Buku Piket Guru PAUD – Download Contoh Buku Piket Tenaga Pendidik PAUD (TK KB TPA SPS) format DOC yang dapat di edit GRATIS disini. Pengertian buku piket adalah buku yang digunakan oleh petugas piket sekolah yang harus diisi sesuai dengan temuan dan keadaan yang terjadi.



Buku piket ini tujuannya adalah memberikan solusi terdapat kendala/hambatan jika terjadinya “jam kosong” atau guru berhalangan hadir. Format buku piket ini digunakan untuk mengontrol pelaksanaan proses pendidikan yang ada di sekolah agar berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan.

Kegiatan piket sekolah setiap hari yang dilaksanakan oleh guru-guru/pegawai secara bergilir dan terjadwal perlu dicatat pelaksanaannya sesuai contoh format yang diberikan dibawah ini. Format ini dapat diubah sesuai dengan kebutuhan lembaga.

Tugas Guru Piket di Sekolah

Guru atau Pegawai lainnya yang bertugas sebagai Guru Piket bertugas untuk hal-hal berikut ini :

  1. Datang lebih awal ( 25 menit ) sebelum KBM dimulai dan pulang paling akhir.
  2. Memperhatikan kebersihan kantor, ruang guru, ruang kelas, halaman dan lingkungan sekolah.
  3. Membunyikan bel tanda masuk, ganti jam, istirahat, dan pulang sekolah.
  4. Memperhatikan siswa yang terlambat, tidak seragam, tidak rapi, membolos, dan mengambil tindakan sesuai dengan kesepakatan.
  5. Mengisi buku piket tentnag guru yang bertugas, keadaan siswa perkelas, dan bentuk – bentuk kejadian yang terjadi dan menindak lanjuti.
  6. Memperhatikan presensi guru, presensi siswa, kemudian dicatat pada buku piket
  7. Menyampaikan tugas dari guru yang berhalangan hadir.
  8. Menghubungi guru yang tidak hadir (tanpa keterangan) dan meminta tugas untuk disampaikan ke siswa.
  9. Ikut bertanggung jawab pelaksanaan 8K di sekolah
  10. Melarang atau mengizinkan siswa masuk atau meninggalkan sekolah pada jam – jam pelajaran tertentu
  11. Mengambil langkah atau kebijakasanaan terhadap kelas yang pelajarannya kosong, karena gurunya tidak datang atau tidak memberikan tugas serta menunggu kelas tersebut sesuai dengan waktu/ jam pelajaran yang ada
  12. Melaporkan secara tertulis/ lisan kepada kepala sekolah
Contoh Buku Piket Tenaga Pendidik PAUD (TK KB TPA SPS) contoh buku piket contoh buku piket sekolah contoh buku piket guru tk kb contoh buku piket pendidik paud contoh buku piket harian contoh buku piket guru paud contoh buku piket siswa paud contoh buku laporan guru piket contoh format buku piket sekolah contoh format buku piket contoh buku mutasi piket

Download Contoh Buku Piket Tenaga Pendidik PAUD (TK KB TPA SPS)

Link download diberikan dibawah ini, semoga bermanfaat. Satu lagi reokomendasi ayah bunda dapat download semua buku administrasi PAUD GRATIS Klik Disini



Dokumen administrasi PAUD ini merupakan salah satu dari kumpulan administrasi TK KB yang dibagikan secara GRATIS. Lihat Daftar Dokumen Lengkap KLIK DISINI

Preview atau tampilan dokumen Contoh Buku Piket Tenaga Pendidik PAUD (TK KB TPA SPS) ada dibawah:

Baca Juga:  Kaldik Kalender Pendidikan PAUD TK-KB 2017/2018

Seorang guru sekolah PAUD adalah seseorang yang membantu anak-anak kecil mempersiapkan diri untuk taman kanak-kanak melalui bermain, kegiatan interaktif, dan permainan. Keterampilan bahasa, keterampilan kosa kata, keterampilan sosial dan konsep matematika dan ilmiah dasar dikembangkan dengan memiliki pelajaran kelompok kecil, atau bahkan instruksi satu-satu. Guru sekolah PAUD akan mendorong banyak diskusi dan pemecahan masalah dari anak-anak. Permainan berirama, bercerita, musik, seni, tari, dan akting juga merupakan bagian dari pendekatan pengajaran yang kurang terstruktur pada tingkat ini.

Seorang guru sekolah PAUD bertanggung jawab untuk mengajar anak usia dini usia 0-6 tahun tentang keterampilan belajar dasar, menjaga ketertiban di kelas, dan memastikan bahwa anak-anak aman. Pada akhirnya, mempersiapkan anak-anak ini untuk jenjang taman kanak-kanak atau sekolah dasar adalah tujuan utama guru. Dia akan mengikuti kurikulum formal, dan mengajarkan pelajaran dengan cara yang optimis, positif dan mendorong.

Keterampilan komunikasi yang efektif sangat penting, karena anak-anak mungkin berada pada tahap belajar yang berbeda. Menyesuaikan dengan kebutuhan yang berbeda dari setiap anak, serta mengenali kemajuan terkecil yang dibuat oleh setiap anak adalah tanda seorang guru sekolah PAUD yang sangat baik.

Menggunakan keingintahuan alami anak untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan adalah sesuatu yang dilakukan oleh guru sekolah PAUD. Mereka adalah peserta aktif dalam membantu seorang anak melakukan langkah-langkah perkembangan dengan keterampilan dan kemampuannya. Mereka melakukan ini dengan menciptakan suasana di mana anak-anak dapat membuat penemuan dan belajar bagaimana mengekspresikan diri mereka secara verbal, mental dan fisik.

Tugas seorang guru PAUD:

  • mengajarkan keterampilan dasar seperti keterampilan sosial, kebersihan pribadi, pengenalan angka & huruf, bentuk, dan warna
  • membantu anak-anak mengeksplorasi dan mencoba berbagai hal dengan menggunakan kegiatan bermain dan belajar imajinatif
  • menetapkan aturan dan prosedur yang menegakkan perilaku dan ketertiban yang baik di dalam kelas
  • membaca buku dan cerita di depan kelas
  • mempromosikan perkembangan mental, sosial, dan fisik dengan mengatur dan memimpin kegiatan seperti seni dan kerajinan, kunjungan lapangan, permainan, dan musik
Baca Juga:  Contoh Surat Bukti Kepemilikan Tanah / Bangunan PAUD

Seperti Apa Guru PAUD itu?

Guru sekolah PAUD cenderung didominasi oleh orang-orang yang berjiwa sosial tinggi. Temuan ini diharapkan dan mendorong, mengingat tanggung jawab para guru ini. Mereka ditugaskan untuk memberikan dasar bagi siswa muda mereka untuk keberhasilan akademis, ekspresi kreatif, dan partisipasi dalam kelompok sosial, organisasi, komunitas, dan masyarakat luas.