Kumpulan Contoh SOP PAUD Terbaru. Standar Operasional Prosedur pendidikan anak usia dini. Contoh Standar Operasional PAUD (SOP PAUD) ini dihimpun dari berbagai sumber. Secara singkat SOP PAUD adalah cara baku, yang disepakati dan diterapkan oleh semua orang yang ada di satuan PAUD.
Setiap satuan PAUD diwajibkan membuat SOP sebagai pengendali pelaksanaan kurikulum. SOP ini ditujukan agar keseluruhan praktek pembelajaran di setiap satuan PAUD dapat dilaksanakan secara optimal dan berkualitas.
SOP Pembelajaran merupakan langkah-langkah untuk menjalankan pembelajaran PAUD dalam mencapai semua kompetensi inti (sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan dan keterampilan) dan standar tingkat pencapaian perkembangan anak.
SOP menjadi sistem yang memberikan pedoman kerja, kapan, dimana, oleh siapa dan cara bagaimana pembelajaran dijalankan terutama dalam mengatur program pembelajaran yang bersifat rutin dan habituasi. Kegiatan rutin dan terus berulang dilakukan guru biasanya kegiatan pembiasaan dan keteladanan dalam mencapai sikap spiritual dan sikap sosial.
SOP Pembelajaran PAUD terutama ditujukan untuk mewujudkan pencapaian kompetensi yang terkait dengan kompetensi sikap spiritual dan sikap sosial. SOP memandu pembelajaran mulai dari awal pembelajaran hingga akhir pembelajaran, sehingga proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru dari awal hingga akhir dapat dijalankan secara runut, teratur dan produktif.
SOP dapat terus dikembangkan sesuai dengan kemampuan satuan pendidikan. Semakin banyak program yang dijalankan satuan pendidikan semakin banyak SOP yang harus disiapkan.
Sedangkan definisi Standar Operasional Prosedur (SOP) adalah langkah-langkah yang harus diikuti untuk menjalankan suatu pekerjaan dengan berpedoman pada tujuan yg harus dicapai. Penetapan langkah tersebut dituangkan secara tertulis mengenai apa yang harus dilakukan, kapan, dimana , oleh siapa dan dengan cara bagaimana.
Dengan SOP PAUD diharapkan sebuah lembaga PAUD dapat memperlancar tim dalam melaksanakan tugasnya msing-masing dan tugas secara kelompok. Selain itu juga dapat mempermudah mengetahui hambatan yang mungkin muncul dalam pelaksanaan tugas baik hambatan tersebut datangnya dari dalam maupun dari luar.
Selanjutnya dengan SOP PAUD dapat membiasakan semua pendidik dan tenaga kependidikan berdisiplin sesuai dengan aturan yang disepakati bersama. Terakhir SOP PAUD membawa dampak dalam upaya untuk membangun cara kerja yang kelih tertata, disiplin, dan adil.
Kumpulan 15 Contoh SOP PAUD Terbaru
Berikut ini adalah kumpulan contoh Standar Operasional Prosedur PAUD terbaru yang mengacu kepada Buku Panduan SOP PAUD :
- SOP PAUD PENATAAN ALAT MAIN.doc Lihat Disini
- SOP PAUD PENYAMBUTAN KEDATANGAN ANAK.doc Lihat Disini
- SOP PAUD KEGIATAN CUCI TANGAN.doc Lihat Disini
- SOP PAUD KEGIATAN SIKAT GIGI.doc Lihat Disini
- SOP PAUD PERTOLONGAN PERTAMA PADA KECELAKAAN.doc Lihat Disini
- SOP PAUD KEGIATAN MAKAN.doc Lihat Disini
- SOP PAUD KEGIATAN PIJAKAN SEBELUM MAIN.doc Lihat Disini
- SOP PAUD KEGIATAN PIJAKAN SELAMA MAIN.doc Lihat Disini
- SOP PAUD KEGIATAN PIJAKAN SETELAH MAIN.doc Lihat Disini
- SOP PAUD PENATAAN LINGKUNGAN MAIN.doc Lihat Disini
- SOP PAUD PEMBUKAAN KEGIATAN HARIAN.doc Lihat Disini
- SOP PAUD BERMAIN MOTORIK KASAR.doc Lihat Disini
- SOP PAUD TOILETING (MELATIH ANAK KE TOILET).doc Lihat Disini
- SOP PAUD PENGELOLAAN KEGIATAN BELAJAR.doc Lihat Disini
- SOP PAUD MEMBACA BUKU UNTUK ANAK.doc Lihat Disini
Apakah SOP PAUD Penting?
Studi penelitian menyimpulkan pentingnya SOP PAUD karena di dalamnya pasti terdapat bagaimana memanajemen pembelajaran akan mempengaruhi kualitas layanan PAUD, meskipun proses program masih kurang karena pada aspek implementasi SOP masih kurang kelancaran dan kesadaran guru program masih minim, produk program cukup baik, karena memberikan kemudahan dalam bekerja, evaluasi program dilakukan dengan kegiatan supervisi dan pengisian formulir penilaian dari kepala sekolah.
Anak usia dini mengalami tahap kehidupan yang sangat penting dalam hal perkembangan fisik, intelektual, emosional dan sosial anak. Pertumbuhan kemampuan mental dan fisik berkembang dengan kecepatan yang mencengangkan dan proporsi pembelajaran yang sangat tinggi terjadi sejak lahir sampai usia enam tahun. Ini adalah saat ketika anak-anak sangat membutuhkan perawatan personal dan pengalaman belajar yang berkualitas tinggi.
Pendidikan dimulai sejak anak dibawa pulang dari rumah sakit ketika sudah lahir dan berlanjut pada saat anak mulai mengikuti kelompok bermain dan taman kanak-kanak. Kemampuan belajar manusia berlanjut selama sisa hidup mereka tetapi tidak pada intensitas yang ditunjukkan pada tahun-tahun prasekolah. Dengan pemikiran ini, bayi dan balita membutuhkan pengalaman belajar awal yang positif untuk membantu perkembangan intelektual, sosial dan emosional mereka dan ini meletakkan dasar untuk kesuksesan sekolah di kemudian hari.