Contoh Pembelajaran Saintifik PAUD Nilai Agama dan Moral



Contoh Pembelajaran Saintifik PAUD Nilai Agama dan Moral. Kali ini disediakan contoh pembelajaran PAUD metode saintifik untuk lingkup pengembangan nilai agama dan moral anak usia dini.

Pengertian pembelajaran saintifik sudah dijelaskan bisa klik disini untuk melihat lagi. Pembelajaran dengan pendekatan saintifik diterapkan di lembaga PAUD untuk melanjutkan perilaku belajar yang telah dimiliki anak. Hal ini penting untuk membantu anak memahami dunia sekitarnya. Proses mengumpulkan, mengolah informasi dan mengomunikasikan yang diketahuinya merupakan langkah pengembangan berpikir kritis.

Anak adalah seorang peneliti. Semua yang ada di sekitarnya menarik perhatiannya. Anak akan memperhatikan, meneliti, mencoba, dan bertanya. Cara belajar alamiah tersebut dikukuhkan menjadi pendekatan saintifik. Pendekatan saintifik merupakan upaya untuk mengembangkan dan meneruskan perilaku positif tersebut. Pendekatan saintifik adalah proses pembelajaran yang dirancang agar peserta didik secara aktif dapat mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar, dan mengomunikasikan.

Penerapan pendekatan saintifik yang baik akan menumbuhkan kemampuan berpikir anak.



contoh pembelajaran saintifik, implementasi pembelajaran saintifik paud, penerapan pembelajaran saintifik paud, saintifik paud kurikulum 2013

Contoh Pembelajaran Saintifik PAUD Nilai Agama dan Moral

Pada kegiatan pijakan sebelum bermain, terjadi percakapan antara anak-anak dan Bu Dewi.

Ita : “Bunda, tadi Dito tidak mau mengucapkan salam”. Itu kan tidak boleh ya, Bunda? Kata mamaku tidak sopan.”

Bu Dewi : “Oh begitu, kenapa Dito tidak mau mengucapkan salam?”

Dito : “Pokoknya tidak mau.”

Bu Dewi : ”Teman-teman kenapa kita harus mengucap salam?”

Sinta : “Biar teman kita banyak, Bunda”

Fifi : “Biar teman-teman tahu kalau kita sudah datang Bunda. Kalau kita diam saja, kan teman yang lain tidak tahu kita sudah datang”

Bu Dewi: “Betul semuanya. Kalau kita mengucapkan salam, kita mendoakan teman kita. Jadi teman kita akan semakin banyak. Kalau mempunyai teman yang banyak, rasanya bagaimana?”

Usman : “Senang Bunda, kemana-mana ada teman bermainnya, seperti aku.”

Tiko  : Kalau begitu, Dito nanti tidak punya banyak teman, Dito mau?”

Dito tampak menggelengkan kepala dan berkata “Aku tidak mau.”

Pada kegiatan diskusi tadi, anak-anak telah melakukan kegiatan pengamatan, melakukan proses diskusi untuk menemukan jawaban dan menemukan solusi dari permasalahan yang ada.

Contoh Penerapan Pembelajaran Saintifik Kurikulum PAUD 2013 Lainnya

Berikut ini adalah contoh implementasi atau penerapan model pembelajaran saintifik untuk anak usia dini (PAUD) lengkap di 6 aspek perkembangan anak :

  1. Contoh Pembelajaran Saintifik PAUD Aspek Moral dan Agama
  2. Contoh Pembelajaran Saintifik PAUD Sosial Emosional
  3. Contoh Pembelajaran Saintifik PAUD Seni
  4. Contoh Pembelajaran Saintifik PAUD Bahasa
  5. Contoh Pembelajaran Saintifik PAUD Fisik Motorik
  6. Contoh Pembelajaran Saintifik PAUD Kognitif