SK BSKAP 008/H/KR/2022 tentang capaian pembelajaran kurikulum merdeka jenjang PAUD (TK/KB/TPA/SPS), SD, SMP/MTs sampai SMA/SMK. BSKAP adalah Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan dibawah naungan kementerian pendidikan. SK ini merupakan surat keputusan tentang penetapan CP dalam implementasi kurikulum merdeka.



Deskripsi File SK BSKAP 008/H/KR/2022

Keterangan mengenai file dapat dilihat dari beberapa hal berikut ini:

LEMBAR merujuk kepada nomor halaman yang ada pada PDF reader (aplikasi untuk membuka file PDF), jadi bukan nomor yang tercantum pada setiap halaman kertas.
  • Nama file PDF : 008_H_KR_2022 Salinan SK BSKAP Capaian Pembelajaran (Obsolete).pdf
  • Ukuran file PDF : 11.9 MB
  • Nama file Word : 008_H_KR_2022 Salinan SK BSKAP Capaian Pembelajaran (Obsolete).docx
  • Ukuran file Word : 1.66 MB
  • Jumlah halaman : 1.076 lembar
  • Lembar SK : 1-4
  • Lembar CP PAUD : 5-14 (Lampiran I)
  • Lembar CP SD/MI/Paket A, SMP/MTs/Paket B, SMA/MA/Paket C : 15-148 (Lampiran II)
  • Lembar CP SMK/MAK : 149-692 (Lampiran III)
  • Lembar CP SDLB, SMPLB, SMALB : 693-1076 (Lampiran IV)

Lingkup Capaian Pembelajaran PAUD

Pembelajaran di PAUD (TK/RA/BA, KB, SPS, TPA) adalah pembelajaran yang mengintegrasikan semua aspek perkembangan anak dengan penekanan pada kesejahteraannya. Tujuan capaian pembelajaran di PAUD (TK/RA/BA, KB, SPS, TPA) adalah memberikan arah yang sesuai dengan usia perkembangan anak pada semua aspek perkembangan anak (nilai agama-moral, fisik motorik, emosi-sosial, bahasa, dan kognitif) dan menarasikan kompetensi pembelajaran yang diharapkan dicapai anak pada akhir PAUD (TK/RA/BA, KB, SPS, TPA), agar anak siap mengikuti jenjang pendidikan selanjutnya.

Lingkup capaian pembelajaran di PAUD (TK/RA/BA, KB, SPS, TPA) mencakup tiga elemen stimulasi yang saling terintegrasi. Tiga elemen stimulasi tersebut merupakan elaborasi aspek-aspek perkembangan nilai agama dan moral, fisik motorik, kognitif, sosial emosional, bahasa, dan nilai Pancasila serta bidang-bidang lain untuk optimalisasi tumbuh kembang anak sesuai dengan kebutuhan pendidikan abad 21 dalam konteks Indonesia. Tiap elemen stimulasi mengeksplorasi aspek-aspek perkembangan secara utuh dan tidak terpisah.

Baca Juga:  Beda CP, Tujuan Pembelajaran TP dan Tujuan Kegiatan

Ketiga elemen stimulasi tersebut adalah:

  1. Nilai agama dan budi pekerti, yang mencakup kemampuan dasar-dasar agama dan akhlak mulia;
  2. Jati diri mencakup pengenalan jati diri anak Indonesia yang sehat secara emosi dan sosial dan berlandaskan Pancasila, serta memiliki kemandirian fisik.
  3. Dasar-dasar Literasi, Matematika, Sains, Teknologi, Rekayasa, dan Seni yang mencakup kemampuan memahami berbagai informasi dan berkomunikasi serta berpartisipasi dalam kegiatan pra-membaca. Setiap elemen stimulasi harus digunakan sebagai dasar untuk mengeksplorasi aspek perkembangan anak secara keseluruhan, bukan secara terpisah.

Pada akhir fase fondasi, anak menunjukkan kegemaran mempraktikkan dasar-dasar nilai agama dan budi pekerti; kebanggaan terhadap dirinya; dasar-dasar kemampuan literasi, matematika, sains, teknologi, rekayasa, dan seni untuk membangun sikap positif terhadap belajar dan kesiapan untuk mengikuti pendidikan dasar.



SK BSKAP 008/H/KR/2022 Capaian Pembelajaran Kurikulum Merdeka

Download CP 008/H/KR/2022

Ayah bunda dapat mengunduh surat keterangan BSKAP nomor 008/H/KR/2022 tentang capaian pembelajaran melalui tautan berikut ini dengna format PDF dan juga DOCX silahkan dipilih :

Preview CP 008/H/KR/2022

Kenapa Capaian Pembelajaran PAUD ?

Penyusunan Capaian Pembelajaran di Pendidikan Anak Usia Dini (TK/RA/BA, KB, SPS, TPA) dapat dimaknai sebagai sebuah tanggapan terhadap adanya kebutuhan untuk menguatkan peran PAUD (TK/RA/BA, KB, SPS, TPA) sebagai fondasi jenjang pendidikan dasar.

Capaian Pembelajaran merupakan masukan kurikulum yang digunakan oleh satuan PAUD (TK/RA/BA, KB, SPS, TPA) dalam merancang pembelajaran sehingga dapat mencapai STPPA. Capaian Pembelajaran memberikan kerangka pembelajaran yang memandu pendidik di satuan PAUD (TK/RA/BA, KB, SPS, TPA) dalam memberikan stimulasi yang dibutuhkan oleh anak usia dini.

Pemberitahuan:

Tersedia versi revisi yaitu SK 033/H/KR/2022

Secara umum, dapat dikatakan stimulasi bertujuan agar anak bertumbuh kembang optimal secara holistik dan siap bersekolah. Diharapkan mereka kelak membentuk pribadi yang dicita-citakan dalam profil pelajar Pancasila, yaitu sebagai pelajar sepanjang hayat yang kompeten, berkarakter, dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila.

Baca Juga:  Pelaksanaan Tahap Siap Kurikulum Merdeka

Proses membangun pengetahuan anak terjadi ketika ia sedang bermain dan berinteraksi dengan lingkungannya secara aktif. Proses tersebut berupa desain lingkungan belajar yang sesuai dari satuan PAUD (TK/RA/BA, KB, SPS, TPA) serta tantangan dan dukungan yang diberikan bagi tiap anak oleh pendidik untuk memastikan anak memperoleh kemampuan-kemampuan baru.



penawaran kerjasama paud jateng