Download Contoh Buku Inventaris Kelas PAUD (TK KB TPA SPS) dalam format DOC yang dapat di edit. Buku Inventaris Kelas PAUD adalah buku inventaris yang berisi data barang sarana prasarana yang ada di dalam kelas / area / sentra PAUD.



Dengan adanya buku inventaris kelas PAUD ini lembaga akan dengan mudah mendata sarana dan prasarana yang dimiliki oleh sebuah kelas.

Buku inventaris kelas berisi daftar barang-barang milik sekolah yang ada dikelas, baik barang tersebut berasal dari anggaran APBN (pusat), APBD (provinsi dan kabupaten kota), maupun swadaya masyarakat. Buku yang berisi daftar barang yang ada di dalam kelas ini dimaksudkan untuk mengetahui kondisi aset sekolah.

Di dalam buku inventaris kelas yang akan disajikan berikut ini terdapat dua jenis tabel, tabel yang pertama akan mendata semua buku yang ada di kelas dan tabel yang kedua mendata semua barang termasuk meja kursi yang ada di dalam sebuah kelas.

Secara umum, inventarisasi dilakukan dalam rangka usaha penyempurnaan pengurusan dan pengawasan yang efektif terhadap sarana dan prasarana yang dimiliki oleh suatu sekolah.

Inventarisasi Aset adalah serangkaian kegiatan untuk melakukan pendataan, pencatatan, pelaporan hasil pendataan aset, dan mendokumentasikannya baik aset berwujud mauun aset tidak berwujud pada suatu waktu tertentu.



Bagaimana Cara Membuat Inventaris Kelas PAUD ?

Mudah saja untuk membuat inventaris kelas, ayah bunda perlu membuat tabel yang berisi daftar barang di kelas guna menunjang kelancaran proses belajar mengajar di sekolah PAUD. Untuk lebih mudahnya ayah bunda dapat melihat contoh buku inventarisasi ruang kelas yang akan disajikan dibawah ini.

Download koleksi lengkap dokumen administrasi PAUD klik disini.

Contoh Buku Inventaris Kelas PAUD (TK KB TPA SPS) buku inventaris kelas paud format buku inventaris kelas format buku inventaris kelas tk kb tpa sps contoh buku inventaris kelas contoh format buku inventaris kelas buku inventaris kelas tk kb daftar inventaris kelas buku inventaris barang sekolah contoh buku inventaris barang sekolah buku inventaris perpustakaan buku inventaris adalah contoh format buku inventaris barang sekolah pengertian buku inventaris

Contoh Buku Inventaris Kelas PAUD (TK KB TPA SPS)

Untuk contoh format buku inventaris kelas PAUD dapat didownload dalam bentuk DOC yang dapat diedit dengan mudah. Berikut ini adalah tampilan atau preview dokumen inventaris kelas PAUD juga link tautan download dibawah ini juga. Semoga bermanfaat!

Dokumen administrasi PAUD ini merupakan salah satu dari kumpulan administrasi TK KB yang dibagikan secara GRATIS. Lihat Daftar Dokumen Lengkap KLIK DISINI

Adapun tampilan atau preview dokumennya adalah:

Baca Juga:  Download Contoh Buku Notula Rapat Pendidik PAUD

Mengapa Inventarisasi itu penting?

Inventarisasi adalah kegiatan untuk melakukan pengecekan antara data administratif lembaga dengan kondisi fisik yang ada di lembaga bersangkutan. Maksud inventarisasi adalah untuk mengetahui jumlah dan nilai serta kondisi sarana yang sebenarnya, yang dikuasai Pengguna Barang maupun Kuasa Pengguna Barang atas suatu obyek barang.

Mengapa harus ada buku inventaris pada sekolah PAUD?

Mengapa harus ada buku inventaris pada suatu organisasi? Karena manfaat dari melakukan inventarisasi diantaranya adalah mencatat dan menghimpun data aset yang dikuasahi unit organisasi/ departemen. Menyiapkan dan menyediakan bahan laporan pertanggungjawaban atas penguasaan dan pengelolaan aset organisasi/ negara. Menyiapkan dan menyediakan bahan acuan untuk pengawasan aset organisasi atau negara.

Pada umumnya aset atau saran dan prasarana kebanyakan berupa alat atau perabotan yang digunakan oleh organisasi dalam menunjang kegiatan operasional organisasi dalam rangka mencapai tujuannya. Namun apakah pengelolaan sarana dan prasarana organisai sudah dilakukan dengan baik? Pertanyaan ini kebanyakan akan dijawab sudah baik, karena jika ternyata fakta di lapangan terjadi sebaliknya mereka akan menghindar dan melepas tanggung jawabnya. Artinya masih banyak sekali kasus hilangnya barang-barang milik/kekayaan organisasi baik swasta maupun pemerintah yang sulit di lacak keberadaannya.