Contoh ceklis evaluasi /asesmen paud instrumen penilaian PAUD kurikulum merdeka untuk membantu pendidik melihat tujuan pembelajaran lengkap dan mengumpulkan berbagai informasi tentang anak usia dini yang memungkinkan guru merefleksikan secara sistematis dalam mengenali apakah anak akan mendapat dukungan tambahan atau melanjutkan pembelajaran berikutnya.



Ceklis Evaluasi Anak

Ceklis PAUD adalah catatan yang berisi indikator dari tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Ceklis dapat diberi catatan anekdot singkat untuk menjelaskan kemunculan indikator yang tercentang. Pengamatan sistematis dan strategis akan memungkinkan guru untuk mengumpulkan informasi tentang anak-anak di seluruh domain perkembangan yang dalam kurikulum merdeka ada empat aspek yaitu nilai agama dan budi pekerti; jati diri; dan literasi dan STEAM.

Definisi Ceklis Capaian Pembelajaran

Secara sederhana, pengertian ceklis capaian dapat dijelaskan sebagai berikut:

  • Ceklis adalah instrumen penilaian yaitu alat observasi yang menunjukkan sejauh mana anak usia dini memiliki sifat atau perilaku tertentu
  • Setiap perilaku dinilai secara subjektif dan real atau nyata.
  • Berisi sedikit lebih banyak informasi daripada daftar periksa sederhana sebagai catatan kegiatan pembelajaran atau seberapa baik keterampilan yang bersangkutan dilakukan
  • Dapat digunakan untuk menilai karakteristik seperti tingkat kepercayaan atau motivasi inisiasi anak

Penilaian ceklis memungkinkan guru untuk menunjukkan tingkat atau frekuensi perilaku, keterampilan dan strategi yang ditampilkan oleh anak usia dini dimana penilaian menyatakan kriteria dan memberikan jawaban naratif untuk menggambarkan kualitas anak usia dini.

Ceklis yang efektif menggunakan penulisan deskripsi yang mudah dipahami dengan jelas yaitu mengandalkan deskripsi subjektif tentang kualitas, seperti adil, baik atau sangat baik, kurang efektif karena kata sifat tunggal tidak mengandung informasi yang cukup tentang kriteria apa yang ditunjukkan pada masing-masing capaian.

Baca Juga:  7 Buku Panduan Guru PAUD Implementasi Kurikulum Merdeka

Kualitas informasi ceklis dapat diperoleh melalui penggunaan daftar periksa seperti aspek apa saja yang dinilai sebagai capaian pembelajaran. Hal ini tergantung pada keterlibatan langsung anak dalam penilaian dan pemahaman umpan balik yang diberikan.



skala capaian atau ceklis evaluasi paud kurikulum merdeka

Tujuan ceklis penilaian PAUD

  • menyediakan alat untuk merekam pengamatan secara sistematis
  • menyediakan alat untuk penilaian diri
  • memberikan contoh kriteria bagi siswa sebelum mengumpulkan dan mengevaluasi data tentang pekerjaan mereka
  • merekam pengembangan keterampilan, strategi, sikap, dan perilaku khusus yang diperlukan untuk mendemonstrasikan pembelajaran
  • memperjelas kebutuhan instruksional siswa dengan menyajikan catatan prestasi saat ini.

Contoh Ceklis Evaluasi PAUD

Dalam kurikulum merdeka, evaluasi terdiri dari 2 jenis yaitu formatif yang dilakukan secara berkala dan sumatif. Dalam praktiknya, pendidik masih bisa menggunakan beberapa jenis penilaian dalam kurikulum 2013 salah satunya adalah ceklis capaian pembelajaran. Lihat contohnya sebagai berikut:

Download Instrumen Ceklis PAUD

Alat evaluasi paud kurikulum merdeka berupa skala capaian atau ceklis perkembangan dapat diunduh melalui link tautan berikut ini yang bisa di edit dalam format microsoft word:

Dokumen ini merupakan kumpulan penilaian atau asesmen PAUD Kurikulum Merdeka. Adapun instrumen yang digunakan untuk penilaian PAUD adalah:

Preview tampilan:

Apa yang berbeda?

Apa yang berbeda dengan ceklis untuk evaluasi paud kurikulum merdeka dengan kurikulum paud 2013? Ada beberapa persamaan sebenarnya mulai dari:

  • Menggunakan bukti otentik dari dokumentasi harian
  • Menggunakan narasi
  • Teknik pengumpulan bisa beragam sesuai dengan kebutuhan guru
  • Sebagian besar struktur deskripsi sama, seperti: ada contoh yang menunjukkan kemajuan yang dicapai anak dan ada saran yang mengajak orang tua untuk membantu stimulasi anak
Baca Juga:  Pelaksanaan Tahap Siap Kurikulum Merdeka

Sedangkan yang berbeda adalah pada asesmen kurikulum merdeka:

  • Capaian Pembelajaran/ Perkembangan (CP) PAUD kurikulum merdeka hanya ada tiga yaitu : nilai agama dan budi pekerti, jati diri, dan literasi & steam. Kita tahu bahwa terdapat 6 aspek yang disebut dengan STPPA.
  • Tidak ada skala capaian anak (BB/MB/BSH/BSB)

Semoga instrumen ceklis evaluasi capaian perkembangan paud kurikulum merdeka ini bermanfaat, tolong bagikan ya bunda, terimakasih!



penawaran kerjasama paud jateng