Cara Membuat Evaluasi Penilaian Bulanan PAUD Kurikulum 2013. Penilaian bulanan PAUD adalah sebagai tindak lanjut dari penilaian harian. Penilaian bulanan lebih ditekankan pada analisa dan interpretasi guru terhadap data yang terkumpul dari penilaian harian. Penilaian bulanan dilakukan dengan langkah berikut:
A. Mengumpulkan Semua Data
Semua data yang didapat guru baik melalui pengisian format cheklist, dan data dalam portofolio yang berasal dari catatan anekdot dan hasil karya anak.
B. Menganalisa Data Penilaian
Seluruh catatan skala capaian perkembangan harian disatukan berdasarkan indikator dari KD yang sama. Walaupun dalam format checklist (√) harian indikatornya memuat tema dan materi, tetapi untuk dimasukkan ke dalam penilaian bulanan cukup melihat indikator dari KD yang tercantum dalam format penilaian perkembangan umum. Apabila dalam indikator yang sama dalam satu KD terdapat perbedaan capaian, maka capaian perkembangan yang tertinggi dijadikan capaian akhir.
Misalnya:
- Kemampuan Dona membaca doa sebelum dan sesudah makan, BB, BB, BB, MB, maka Dona mengarah pada kemampuan MB. (Apa itu BB, BB, BB, MB Lihat Penjelasan Disini)
- Analisa KD dalam portofolio yang berisi kemampuan anak dianalisa lanjutan untuk mengetahui capaian kemampuan anak apakah berada pada kemampuan BB, MB, BSH atau BSB.
- Untuk memudahkan menentukan kemampuan anak sebaiknya guru merujuk pada rubrik penilaian.
- Untuk contoh bisa melihat ke catatan anekdot PAUD sebelumnya (Silahkan Klik Disini);
C. Kompilasi Hasil Penilaian Data
(Klik disini untuk memperbesat gambar di bawah ini)
D. Mengisi Data ke dalam Penilaian Perkembangan Anak
- Semua data yang diolah dijadikan bahan analisa.
- Apabila menggunakan guru sentra yang berarti guru sebagai tim, maka penilaian ditetapkan secara bersama oleh semua guru yang menangani anak. sedangkan pengisian laporan dilakukan oleh guru wali.
- Data capaian perkembangan anak pasti cukup banyak sehingga dalam satu indikator bisa muncul data berulang-ulang dengan tingkat pencapaian yang berbeda. Untuk menentukan pengisian pada kolom capaian perkembangan, maka digunakan capaian terbaik dengan pengertian kemampuan anak berkembang tersebut. Contoh untuk kemampuan kemandirian anak : BB-MB-MB-BSH-BSH-BSB maka yang diambil BSB (Berkembang Sangat Baik) artinya kemampuan anak berkembang kea rah sangat baik.