Surat keputusan BSKAP 032/H/KR/2024 adalah revisi dari capaian pembelajaran CP PAUD kurikulum merdeka yang di dalamnya juga memuat CP untuk Dikdas (Pendidikan Dasar) dan Dikmen (Pendidikan Menengah). Surat Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (BSKAP) Nomor 032/H/KR/2024 ini isinya sama tentang capaian pembelajaran dalam implementasi kurikulum merdeka mulai jenjang paud hingga smk sederajat. Bagi ayah bunda yang belum sempat melihat paparan kurikulum merdeka kami sudah ringkaskan apa itu kurikulum merdeka.

Capaian Pembelajaran Revisi 11 Juni 2024

Perbaikan pertama ini dikeluarkan untuk merevisi keputusan kepala badan BSKAP (Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan) tentang capaian pembelajaran PAUD, SD, SMP, SMA, SMK kaitannya dengan implementasi kurikulum merdeka.

Jumlah lembar halaman PDF sebanyak 2.042 lembar pada 032/h/kr/2022 (beserta lampiran) dengan rincian :

  • Lembar SK : lembar 1-6
  • Lampiran I CP PAUD : lembar 7-18 PDF

Mengapa peraturan capaian pembelajaran PAUD kurikulum merdeka direvisi?

Berdasarkan konteks yang diberikan, tidak disebutkan secara eksplisit alasan mengapa capaian pembelajaran PAUD pada Kurikulum Merdeka direvisi. Namun, beberapa hal yang dapat disimpulkan adalah:

  • Adanya peraturan baru yaitu Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 8 Tahun 2024 tentang Standar Isi pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah. Peraturan baru ini kemungkinan menjadi dasar perlunya merevisi capaian pembelajaran PAUD.
  • Adanya Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 12 Tahun 2024 tentang Kurikulum pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah yang baru, sehingga capaian pembelajaran perlu disesuaikan.
  • Keputusan ini mencabut Keputusan Kepala Badan sebelumnya tentang Capaian Pembelajaran PAUD pada Kurikulum Merdeka, sehingga perlu ditetapkan keputusan baru yang mengacu pada peraturan terbaru.
Baca Juga:  Buku 4 Tahap Implementasi Kurikulum Merdeka

Jadi kemungkinan besar capaian pembelajaran PAUD direvisi untuk menyesuaikan dengan peraturan dan kurikulum terbaru yang ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi pada tahun 2024.

Capaian Pembelajaran PAUD

BSKAP 032/H/KR/2024 Revisi Capaian Pembelajaran CP PAUD Terbaru

Secara umum, dapat dikatakan stimulasi bertujuan agar anak bertumbuh kembang optimal secara holistik dan siap bersekolah. Diharapkan mereka kelak membentuk pribadi yang dicita-citakan dalam profil pelajar Pancasila, yaitu sebagai pelajar sepanjang hayat yang kompeten, berkarakter, dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila.

Proses membangun pengetahuan anak terjadi ketika ia sedang bermain dan berinteraksi dengan lingkungannya secara aktif. Proses tersebut berupa desain lingkungan belajar yang sesuai dari satuan PAUD (TK/RA/BA, KB, SPS, TPA) serta tantangan dan dukungan yang diberikan bagi tiap anak oleh pendidik untuk memastikan anak memperoleh kemampuan-kemampuan baru.

Download SK BSKAP 032/H/KR/2024 Revisi CP

Surat keputusan BSKAP 032/H/KR/2024 versi revisi dan juga capaian pembelajaran kurikulum merdeka sebelumnya tersedia melalui tabel berikut. Regulasi CP (Capaian Pembelajaran) PAUD Kurikulum Merdeka:

NoRegulasi CP PAUDJumlah LembarStatusLink Download
1BSKAP No. 032/H/KR/2024
(11 Juni 2024)
2.042BerlakuFile Disini
2BSKAP No. 1152/H3/SK.02.01/2023
(4 September 2023)
234ObsoleteFile Disini
3BSKAP No. 033/H/KR/2022
(7 Juni 2022)
1.822ObsoleteFile Disini
4BSKAP No. 008/H/KR/2022
(15 Februari 2022)
1.076ObsoleteFile Disini

Obsolete adalah Kadaluarsa, Sudah Tidak Berlaku, jadi tidak dipakai lagi ya. Download Saja File yang Statusnya Masih Berlaku

Preview Dokumen :



Manfaat Bermain dalam Tujuan Pembelajaran PAUD

Bermain bagi anak usia dini adalah belajar, yang didukung dengan masukan dari orang lain yang lebih berpengalaman di sekitarnya (pendidik, orang tua/wali, saudara yang lebih tua, dan sebagainya). Anak bertindak dari perilaku bermain dan model yang dicontohkan oleh orang dewasa atau anak-anak yang lebih tua.

Baca Juga:  RPP PAUD Kurikulum Merdeka = Modul Ajar PAUD 2022

Mereka mengajukan pertanyaan untuk belajar lebih banyak, dan dapat dirangsang untuk belajar lebih banyak melalui dukungan dari orang dewasa yang terlibat, atau anak-anak yang lebih tua yang menanggapi minat anak, menjelaskan berbagai hal, mengajari mereka kata-kata untuk berbicara tentang apa yang mereka lakukan, dan mendorong anak untuk mengeksplorasi lebih cermat, atau berpikir lebih dalam. Bermain secara alami dan spontan yang berasal dari ide-ide anak merupakan kegiatan belajar yang menyenangkan yang dengan dukungan yang tepat, akan mengarah pada pembelajaran yang lebih dalam dan bermakna bagi anak tentang diri mereka dan dunianya. Melalui bermain, anak-anak

menampilkan hal-hal yang ia ketahui tentang dunianya yang memberikan kesempatan yang tepat bagi pendidik atau orang tua/wali, untuk menstimulasi anak mengambil langkah berikutnya, atau mencoba tantangan berikutnya agar mereka belajar lebih banyak.

Stimulasi bermain yang berkualitas, yang selaras dengan minat anak dan menantang secara tepat akan memberikan kesempatan kepada anak untuk menunjukkan pengenalan tentang dirinya sebagai anak Indonesia, dan mendemonstrasikan kemampuannya dalam mengeksplorasi, memecahkan masalah, berpikir dan mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila. Anak tersebut akan memiliki kesadaran terhadap alam dan lingkungan, serta tumbuh dan berkembang menjadi anak yang kreatif, bugar, sehat, serta dapat berkomunikasi dan berekspresi dengan bahasa dan seni.