Download Contoh SOP PAUD Kegiatan Pijakan Sebelum Main Kurikulum 2013 format doc disini.
Pengertian pijakan sebelum main adalah penjelasan yang berisi hal-hal apa saja mengenai tema yang sedang dibahas, ragam main, dan aturan selama bermain.
SOP Pembelajaran PAUD didefinisikan sebagai langkah-langkah untuk menjalankan pembelajaran PAUD dalam mencapai semua kompetensi inti (sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan dan keterampilan) dan standar tingkat pencapaian perkembangan anak.
SOP PAUD menjadi sistem yang memberikan pedoman kerja, kapan, dimana, oleh siapa dan cara bagaimana pembelajaran dijalankan terutama dalam mengatur program pembelajaran yang bersifat rutin dan habituasi. Kegiatan rutin dan terus berulang dilakukan guru biasanya kegiatan pembiasaan dan keteladanan dalam mencapai sikap spiritual dan sikap sosial.
SOP Pembelajaran PAUD terutama ditujukan untuk mewujudkan pencapaian kompetensi yang terkait dengan kompetensi sikap spiritual dan sikap sosial. SOP memandu pembelajaran mulai dari awal pembelajaran hingga akhir pembelajaran, sehingga proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru dari awal hingga akhir dapat dijalankan secara runut, teratur dan produktif.
Penyusunan jadwal harian dan standar operasional prosedur penting dilaksanakan untuk membangun layanan PAUD yang lebih berkualitas, terstruktur dan transparan.
Terlebih lagi program PAUD lebih menekankan pada pengembangan sikap, maka pembiasaan yang dilakukan dengan konsisten menjadi suatu keharusan. Oleh karena itu penting di setiap satuan PAUD harus memiliki jadwal harian dan standar operasional prosedur dan menerapkannya di satuan masing-masing.

Jika semua pihak dapat berpartisipasi dengan optimal, maka diyakini bahwa penerapan Kurikulum 2013 PAUD di setiap satuan pendidikan PAUD akan memberi dampak yang positif terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak yang dititipkan di satuan pendidikan PAUD bersangkutan. Akumulasi dari dampak tersebut akan mengantarkan anak-anak Indonesia kelak menjadi anak yang cerdas secara komprehenshif.
Contoh SOP PAUD Pijakan Sebelum Main Kurikulum 2013
TUJUAN
- Membiasakan untuk berdoa sebelum melakukan kegiatan (4.1)
- Mengembangkan kemampuan berbahasa (kosakata baru, mengungkapkan bahasa) (3.11)
- Mengembangkan sikap percaya diri (2.5)
- Mengembangkan sikap menghargai orang lain yang berbicara (2.10)
- Mengembangkan kemampuan mengamati, menanya, mencobakan untuk mencari tahu
- Mengenalkan konsep pengetahuan sesuai dengan tema dan RPPH yang disusun
- Mengembangkan kemampuan fokus pada tema dan kegiatan yang dilakukan (2.12, 3.13)
- Membiasakan anak disiplin mengikuti aturan (2.6)
- Membiasakan berani melakukan tantangan baru(2.2, 2.5)
- Membiasakan untuk berkata santun (menggunakan kata)
PROSEDUR KERJA
- Anak duduk dalam bentuk lingkaran atau duduk merapat tetapi dalam suasana tidak berdesakan, posisi guru di depan menghadap ke anak.Menyapa anak untuk memulai kegiatan
- Anak berdoa sebelum melakukan kegiatan
- Bertanya kepada anak tentang hal-hal yang dilakukan hari kemarin
- Menanyakan perasaan anak hari ini untuk mengenal perasaan anak
- Memberitahukan bila ada sesuatu yang tidak biasa terjadi hari ini, misalnya ada tamu, ada guru yang tidak masuk sehingga digantikan oleh guru lainnya
- Mengenalkan tema dan konsep hari ini dan mempersilakan anak mengamati, bertanya tentang tema yang dikenalkan.
- Siapkan buku yang sesuai dengan tema agar anak bisa mencari informasi dan bertanya yang terkait dengan tema.
- Membacakan buku sesuai tema untuk membangun ide bermain.
- Mengembangkan kosa kata dan menanyakan pendapat anak tentang arti kata yang dimaksud.
- Mendiskusikan ide bermain apa yang akan dibuat anak dengan alat dan bahan yang tersedia.
- Memberikan contoh secara tepat untuk kegiatan baru yang belum dimengerti anak.
- Membangun aturan main bersama anak
- Mengulang kembali aturan di sentra:
- pilih kegiatan
- selesaikan kegiatan
- perlihatkan hasil karya pada pendidik
- merapikan alat yang sudah digunakan
- pilih kegiatan lainnya.
- Anak memilih mainan sesuai dengan minatnya
- Mengelola kegiatan pemilihan mainan dengan menerapkan permainan yang menarik
- Mempersilakan anak mulai bermain.
Preview SOP Kegiatan Sebelum Main PAUD
Apakah Sekolah PAUD Penting?
Pendidikan anak usia dini adalah istilah yang mengacu pada periode waktu dari kelahiran seorang anak sampai mereka memasuki taman kanak-kanak, dan merupakan waktu yang penting dalam kehidupan anak-anak karena saat itulah mereka pertama kali belajar bagaimana berinteraksi dengan orang lain, termasuk teman sebaya, guru dan orang tua, dan juga mulai mengembangkan minat yang akan tetap bersama mereka sepanjang hidup mereka.
Baik, itu adalah persepsi yang salah bahwa pendidikan anak usia dini hanya tentang mempelajari keterampilan dasar. “Ini jauh lebih dari itu,” Ini adalah saat ketika anak-anak belajar keterampilan sosial dan emosional yang kritis dan kemitraan terbentuk antara anak, orang tua mereka dan guru. Ketika ini dilakukan dengan sukses, itu meletakkan dasar untuk itu terus berlanjut sepanjang pendidikan anak.
Bangsa-bangsa di seluruh dunia juga menjadi sadar akan pentingnya pendidikan anak usia dini. UNESCO (Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Budaya Perserikatan Bangsa-Bangsa) adalah badan pengatur internasional yang misinya adalah “untuk berkontribusi pada pembangunan perdamaian, pengentasan kemiskinan, pembangunan berkelanjutan, dan dialog anta rbudaya melalui pendidikan.” Inilah yang dikatakan organisasi tentang pentingnya pendidikan anak usia dini:
Penitipan dan pendidikan anak usia dini (PAUD) lebih dari persiapan untuk sekolah dasar. Ini bertujuan pada pengembangan holistik kebutuhan sosial, emosional, kognitif dan fisik anak untuk membangun landasan yang kokoh dan luas untuk pembelajaran dan kesejahteraan seumur hidup. PAUD memiliki kemungkinan untuk memelihara warga masa depan yang peduli, cakap, dan bertanggung jawab.