Halaman ini menyediakan contoh tp dasar literasi dan steam PAUD kurikulum merdeka yang dibuat sesuai dengan visi misi lembaga. Contoh ini tidak pakem dalam artian tujuan pembelajaran (TP) dapat disesuaikan dengan kebutuhan atau ciri khas sekolah bersangkutan. Kita mulai dengan sistematika penulisan di bawah ini, simak sampai akhir ya ayah bunda :



CP PAUD Kurikulum Merdeka

Apa itu Capaian Pembelajaran (CP) di jenjang PAUD? Capaian pembelajaran (CP) adalah capaian pada akhir fase fondasi (TK B). CP terdiri dari 3 elemen, yaitu elemen nilai agama dan budi pekerti, elemen jati diri, dan elemen dasar-dasar literasi dan STEAM. CP ini merupakan kompetensi pembelajaran yang harus dicapai peserta didik pada setiap fase, dimulai dari fase fondasi pada PAUD. Jika dianalogikan dengan sebuah perjalanan berkendara, CP memberikan tujuan umum dan ketersediaan waktu yang tersedia untuk mencapai tujuan tersebut (fase). Manfaatnya apa sih CP PAUD ini? Silahkan baca Manfaat Capaian Pembelajaran PAUD.

Elemen Capaian Pembelajaran Dasar Literasi dan STEAM

Elemen CP PAUD yang ketiga yaitu Dasar Literasi dan STEAM berbunyi sebagai berikut. Ini adalah CP umum sebagai acuan utama dari kemampuan yang perlu dimiliki anak pada akhir usia 6 tahun untuk elemen Dasar-Dasar Literasi dan STEAM (dijadikan 2 paragraf) :

Anak mengenali dan memahami berbagai informasi, mengomunikasikan perasaan dan pikiran secara lisan, tulisan, atau menggunakan berbagai media serta membangun percakapan. Anak menunjukkan minat, kegemaran, dan berpartisipasi dalam kegiatan pramembaca dan pramenulis. Anak mengenali dan menggunakan konsep pramatematika untuk memecahkan masalah di dalam kehidupan sehari-hari. Anak menunjukkan kemampuan dasar berpikir kritis, kreatif, dan kolaboratif.

Anak menunjukkan rasa ingin tahu melalui observasi, eksplorasi, dan eksperimen dengan menggunakan lingkungan sekitar dan media sebagai sumber belajar, untuk mendapatkan gagasan mengenai fenomena alam dan sosial. Anak menunjukkan kemampuan awal menggunakan dan merekayasa teknologi serta untuk mencari informasi, gagasan, dan keterampilan secara aman dan bertanggung jawab. Anak mengeksplorasi berbagai proses seni, mengekspresikannya serta mengapresiasi karya seni.

STEAM adalah singkatan dari Science Technology Engineering Art and Mathematics atau Sains Teknologi Rekayasa Seni dan Matematika. STEAM mengintegrasikan kelima disiplin ilmu tersebut untuk menjawab permasalahan yang dihadapi dunia.



Baca Juga:  Istilah Baru KTSP KI-KD RPPM RPPH Kurikulum PAUD Merdeka

Contoh TP Dasar Literasi dan STEAM PAUD

Dalam Kurikulum Merdeka CP Dasar-Dasar Literasi dan STEAM dapat diturunkan menjadi Tujuan Pembelajaran (TP) sesuai kebutuhan satuan PAUD berdasarkan visi, misi, dan karakteristik satuan PAUD yang dituangkan dalam Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP). Contoh TP-nya:

CP tidak secara langsung diturunkan ke dalam kegiatan pembelajaran anak, tetapi perlu diturunkan melalui tujuan pembelajaran atau tujuan kegiatan. Untuk contoh Tujuan Pembelajaran (TP) PAUD dapat dilihat sebagai berikut :
1. Contoh TP PAUD TK/KB Nilai Agama dan Budi Pekerti
2. Contoh TP PAUD TK/KB Jati Diri
3. Contoh TP PAUD TK/KB Dasar Literasi dan STEAM

Misalkan sebuah sekolah PAUD memiliki visi, misi, dan ciri khas atau karakteristik budaya seperti berikut :

Visi
Generasi Sehat, Cerdas, Berakhlak Mulia.

Misi

  1. Mewujudkan anak yang sehat secara jasmani dan rohani;
  2. Mewujudkan anak yang cerdas dan berpikir kritis serta mampu menyelesaikan masalah;
  3. Mewujudkan anak yang berkarakter dan berakhlak mulia

Karakteristik Peserta Didik dan Budaya Setempat

  1. Sekolah berjarak 5 km dari pusat pemerintahan kecamatan.
  2. Secara geografis satuan berada di perbukitan dengan kontur tanah berbukit-bukit, menanjak, dan menurun.
  3. Sumber daya alam yang terdapat di sekitar sekolah adalah sungai, sawah, tanaman keras, tanaman pangan, hewan ternak, dan tambak ikan air tawar.
  4. Sebagian besar anak-anak diasuh oleh ibu mereka sambil berkumpul dengan tetangga saat ayah pergi bertani atau beternak.
  5. Orang tua peserta didik sebagian besar kalangan kelas menengah.
  6. Berdasarkan sudut pandang sosial budaya, penduduknya sebagian besar bermata pencaharian di bidang pertanian dan peternakan.
  7. Gotong royong menjadi budaya bermasyarakat yang kental.
Contoh TP Dasar Literasi dan STEAM PAUD Kurikulum Merdeka

Maka berdasar kondisi visi misi karakteristik tersebut dapat ditarik sebuah tujuan pembelajaran atau tujuan kegiatan untuk elemen nilai agama dan budi pekerti sebagai berikut :

  1. Anak menunjukkan kemampuan mengenali dan memahami berbagai informasi seperti gambar, tanda, simbol, dan cerita.
  2. Anak mampu mengomunikasikan pikiran dan perasaan secara lisan, tulisan, atau menggunakan berbagai media serta membangun percakapan.
  3. Anak menunjukkan minat dan berpartisipasi dalam kegiatan pramembaca.
  4. Anak menunjukkan rasa ingin tahu melalui observasi, eksplorasi, dan eksperimen.
  5. Anak mengenal, mengembangkan sikap peduli dan tanggung jawab dalam pemeliharaan alam, lingkungan fisik, dan sosial.
  6. Anak menunjukkan kemampuan awal menggunakan dan merancang teknologi secara aman dan bertanggung jawab.
  7. Anak menunjukkan kemampuan dasar berpikir kritis, kreatif, dan kolaboratif.
  8. Anak dapat mengenali dan melihat hubungan antar pola, simbol dan data serta dapat menggunakannya untuk memecahkan masalah di dalam kehidupan sehari-hari.
  9. Anak mengeksplorasi berbagai proses seni, mengekspresikannya serta mengapresiasi karya seni.
Baca Juga:  Menurunkan TP dari CP Jati Diri PAUD? Baca 3 Hal Ini

Demikian cara membuat contoh tp dasar literasi dan steam dalam RPPH PAUD (TK/KB/TPA/SPS) Kurikulum Merdeka, lengkap beserta contoh tujuan pembelajaran PAUD Kurmer. Share biar lebih bermanfaat ya ayah bunda, terimakasih!



penawaran kerjasama paud jateng