STPPA PAUD Kurikulum Merdeka – Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (STPPA) jenjang PAUD menjadi Standar Kompetensi Lulusan (SKL) dalam kurikulum merdeka. Hal ini tertuang dalam Permendikbud ristek nomor 5 tahun 2022 tentang standar kompetensi lulusan paud, dikdas, dan dikmen.
Standar Kompetensi Lulusan
Pengertian Standar Kompetensi Lulusan (SKL) adalah kriteria minimal tentang kesatuan sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang menunjukkan capaian kemampuan peserta didik dari hasil pembelajarannya pada akhir jenjang pendidikan. SKL digunakan sebagai acuan dalam pengembangan standar isi, standar proses, standar penilaian pendidikan, standar tenaga kependidikan, standar sarana prasarana, standar pengelolaan, dan standar pembiayaan. SK juga digunakan sebagai pedoman dalam penentuan kelulusan Peserta Didik dari satuan pendidikan.
Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak
Standar Kompetensi Lulusan (SKL) digunakan sebagai pedoman dalam penentuan kelulusan Murid dari satuan pendidikan. Standar Kompetensi Lulusan mencakup 8 (delapan) Dimensi Profil Lulusan (DPL) yang harus dikuasai pada akhir setiap jenjang pendidikan, yaitu:
- keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa;
- kewargaan;
- penalaran kritis;
- kreativitas;
- kolaborasi;
- kemandirian;
- kesehatan; dan
- komunikasi.

Pada jenjang PAUD, SKL nya adalah standar tingkat pencapaian perkembangan anak (STPPA) yang memuat profil peserta didik sebagai kesatuan sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang menjadi deskripsi capaian perkembangan peserta didik dari hasil partisipasinya pada akhir pendidikan anak usia dini.
6 Komponen STPPA PAUD Terbaru
STPPA PAUD yang berlaku sekarang ada 6 aspek perkembangan anak usia dini sebagai berikut :
a. Nilai Agama dan Akhlak Mulia;
b. Nilai Pancasila;
c. Fisik Motorik;
d. Kognitif;
e. Bahasa; dan
f. Sosial Emosional.
8 Rumusan STPPA PAUD
Dari enam STPPA ini, dirumuskan secara terpadu dalam bentuk deskripsi capaian perkembangan yang disebut delapan rumusan STPPA terdiri dari sebagaimana berikut. Sementara untuk ruang lingkup masing-masing rumusan STPPA PAUD silahkan lihat Ruang Lingkup Standar Isi:
- mengenal ajaran agama yang dianut dan mempraktikkan ibadah sesuai agama/ kepercayaannya, menunjukkan perilaku akhlak mulia dalam kehidupan sehari-hari melalui sikap kasih sayang, kejujuran, keadilan, dan tanggung jawab dalam berinteraksi dengan sesama dengan bimbingan orang dewasa, serta mengenal konsep hubungan dengan Tuhan Yang Maha Esa, sesama manusia, dan lingkungan sekitarnya;
- mengenali identitas diri, mengetahui kebiasaan di keluarga, satuan pendidikan, dan masyarakat, mengetahui aturan sederhana dalam kehidupan sehari-hari, mengenali pentingnya menjaga lingkungan, mengetahui dirinya merupakan bagian dari warga Indonesia, serta mengetahui keberadaan negara lain di dunia;
- memiliki rasa ingin tahu, mengenali persamaan dan perbedaan berbagai objek dan situasi, mampu menyelesaikan masalah sederhana, dan menggunakan praliterasi dan pranumerasi yang terkait dengan diri sendiri dan lingkungan terdekat;
- menunjukkan daya imajinasi dan proses berpikir fleksibel melalui tindakan dan/atau karya sederhana yang dihasilkan sesuai dengan perkembangan kognitif, afektif, serta keterampilan motorik halus dan kasar;
- mengenali sikap peduli, berbagi, dan bekerja sama dengan teman sebaya melalui bimbingan dalam kegiatan bermain dan interaksi di lingkungan satuan pendidikan dan keluarga;
- menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam kegiatan pembelajaran dan pengembangan diri serta menunjukkan usaha untuk mencapai tahapan perkembangannya secara terbimbing;
- mengenal dan memiliki kebiasaan hidup bersih dan sehat dengan menjaga kebugaran, kesehatan fisik dan mental, serta mengenal pentingnya kesehatan lingkungan; dan
- mengenali kemampuan menyimak, berbicara, pramembaca dan pramenulis dalam konteks pengalaman pribadi dan hubungan sosial dengan menggunakan berbagai moda komunikasi verbal dan nonverbal.
Dokumen SKL PAUD Terbaru
SKL PAUD adalah Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (STPPA). Dari waktu ke waktu STPPA ini mengalami penyesuaian yang bisa di download file terbaru melalui berikut ini:
| Tahun | Nomor SK | Tentang | Status | Link Download |
|---|---|---|---|---|
| 2025 | Permendikdasmen No. 10 Tahun 2025 | SKL pada PAUD Dasmen | BERLAKU | File Disini |
| 2022 | Permendikbudristek No. 5 Tahun 2022 | SKL pada PAUD Dasmen | Dicabut (Obsolete) | File Disini |
| 2014 | Pemendikbud No. 137 Tahun 2014 | Standar Nasional PAUD | Dicabut (Obsolete) | File Disini |
Preview :
Capaian Pembelajaran PAUD
Capaian Pembelajaran (CP) jenjang PAUD mencerminkan nilai karakter yang tertuang di dalam 8 dimensi profil lulusan, serta kompetensi yang tertuang di dalam Standar Kompetensi Lulusan (SKL) untuk PAUD atau disebut sebagai Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (STPPA).
Capaian Pembelajaran (CP) merupakan rujukan bagi satuan pendidikan dalam merancang pembelajaran, memberikan kerangka pembelajaran yang memandu pendidik di satuan PAUD dalam membangun nilai-nilai, pengetahuan, dan keterampilan fondasi yang dibutuhkan oleh anak usia dini sebelum memasuki jenjang pendidikan dasar, serta sebagai pelajar sepanjang hayat.
Capaian Pembelajaran dalam pengelompokannya disebut elemen agar satuan PAUD memahami bahwa pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran tersebut dapat dilakukan secara holistik (walaupun juga dapat saja satuan PAUD memilih untuk mengorganisasikan pembelajarannya berdasarkan area kemampuan, seperti literasi, fisik motorik, matematika, agama dan budi pekerti, seni, dan seterusnya).
