JURNAL HARIAN PAUD –Download Format Contoh Catatan Anekdot Anak PAUD Kurikulum 2013 disini. Catatan anekdot awalnya digunakan untuk mencatat sikap dan perilaku anak yang muncul secara tiba-tiba atau peristiwa yang terjadi secara insidental.



Berbagai rujukan terakhir menyatakan bahwa catatan anekdot digunakan untuk mencatat seluruh fakta, menceritakan situasi yang terjadi, apa yang dilakukan dan dikatakan anak.

Pengertian Catatan Anekdot

Catatan anekdot adalah catatan singkat yang diambil guru saat mereka mengamati anak-anak. Catatan ini mendokumentasikan berbagai perilaku di berbagai bidang seperti literasi, matematika, studi sosial, sains, seni, perkembangan sosial dan emosional, dan perkembangan fisik.

Catatan anekdot adalah ringkasan deskriptif singkat, objektif, dari satu peristiwa yang ditulis setelah peristiwa itu terjadi. Ayah bunda sering menggunakan anekdot dan menceritakan kepada teman ayah bunda sebuah cerita tentang sesuatu yang terjadi selama akhir pekan atau sesuatu yang lucu atau lucu yang dilakukan anak ayah bunda. Catatan anekdot kelas sedikit berbeda karena tujuannya adalah untuk mempelajari sesuatu yang spesifik tentang anak tersebut. Ini adalah metode pencatatan pengamatan yang sangat santai. Pengamat tidak memerlukan formulir khusus untuk diisi, tidak ada pengaturan khusus, dan tidak ada batasan waktu. Catatan anekdot hanyalah cerita singkat tentang sesuatu yang terjadi.

Catatan anekdot pada dasarnya merupakan bagian dari teknik observasi. Catatan anekdot lebih memfokuskan pada catatan tentang sikap dan perilaku anak yang terjadi secara khusus atau peristiwa yang terjadi secara insidental/tiba-tiba.

Fungsi Catatan Anekdot PAUD

Catatan anekdot digunakan untuk mencatat seluruh fakta, menceritakan situasi yang terjadi,
apa yang dilakukan dan dikatakan anak. Catatan anekdot sebagai jurnal kegiatan harian mencatat kegiatan anak selama melakukan kegiatan setiap harinya. Catatan anekdot memungkinkan untuk mengetahui perkembangan anak yang indikatornya baik tercantum maupun tidak tercantum pada RPPH.



Baca Juga:  Contoh Portofolio PAUD Dalam Penilaian Evaluasi PAUD

Hal-hal pokok yang dicatat dalam catatan anekdot meliputi:

  • 1. Nama anak yang dicatat perkembangannya
  • 2. Kegiatan main atau pengalaman belajar yang diikuti anak
  • 3. Perilaku, termasuk ucapan yang di sampaikan anak selama berkegiatan.

Catatan anekdot dibuat dengan menuliskan apa yang dilakukan atau dibicarakan anak secara obyektif, akurat, lengkap dan bermakna tanpa penafsiran subyektif dari guru. Akurat (tepat), objektif (apa adanya, tanpa memberi label misalnya: cengeng, malas, nakal), spesifik (khusus/tertentu), sederhana (tidak bertele-tele), dan catatan guru terkait dengan indikator yang muncul dari perilakuanak. Catatan dalam catatan anekdot lebih berupa jurnal kegiatan akan lebih baik bila disertai foto kegiatan yang dilakukan setiap anak.

Tips Dalam Menuliskan Anekdot TK/KB

Catat catatan singkat saat aktivitas sedang berlangsung dan isi detailnya sesegera mungkin. Beri tanggal pada setiap anekdot dan sertakan usia anak dalam tahun dan bulan. Tulis dalam bentuk lampau. Bersikaplah jelas, objektif, dan ringkas.

Menulis anekdot akan membantu ayah bunda mendeskripsikan perkembangan anak. Berikut ini tips dalam menulis catatan anekdot PAUD/TK:

  • Fokus pada kelebihan anak.
  • Tentukan di mana posisi anak-anak dalam hal perkembangan masa kanak-kanak dan evaluasi kemajuan mereka.
  • Temukan minat dan kemampuan anak-anak dan rencanakan kegiatan yang akan mereka nikmati.
  • Bagikan informasi terkait dengan orang tua.

Anekdot atau cerita pendek yang menggambarkan peristiwa atau situasi harus ditulis dengan cermat. Mereka harus mewakili pengamatan ayah bunda seakurat mungkin. Agar efisien, mereka harus:

  • Fokus pada apa yang dikatakan atau dilakukan anak.
  • Bersikap faktual (berdasarkan fakta yang diamati, tidak ada interpretasi).
  • Jadilah tepat.
  • Jadilah singkat dan to the point.
  • Mewakili tujuan yang realistis, misalnya, ayah bunda mungkin bertujuan untuk menulis dua anekdot per anak setiap minggu.
Baca Juga:  Contoh Ceklis Evaluasi/Asesmen PAUD Kurikulum Merdeka

Saat menulis cerita pendek atau anekdot, ayah bunda harus:

  • Sertakan tanggalnya.
  • Mulailah dengan mengidentifikasi momen, lokasi, dan orang-orang yang hadir.
  • Jelaskan apa yang dikatakan atau dilakukan anak, jika mungkin menggunakan kutipan untuk mendokumentasikan keterampilan bahasanya (berguna untuk mengevaluasi kemajuan).

Menuliskan pengamatan ayah bunda mungkin tampak seperti buang-buang waktu, tetapi cerita pendek atau anekdot yang ditulis akan berguna untuk mengevaluasi seberapa jauh kemajuan anak-anak dan menyampaikan detail penting kepada orang tua. Terlebih lagi, cerita pendek dan anekdot ayah bunda akan membantu merencanakan kegiatan yang secara efisien disesuaikan dengan kapasitas dan minat anak-anak dalam kelompok.

Format Contoh Anekdot PAUD Kurikulum 2013

Berikut ini adalah contoh catatan anekdot anak PAUD sesuai kurikulum 2013. Untuk link tautan download di sediakan di akhir tulisan ini.

Berikut ini adalah contoh catatan anekdot PAUD yang di dapat dari penilaian harian:

Format Contoh Catatan Anekdot Anak PAUD Kurikulum 2013

Dokumen Anekdot Bulanan

Catatan anekdot bulanan ini diolah atau diproses dari catatan anekdot harian di atas. Anekdot bulanan PAUD berguna untuk membuat arsip penilaian yang dimanifestasikan dalam sebuah portofolio PAUD. Berikut ini adalah contoh catatan anekdot bulanan:

Format Contoh Catatan Anekdot Anak PAUD Bulanan

Apa itu BB, MB, BSH, BSB Lihat Penjelasan Disini

Dokumen administrasi PAUD ini merupakan salah satu dari kumpulan administrasi TK KB yang dibagikan secara GRATIS. Lihat Daftar Dokumen Lengkap KLIK DISINI

Catatan anekdot ditulis dalam bentuk lampau. Observasi dimulai ketika anak memulai pengalaman dan berakhir ketika anak berhenti berpartisipasi dalam pengalaman. Ini adalah metode yang berguna untuk merekam peristiwa atau tindakan berdasarkan kekuatan, minat, pencapaian, perkembangan, dan kebutuhan anak.