Contoh Topik Kurikulum Merdeka PAUD TK KB dan contoh Subtopik 1 Tahun Full bisa didapatkan melalui halaman ini. Pembelajaran menggunakan topik sesuai dengan pola kerja otak, karena dapat mengembangkan berbagai aspek perkembangan. Penentuan topik PAUD Kurikulum Merdeka tidak sekadar mudah diterapkan, tetapi perlu memperhatikan beberapa prinsip agar pembelajaran yang dilaksanakan lebih menarik dan mendalam.
Apa itu Topik Pembelajaran PAUD
Topik adalah ide, gagasan, konsep, atau inspirasi yang hendak diperkenalkan, dibangun, dan dieksplorasi bersama anak.
Kurikulum merdeka juga menggunakan topik untuk digunakan dalam pembelajaran. Topik atau tema adalah muatan pembelajaran yang membingkai konsep dan kegiatan pembelajaran melalui kegiatan bermain. Topik PAUD menjadi payung untuk mengintegrasikan seluruh konsep dan muatan pembelajaran melalui kegiatan main dalam mencapai capaian pembelajaran atau tingkat perkembangan yang diharapkan.
Prinsip Memilih Topik PAUD
Topik bukan merupakan tujuan pembelajaran melainkan sarana untuk mengintegrasikan keseluruhan sikap dalam pengetahuan dan keterampilan yang ingin dibangun. Ada beberapa prinsip dalam memilih dan mengembangkan topik yang dipilih yaitu sebagai berikut :
- Kedekatan, artinya topik hendaknya dipilih mulai dari hal-hal yang terdekat dengan kehidupan anak. Dekat dimaksud dapat dekat secara fisik dan juga dekat secara emosi atau minat anak.
- Kesederhanaan, artinya topik yang dipilih yang sudah dikenal anak agar anak mudah memahami pokok bahasan dan dapat menggali lebih banyak pengalamannya.
- Kemenarikan, artinya topik yang dipilih harus menarik bagi anak dan mampu menarik minat belajar anak.
- Keinsidentalan, artinya pemilihan topik tidak selalu yang direncanakan di awal tahun, dapat juga menyisipkan kejadian luar biasa yang dialami anak, misalnya peristiwa banjir yang dialami anak dapat dijadikan topik insidental menggantikan topik yang sudah direncanakan sebelumnya.
4 Topik Utama Kurmer PAUD
Ada 4 topik utama atau bisa disebut sebagai tema besar dalam kurikulum merdeka PAUD dan ini bisa dikembangkan menjadi beberapa topik maupun sampai subtopik sesuai dengan konteks wilayah serta karakteristik peserta didik. Ke-empat tema besar tersebut adalah :
1. Aku Sayang Bumi
Tema ini bertujuan untuk mengenalkan peserta didik pada isu lingkungan, eksplorasi dalam mencari solusi kreatif yang dapat dilakukan oleh peserta didik, serta memupuk kepedulian terhadap alam sebagai perwujudan rasa sayang terhadap ciptaan Tuhan Yang Maha Esa.
2. Aku Cinta Indonesia
Tema ini bertujuan agar peserta didik mengenal identitas dan karakteristik negara, keberagaman budaya dan ciri khas lainnya tentang Indonesia, sehingga mereka memahami identitas dirinya sebagai anak Indonesia, serta bangga menjadi anak Indonesia.
3. Bermain dan Bekerjasama / Kita Semua Bersaudara
Tema ini bertujuan untuk mengajak peserta didik untuk mampu berinteraksi dengan teman sebaya, menghargai perbedaan, mau berbagi, dan mampu bekerja sama.
4. Imajinasiku / Imajinasi dan Kreativitasku
Tema ini bertujuan untuk mengajak peserta didik belajar mengenali dunianya melalui imajinasi, eksplorasi, dan eksperimen. Pada tema ini peserta didik distimulasi dengan serangkaian kegiatan yang dapat membangkitkan rasa ingin tahu, memperkaya pengalamannya, dan menguatkan kreativitasnya.
Contoh Topik Subtopik PAUD 1 Tahun
Ayah bunda dapat menggunakan diagram mindmap, diagram webbing, diagram fishbone, atau diagram lainnya untuk mencurahkan ide topik PAUD kurikulum merdeka ke dalam tulisan. Berikut ini adalah contoh topik kurikulum merdeka PAUD TK / KB selama 2 semester yang dibuat menggunakan fishbone diagram (buka gambar di tab baru untuk tampilan besar lebih jelas) :

Topik yang dibuat mengikuti tema besar yang jumlahnya ada empat. Masing-masing tema besar diturunkan menjadi topik dan subtopik yang disusun berdasar visi misi dan karakteristik sekolah. Topik ini disusun berdasar kalender dan musim yang terjadi di sekolah sehingga tidak mungkin kami bagi 2 tema di semester 1 dan 2 tema lagi di semester 2 biar imbang; juga tidak 4 tema di semester 1 dan 4 tema di semester biar rata.
Sehingga penyusunan topik tersebut juga tidak perlu ambil pusing, let it flow biarkan mengalir saja mengikuti karakteristik sekolah dan hasilnya diagram di atas sebagai berikut pembagiannya :
Topik Kurikulum Merdeka TK/KB Semester 1
Minggu Ke | Bulan | Topik | Subtopik |
---|---|---|---|
1 | Juli | Sekolah Asyik | Ayo Berkenalan |
2 | Juli | Sekolah Asyik | Bekerja Sama |
3 | Agustus | Indonesiaku | Aku Anak PHBS |
4 | Agustus | Indonesiaku | Negaraku |
5 | Agustus | Indonesiaku | Kebinekaan |
6 | Agustus | Indonesiaku | Pahlawan |
7 | Agustus | P5 | Merayakan Kemerdekaan |
8 | September | Mitigasi Bencana | Saat Kebakaran |
9 | September | Mitigasi Bencana | Saat Banjir |
10 | September | Mitigasi Bencana | Saat Gempa Bumi |
11 | Oktober | Alam Semesta | Ruang Angkasa |
12 | Oktober | Alam Semesta | Bulan |
13 | Oktober | Alam Semesta | Bintang |
14 | Oktober | Alam Semesta | Matahari |
15 | November | Apa Saja di Sekitarku | Sekolahku |
16 | November | Apa Saja di Sekitarku | Keluargaku |
17 | November | Apa Saja di Sekitarku | Guruku |
18 | November | Apa Saja di Sekitarku | Perpustakaan |
19 | Desember | Kesenian Lokal | Wayang |
Topik Kurikulum Merdeka TK/KB Semester 2
Minggu Ke | Bulan | Topik | Subtopik |
---|---|---|---|
1 | Januari | Cuaca | Wow Ada Hujan |
2 | Januari | Cuaca | Awan di Langit |
3 | Januari | Cuaca | Indahnya Pelangi |
4 | Januari | Cuaca | Ada Angin |
5 | Februari | Kebun Sekolahku | Ayo Berkebun |
6 | Februari | Kebun Sekolahku | Jenis Buah |
7 | Februari | Kebun Sekolahku | Jenis Sayur |
8 | Februari | P5 | Ayo Berkreasi dari Plastik Bekas |
9 | Maret | Alat Transportasi | Transportasi Laut |
10 | Maret | Alat Transportasi | Transportasi Udara |
11 | Maret | Alat Transportasi | Transportasi Darat |
12 | April | Hari Besar Islam | Ramadhan di Sekolah |
13 | May | Hari Besar Islam | Idul Fitri |
14 | Mei | Rekreasi | Kebun Binatang |
15 | Mei | Rekreasi | Berkemah |
16 | Mei | Rekreasi | Taman |
17 | Juni | Cita-Cita | Menggapai Cita |
18 | Juni | Cita-Cita | Aku Ingin Menjadi (Seri Arsitek) |
Bisa dilihat pada tabel di atas bahwa P5 atau Projek Penguatan Profil Pancasila dilakukan sebanyak 1 kali saja dalam semester karena Dalam 1 (satu) tahun ajaran, peserta didik PAUD mengikuti P5 sebanyak 1 (satu) sampai dengan 2 (dua) kali projek dengan tema berbeda (berdasarkan Permendikbudristek 262/M/2022 tentang pedoman penerapan kurikulum) dimana semester 1 tahun 2022 terdiri dari 19 minggu efektif, sementara semester 2 tahun 2023 terdiri dari 18 minggu efektif.