. Pendidik mengelola proses pembelajaran secara efektif dan bermakna.
  4. Pendidik memfasilitasi pembelajaran yang membangun kemampuan fondasional yang meliputi nilai agama dan moral, nilai Pancasila, fisik motorik, kognitif, bahasa dan sosial emosional.
Baca Juga:  Pedoman Akreditasi PAUD Yang Diselenggarakan PKBM

Komponen 2: Kepemimpinan Kepala Satuan Pendidikan dalam Pengelolaan Satuan Pendidikan

  1. Kepala satuan pendidikan menerapkan budaya refleksi untuk perbaikan pembelajaran, serta melakukan evaluasi kinerja untuk menyusun rencana pengembangan profesional bagi pendidik dan tenaga kependidikan.
  2. Kepala satuan pendidikan menghadirkan layanan belajar yang partisipatif dan kolaboratif untuk tercapainya visi dan misi.
  3. Kepala satuan pendidikan memastikan pengelolaan anggaran dilakukan sesuai perencanaan berdasarkan refleksi yang berbasis data secara transparan dan akuntabel.
  4. Kepala satuan pendidikan memimpin pengelolaan sarana dan prasarana sesuai dengan kebutuhan pembelajaran dan kebutuhan esensial anak usia dini.
  5. Kepala satuan pendidikan mengembangkan kurikulum di tingkat satuan pendidikan yang selaras dengan kurikulum nasional.

Komponen 3: Iklim Lingkungan Belajar

  1. Satuan pendidikan membangun sikap positif terhadap keberagaman bagi peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan.
  2. Satuan pendidikan menyediakan lingkungan belajar yang inklusif untuk memenuhi kebutuhan belajar peserta didik yang beragam.
  3. Satuan pendidikan mewujudkan iklim lingkungan belajar yang aman secara psikis bagi peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan.
  4. Satuan pendidikan memastikan keselamatan peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan.
  5. Satuan pendidikan mendukung pemenuhan kebutuhan esensial anak usia dini agar anak bertumbuh kembang optimal.

Penggunaan instrumen akreditasi PAUD terbaru tahun 2024 ini menunjukkan komitmen pemerintah dan stakeholder pendidikan dalam memastikan bahwa standar-standar yang telah ditetapkan tetap relevan, terlepas dari perubahan waktu dan dinamika yang terjadi. Instrumen ini turut mendukung lembaga-lembaga PAUD di Indonesia untuk melakukan introspeksi dan perbaikan secara berkelanjutan dalam praktik-praktik pendidikannya.

Dengan instrumen akreditasi PAUD yang tetap dan konsisten ini, diharapkan seluruh lembaga PAUD di Indonesia, tidak terkecuali di Jawa Tengah, dapat secara aktif mengevaluasi dan meningkatkan kualitas pendidikan yang diselenggarakan demi masa depan generasi muda Indonesia yang gemilang. Keberadaan instrumen ini juga memperjelas arahan bagi lembaga PAUD dalam pemenuhan standar-standar yang telah ditetapkan, sehingga setiap anak di Indonesia mendapatkan haknya atas pendidikan berkualitas sejak usia dini.

Baca Juga:  Perangkat Akreditasi PAUD 2021 (TK KB) & Persyaratan Dokumen

Sejalan dengan upaya peningkatan kualitas tersebut, lembaga akreditasi dan pemerintah daerah diharapkan memberikan dukungan yang maksimal, baik dalam hal pelatihan, pembinaan, maupun fasilitasi terkait proses akreditasi. Kerja sama semua pihak diyakini akan membawa hasil yang signifikan dalam peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia, khususnya PAUD, yang merupakan fondasi penting dalam pertumbuhan dan perkembangan anak.

Manfaat Akreditasi PAUD

Akreditasi mengilhami dedikasi untuk perbaikan terus-menerus di semua bidang—artinya pusat pendidikan anak usia dini harus dengan sangat serius dan bekerja tanpa lelah untuk menjawab “ya” untuk pertanyaan penting tentang:

  • Guru: Apakah mereka profesional, berpengalaman, menjiwai mengasuh, dan berkualitas? Apakah mereka membentuk ikatan dengan anak-anak dan membangun kepercayaan dengan keluarga?
  • Lingkungan: Apakah aman, bersih, dan teratur? Apakah kegiatan harian jelas?
  • Kurikulum: Apakah itu memicu kegembiraan belajar dan sudah sesuai untuk setiap tahap perkembangan? Apakah ada waktu dan ruang bagi anak untuk bereksplorasi di dalam dan di luar kelas?
  • Ini mungkin banyak dari pertanyaan yang sama yang ditanyakan pada diri sendiri atau kepala sekolah. Di pusat yang terakreditasi, jawabannya adalah “ya” untuk pertanyaan ini dan banyak pertanyaan penting lainnya. Jawabannya adalah “ya” untuk apa yang paling penting bagi ayah bunda sebagai orang tua yang penuh kasih sayang.

Tips sukses akreditasi paud: sangat mudah, ayah bunda cukup menyiapkan dokumen yang diperlukan mulai dokumen pelaporan sampai dokumen pembiayaan selengkapnya ada di dalam file instrumen akreditasi taman kanak-kanak dan kelompok bermain ini. Akreditasi tidak untuk ditakuti karena akreditasi hanya untuk mendorong satuan lembaga PAUD agar selalu berupaya meningkatkan mutu program dan lembaganya secara bertahap, terencana, dan kompetitif di tingkat kabupaten/kota, provinsi, regional, nasional, bahkan internasional.