Berikut contoh tujuan pembelajaran nilai agama dan budi pekerti PAUD yang merupakan salah satu elemen Capaian Pembelajaran (CP) Kurikulum Merdeka PAUD yaitu capaian pada akhir fase fondasi (TK B). Bagaimana tujuan pembelajaran atau tujuan kegiatan ini dibuat? Caranya CP tidak secara langsung diturunkan ke dalam kegiatan pembelajaran anak, tetapi perlu diturunkan melalui tujuan pembelajaran dan PAUD Jateng kali ini menyediakan contohnya.



Capaian Pembelajaran PAUD Kurikulum Merdeka

Apa itu Capaian Pembelajaran (CP) di jenjang PAUD? Capaian pembelajaran (CP) adalah capaian pada akhir fase fondasi (TK B). CP terdiri dari 3 elemen, yaitu elemen nilai agama dan budi pekerti, elemen jati diri, dan elemen dasar-dasar literasi dan STEAM. CP ini merupakan kompetensi pembelajaran yang harus dicapai peserta didik pada setiap fase, dimulai dari fase fondasi pada PAUD. Jika dianalogikan dengan sebuah perjalanan berkendara, CP memberikan tujuan umum dan ketersediaan waktu yang tersedia untuk mencapai tujuan tersebut (fase). Manfaatnya apa sih CP PAUD ini? Silahkan baca Manfaat Capaian Pembelajaran PAUD.

Elemen CP Nilai Agama & Budi Pekerti

Elemen CP PAUD yang pertama berbunyi sebagai berikut :

Anak percaya kepada Tuhan Yang Maha Esa, mulai mengenal dan mempraktikkan ajaran pokok sesuai dengan agama dan kepercayaanNya. Anak berpartisipasi aktif dalam menjaga kebersihan, kesehatan dan keselamatan diri sebagai bentuk rasa sayang terhadap dirinya dan rasa syukur pada Tuhan Yang Maha Esa. Anak menghargai sesama manusia dengan berbagai perbedaannya dan mempraktikkan perilaku baik dan berakhlak mulia. Anak menghargai alam dengan cara merawatnya dan menunjukkan rasa sayang terhadap makhluk hidup yang merupakan ciptaan Tuhan Yang Maha Esa.

CP tidak secara langsung diturunkan ke dalam kegiatan pembelajaran anak, tetapi perlu diturunkan melalui tujuan pembelajaran atau tujuan kegiatan. Untuk contoh Tujuan Pembelajaran (TP) PAUD dapat dilihat sebagai berikut :
1. Contoh TP PAUD TK/KB Nilai Agama dan Budi Pekerti
2. Contoh TP PAUD TK/KB Jati Diri
3. Contoh TP PAUD TK/KB Dasar Literasi dan STEAM

Contoh TP Nilai Agama dan Budi Pekerti (NABP)

CP ini dapat diturunkan menjadi Tujuan Pembelajaran (TP) sesuai kebutuhan satuan PAUD berdasarkan visi, misi, dan karakteristik satuan PAUD yang dituangkan dalam Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP). Contoh TP-nya:

  1. Anak dapat melaksanakan kegiatan ibadah sesuai agama dan kepercayaannya seperti berdoa sebelum dan sesudah kegiatan, membaca kitab suci, dan ritual keagamaan lainnya.
  2. Anak mengenali dan meneladani sifat-sifat Tuhan dan menunjukkan perilaku baik yang menggambarkan agama dan kepercayaannya, misalnya mengucapkan kata terpuji seperti kalimat syukur, salam, tolong, terima kasih, maaf, dan permisi. Anak juga berlatih berbicara santun, menunjukkan kasih sayang dan empati.
  3. Anak dapat mengenali persamaan dan perbedaan antara dirinya dan orang lain dalam menjalankan agama dan kepercayaannya.
  4. Anak menjaga kebersihan dan merawat diri serta lingkungan dan alam sekitar sebagai karunia Tuhan YME.
  5. Anak menunjukkan sikap menyayangi sesama makhluk hidup ciptaan Tuhan.
  6. Anak mengenal dan menghormati perbedaan agama dan kepercayaan antara dirinya dan orang lain, anak dapat membangun sikap menghargai dan menciptakan kerukunan dengan teman yang berbeda agama.
Baca Juga:  Beda CP, Tujuan Pembelajaran TP dan Tujuan Kegiatan

Implementasi (Dituangkan Ke Dalam RPPH)

Pembuatan RPPH Kurikulum Merdeka PAUD (TK/KB/TPA/SPS) mengacu kepada dokumen KOSP PAUD. Contoh tujuan pembelajaran Nilai Agama dan Budi Pekerti yang diterjemahkan dari CP elemen nilai agama dan budi pekerti adalah sebagai berikut :



Misalkan sebuah sekolah PAUD memiliki visi, misi, dan ciri khas atau karakteristik budaya seperti berikut :

Visi:
Menjadikan siswa unggul dalam prestasi, daya juang, cakap, beretika, gotong royong, dan berkebhinekaan global.

Misi:

  1. Menyelenggarakan layanan pengembangan holistik integratif
  2. Menumbuhkan budaya berpikir positif, kebersamaan, semangat, dan disiplin
  3. Mendorong kecintaan belajar, sopan berperilaku, menghargai orang lain, hormat kepada yang tua, dan sayang kepada yang muda

Karakteristik Budaya:

  1. Sekolah menerima anak-anak yang berasal dari lingkungan terdekat
  2. Sekolah terletak di pinggir kota yang padat penduduk. Pekerjaan orang tua beragam. Dalam keseharian, anak diasuh oleh ayah, ibu, kakek dan nenek, atau asisten rumah tangga jika orang tua yang bekerja
  3. Pengenalan akan lingkungan yang beragam diintegrasikan dalam beragam kegiatan mulai dari pembiasaan rutinitas dan kegiatan terkait tema maupun kegiatan tahunan
Contoh Tujuan Pembelajaran Nilai Agama & Budi Pekerti

Maka berdasar kondisi visi misi karakteristik tersebut dapat ditarik sebuah tujuan pembelajaran atau tujuan kegiatan untuk elemen nilai agama dan budi pekerti sebagai berikut (di bawah ini ditulis beserta rasionalnya biar terlihat kenapa dipilih tujuan tersebut) :

  1. Melaksanakan kegiatan ibadah sesuai agama dan kepercayaannya;
    Rasional: Kegiatan ini bisa dilakukan melalui pembiasaan saat berdoa di pagi hari. Ketika kelas terdiri dari beberapa agama, ajak anak untuk berdoa dengan sikap dan cara yang sesuai dengan agamanya masing- masing.
  2. Mengenal 6 agama di Indonesia;
    Rasional: Pengenalan beragam agama/ kepercayaan bisa dilakukan dengan mengenal simbol- simbol keagamaan, tempat ibadah, hari raya, juga sikap berdoa melalui pembelajaran berbasis buku serta media- media lain.
  3. Mengenali persamaan dan perbedaan antara dirinya dan orang lain;
    Rasional: Anak bisa didampingi untuk saling mengamati sesama teman dan memperhatikan warna kulit, bentuk rambut, warna mata, bentuk gigi, maupun bahasa yang digunakan sehari-hari.
  4. Menghargai dan menghormati perbedaan atau keberagaman;
    Rasional: Setiap orang diciptakan oleh Tuhan dengan keunikannya tersendiri, tidak ada yang sama antara satu dengan lainnya, baik ciri fisik, agama, suku, ras, dan keunikan lainnya.
  5. Menunjukkan perilaku baik sesuai ajaran agamanya;
    Rasional: Dalam setiap kesempatan, perilaku baik ditunjukkan dan dibahas bersama dengan anak.
  6. Membiasakan 5 kata terpuji (syukur, salam, tolong, maaf, terima kasih);
    Rasional: Ini penting dalam membetuk anak yang santun sesuai agamanya.
  7. Menunjukkan sikap menyayangi kepada makhluk hidup ciptaan Tuhan;
    Rasional: Membiasakan anak untuk menyayangi sesama, tanaman, dan binatang.
  8. Menjaga kebersihan dan merawat lingkungan dan alam sekitar sebagai karunia Tuhan;
    Rasional: Menjaga kebersihan dan merawat lingkungan bisa dimulai dari hal yang paling sederhana untuk dilakukan anak, misalnya
    mencuci tangan pakai sabun, membuang sampah pada tempatnya, dsb.
  9. Mengetahui manfaat gotong royong;
    Rasional: Membiasakan kegiatan yang mendorong anak-anak bekerja sama antar teman yang berbeda agama.
  10. Mengetahui keberagaman suku dan adat istiadat di Indonesia;
    Rasional: Pengenalan beragam latar belakang bisa dimulai dari mengajak anak-anak menceritakan tentang keluarga masing-masing.
Baca Juga:  Contoh TP Dasar Literasi dan STEAM PAUD Kurikulum Merdeka

Demikian cara membuat tujuan pembelajaran nilai agama dan budi pekerti dalam RPPH PAUD (TK/KB/TPA/SPS) Kurikulum Merdeka, lengkap beserta contoh tujuan pembelajaran PAUD Kurmer. Share biar lebih bermanfaat ya ayah bunda, terimakasih!



penawaran kerjasama paud jateng