Contoh SOP Toileting (Latihan ke Kamar Mandi) PAUD K13



Contoh SOP Toileting (Latihan ke Kamar Mandi) PAUD Kurikulum 2013. Proses pembelajaran di PAUD tidak terbatas pada saat anak berada di sentra atau area atau kelas, tetapi sejak anak datang hingga pulang.

Semua proses interaksi anak dengan pendidik, dengan temannya, atau dengan lingkungan atau alat mainannya termasuk dalam proses pembelajaran. –Contoh SOP Toileting (Latihan ke Kamar Mandi) PAUD Kurikulum 2013– Oleh karena itu Satuan PAUD harus merancang jadwal harian dan bagaimana para pendidik berperan di dalamnya penting diperhatikan dalam sebuah acuan standar PAUD yang bernama Strandar Operasional Prosedur.

Dalam menyusun SOP PAUD sesuai Kurikulum 2013 ada hal-hal yang perlu diperhatikan secara umum antara lain adalah :

  • Pastikan bahwa lingkungan belajar di dalam (indoor) dan di luar (outdoor) bersih, aman, nyaman, dan menyenangkan.
  • Kegiatan pembelajaran dilaksanakan melalui bermain. Kegiatan bermain yang dipilih adalah kegiatan bermain yang mampu menstimulasi dan mengembangkan seluruh aspek perkembangan anak. Pilihlah kegiatan main yang kaya akan stimulasi terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak.
    mengajari anak ke toilet melatih anak pakai tandas melatih anak ke kamar mandi



  • Alat dan bahan main yang akan digunakan sesuai dengan kebutuhan, karakteristik, tahapan perkembangan, dan lingkungan anak.
  • Alat dan bahan main disiapkan sebaik mungkin sebelum kegiatan pembelajaran dilaksanakan, baik untuk aktivitas individu, kelompok kecil, kelompok sedang, maupun kelompok besar.
  • Alat dan bahan main serta buku ditata pada tempat yang mudah dijangkau oleh anak.
  • Semua proses dan karya anak dikumpulkan sebagai bahan penilaian (asesmen) ketercapaian pertumbuhan dan perkembangan anak. Hasil karya anak dapat dipajang sesuai dengan keperluan.
  • Untuk berjalannya seluruh kegiatan di atas, dapat disusun aturan atau tata tertib yang penyusunannya berdasarkan kesepakatan pendidik dan pengelola untuk mengatur keberlangsungan kegiatan pembelajaran dengan efektif.
  • Contoh SOP Toileting (Latihan ke Kamar Mandi) PAUD Kurikulum 2013

    Tujuan

    • Membiasakan untuk menjaga kebersihan diri sendiri
    • Membiasakan berperilaku hidup bersih sehat
    • Membiasakan untuk menentukan keinginan sendiri (memahami keinginan diri sendiri)

    Prosedur Kegiatan

    1. Pendidik mempersilahkan anak untuk ke toilet/WC/kloset pada waktu-waktu tertentu, namun tetap disesuaikan dengan kebutuhan individual anak.
    2. Pendidik melatih anak untuk melepas dan mengenakan celana secara mandiri/sesuai tahap perkembangan.
    3. Pendidik melatih anak untuk menyiram toilet/WC/kloset. 
    4. Pendidik mengawasi dan memberikan bantuan jika dibutuhkan.
    5. Pendidik memastikan anak mencuci tangan dengan sabun dan air bersih yang mengalir setelah BAK dan BAB.
    6. Pendidik memastikan anak untuk mengeringkan tangannya setelah cuci tangan.
    7. Pendidik mencuci tangan dengan sabun dan air bersih yang mengalir sebelum keluar dari kamar mandi sesuai kebutuhan.

    Pada kesempatan kali ini akan disajikan Contoh SOP Toileting (Latihan ke Kamar Mandi) PAUD Kurikulum 2013. Untuk contoh Standar Operasional Prosedur PAUD yang lain dapat dilihat melalui link tautan Kumpulan Contoh SOP PAUD sesuai Kurikulum 2013 diatas.