Download Contoh SOP PAUD Kegiatan Pijakan Setelah Main Kurikulum 2013 format doc disini. SOP Pembelajaran PAUD didefinisikan sebagai langkah-langkah untuk menjalankan pembelajaran PAUD dalam mencapai semua kompetensi inti (sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan dan keterampilan) dan standar tingkat pencapaian perkembangan anak.

SOP PAUD menjadi sistem yang memberikan pedoman kerja, kapan, dimana, oleh siapa dan cara bagaimana pembelajaran dijalankan terutama dalam mengatur program pembelajaran yang bersifat rutin dan habituasi. Kegiatan rutin dan terus berulang dilakukan guru biasanya kegiatan pembiasaan dan keteladanan dalam mencapai sikap spiritual dan sikap sosial.

SOP Pembelajaran PAUD terutama ditujukan untuk mewujudkan pencapaian kompetensi yang terkait dengan kompetensi sikap spiritual dan sikap sosial. SOP memandu pembelajaran mulai dari awal pembelajaran hingga akhir pembelajaran, sehingga proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru dari awal hingga akhir dapat dijalankan secara runut, teratur dan produktif.

Penyusunan jadwal harian dan standar operasional prosedur penting dilaksanakan untuk membangun layanan PAUD yang lebih berkualitas, terstruktur dan transparan.

Terlebih lagi program PAUD lebih menekankan pada pengembangan sikap, maka pembiasaan yang dilakukan dengan konsisten menjadi suatu keharusan. Oleh karena itu penting di setiap satuan PAUD harus memiliki jadwal harian dan standar operasional prosedur dan menerapkannya di satuan masing-masing.

Contoh SOP PAUD Pijakan Setelah Main Kurikulum 2013

Jika semua pihak dapat berpartisipasi dengan optimal, maka diyakini bahwa penerapan Kurikulum 2013 PAUD di setiap satuan pendidikan PAUD akan memberi dampak yang positif terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak yang dititipkan di satuan pendidikan PAUD bersangkutan. Akumulasi dari dampak tersebut akan mengantarkan anak-anak Indonesia kelak menjadi anak yang cerdas secara komprehenshif.

Contoh SOP PAUD Pijakan Setelah Main Kurikulum 2013

TUJUAN

  • Membiasakan untuk berdoa sesudah melakukan kegiatan (4.1)
  • Mengembangkan kemampuan berbahasa (kosakata baru, mengungkapkan bahasa) (4.11)
  • Mengembangkan sikap percaya diri (2.5)
  • Mengembangkan sikap menghargai orang lain yang berbicara (2.7)
  • Menguatkan konsep pengetahuan sesuai dengan tema dan RPPH yang disusun
  • Membiasakan untuk berkata santun (menggunakan kata terima kasih, maaf, tolong). (2.14)
  • Mengembangkan kemampuan behasa ekspresif

PROSEDUR KERJA

  1. Mengajak anak untuk duduk melingkar dan menanyakan perasaan setelah bermain
  2. Menanyakan kegiatan bermain yang sudah dilakukan anak (recalling).
  3. Anak diberi kesempatan untuk menunjukkan hasil karya, bisa dalam bentuk gambar, tulisan, bercerita.
  4. Memperkuat kembali konsep pengetahuan yang sudah didapat anak selama bermain (sesuai dengan RPPH)
  5. Memberikan penghargaan seperti ucapan terima kasih terhadap perilaku anak yang sudah sesuai dengan aturan dan
  6. Membahas apa yang seharusnya dilakukan bila ada anak yang belum mematuhi aturan.
  7. Menyampaikan kegiatan berikutnya dan perilaku yang diharapkan pada anak untuk mengikuti kegiatan berikutnya.

Preview SOP Pijakan Setelah Main PAUD

Untuk download SOP PAUD lainnya silahkan lihat 15 contoh SOP PAUD KLIK DISINI