Inilah contoh instrumen asesmen paud kurikulum merdeka yang meliputi catatan anekdot, catatan hasil karya, penilaian ceklis dan penilaian foto berseri. Tidak asing bukan kedengarannya? Iya memang metode penilaian ini sudah digunakan sejak kurikulum 2013. Yang berbeda adalah pada kurikulum merdeka, penilaian tidak lagi menggunakan KI dan KD.

Penilaian Autentik PAUD

Asesmen PAUD Jateng menerapkan asesmen autentik. Pengertian penilaian autentik adalah penilaian berbasis observasi yaitu pendekatan yang paling efektif untuk penilaian anak usia dini karena memberikan gambaran yang akurat tentang perkembangan dan pembelajaran anak-anak. Itulah sebabnya alat penilaian anak kami dirancang untuk membantu guru menangkap dan menganalisis pembelajaran berbasis bermain setiap hari dan menerjemahkan pengamatan tersebut ke dalam dukungan dan instruksi yang ditargetkan dan individual yang menghasilkan hasil anak yang positif.

instrumen asesmen paud kurikulum merdeka

Contoh Asesmen PAUD Kurikulum Merdeka

Asesmen PAUD adalah penilaian yang berupa deskripsi nyata yang terjadi pada anak sehingga perlu ditekankan disini adalah bahwa penilaian diambil dari kejadian nyata (real). Berikut ini adalah contoh asesmen paud kurikulum merdeka dimulai dari:

Catatan Anekdot

Catatan anekdot adalah catatan singkat yang diambil guru saat mereka mengamati anak-anak. Catatan ini mendokumentasikan berbagai perilaku di berbagai aspek-aspek seperti perkembangan nilai agama dan moral, fisik motorik, kognitif, sosial emosional, bahasa, dan nilai Pancasila dimana semuanya merupakan cakupan tiga elemen stimulasi yang saling terintegrasi yaitu Nilai Agama dan Budi Pekerti; Jati Diri; dan Dasar-dasar Literasi, Matematika, Sains, Teknologi, Rekayasa, dan Seni; beserta umpan balik yang diberikan peserta didik.

Contoh anekdot kurikulum merdeka

Ayah bunda bisa mendapatkan evaluasi paud dalam bentuk catatan anekdot dengan format word sudah disiapkan pada halaman khusus terpisah:

catatan anekdot paud kurikulum merdeka terbaru

Catatan Hasil Karya

Hasil karya adalah buah pikir anak yang dituangkan dalam bentuk karya nyata dapat berupa pekerjaan tangan, karya seni atau tampilan anak, misalnya: gambar, lukisan, lipatan, hasil kolase, hasil guntingan, tulisan/coretan-coretan, hasil roncean, bangunan balok, tari, hasil prakarya dll. Perhatikan apa yang sudah dibuat oleh anak dengan teliti. Semakin guru mampu melihat dengan rinci maka akan lebih banyak informasi yang didapatkan guru dari hasil karya anak tersebut.

Contoh evaluasi hasil karya paud

Berikut ini adalah link tautan untuk mendapatkan contoh penilaian hasil karya paud kurikulum merdeka:

Contoh dokumentasi catatan hasil karya paud evaluasi penilaian asesmen kurikulum merdeka untuk melihat perkembangan anak bukan membandingkan

Ceklis Capaian Perkembangan

Untuk membuat poin-poin atau item pada ceklis capaian perkembangan ayah bunda harus membuat tujuan pembelajaran. Tujuan pembelajaran ini biasanya tercantum dalam rpph atau modul ajar. Untuk jumlah itemnya disesuaikan saja karena setiap lembaga pastinya tidak sama (fleksibel).

Contoh ceklis paud kurikulum merdeka

Silahkan gunakan link tautan berikut ini untuk mendapatkan file ms word yang bisa diedit:

skala ceklis evaluasi paud

Foto Berseri

Rangkaian foto yang merekam perilaku atau performa anak dalam kurun waktu tertentu, serta dilengkapi dengan keterangan singkat berupa celoteh anak atau catatan anekdot pendek.

Contoh penilaian foto berseri

Berikut ini merupakan tautan untuk mendapatkan contoh dokumen penilaian foto berseri paud kurikulum yang sudah kami sediakan dan bahas khusus:

Merencanakan Asesmen

Apabila pendidik menggunakan modul ajar yang disediakan, maka ia tidak perlu membuat perencanaan asesmen. Namun, bagi pendidik yang mengembangkan sendiri rencana pelaksanaan pembelajaran dan/atau modul ajar, ia perlu merencanakan asesmen formatif yang akan digunakan.

  • Rencana asesmen paud kurikulum merdeka dimulai dengan perumusan tujuan asesmen. Tujuan ini tentu berkaitan erat dengan tujuan pembelajaran.
  • Setelah tujuan dirumuskan, pendidik memilih dan/atau mengembangkan instrumen asesmen sesuai tujuan. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih/mengembangkan instrumen, antara lain: karakteristik peserta didik, kesesuaian asesmen dengan rencana/ tujuan pembelajaran dan tujuan asesmen, kemudahan penggunaan instrumen untuk memberikan umpan balik kepada peserta didik dan pendidik.

Ringkasan

Untuk melihat masing-masing contoh evaluasi, penilaian atau asesmen paud kurikulum merdeka silahkan gunakan masing-masing link tautan berikut ini:

Dokumen ini merupakan kumpulan penilaian atau asesmen PAUD Kurikulum Merdeka. Adapun instrumen yang digunakan untuk penilaian PAUD adalah:

Selanjutnya apa Setelah Evaluasi

Setelah melakukan evaluasi pembelajaran PAUD, selanjutnya adalah pelaporan hasil belajar. Setelah penilaian formatif dan sumatif PAUD dilaksanakan dengan berbagai metode yang dipilih oleh guru PAUD, selanjutnya diapakan? Tentu saja dibuat pelaporan hasil penilaian atau asesmen atau biasa disebut dengan Rapor PAUD. Ini dituangkan dalam bentuk laporan kemajuan belajar, yang berupa laporan hasil belajar, yang disusun berdasarkan pengolahan hasil Penilaian. Laporan hasil belajar paling sedikit memberikan informasi mengenai pencapaian hasil belajar peserta didik. Pada PAUD, selain memuat informasi tersebut, laporan hasil belajar juga memuat informasi mengenai pertumbuhan dan perkembangan anak.