Contoh Metode Saintifik PAUD Pengembangan Bahasa



Contoh Metode Saintifik PAUD Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini. Contoh penerapan pembelajaran saintifik Kurikulum PAUD 2013 untuk lingkup pengembangan bahasa anak.

Anak diberi kesempatan untuk mencari, menemukan, menentukan pilihan, mengemukakan pendapat, dan aktif melakukan serta mengalami sendiri Anak sebagai pusat pembelajaran, artinya:

  1. Kegiatan pembelajaran direncanakan dan dilaksanakan untuk mengembangkan seluruh potensi fisik dan psikhis anak.
  2. Kegiatan pembelajaran dilaksanakan dengan cara yang menyenangkan sesuai dengan cara berpikir dan perkembangan kognitif anak.
  3. Pembelajaran PAUD berorientasi pada anak, bukan pemenuhan keinginan lembaga/guru/orang tua.

Guru harus mampu menciptakan kegiatan-kegiatan yang menarik dan membangkitkan rasa ingin tahu anak, memotivasi anak untuk berfikir kritis, dan kreatif. Pembelajar aktif berarti anak belajar, melakukan atas dasar idenya bukan hanya mengikuti instruksi atau arahan guru. Pembelajaran aktif tidak hanya aktif anggota tubuhnya, tetapi yang penting juga aktif proses berpikirnya.

Pengertian dan Definisi Model Pembelajaran Saintifik PAUD Kurikulum 2013 Klik Disini.



Contoh Metode Saintifik PAUD Pengembangan Bahasa contoh pembelajaran saintifik, implementasi pembelajaran saintifik paud, penerapan pembelajaran saintifik paud, saintifik paud kurikulum 2013

Contoh Metode Saintifik PAUD Pengembangan Bahasa

Contoh penerapan pendekatan saintifik bagi lingkup perkembangan bahasa

“Sinta-sinta, ada semut lho di nama kamu.” Kata Fifi sambil menunjuk huruf S pada kartu nama Sinta yang ditempel di papan nama. “Tuh kan, sama.” Kata Fifi sambil menunjuk tulisan S E M U T yang ditempel di dinding.

Sinta dan Fifi menghampiri Bu Dewi dan bertanya, “Bunda, Sinta dan Semut sama ya?”

Bu Dewi ganti bertanya, “Apa nya yang sama?”

Fifi memegang tangan Bu Dewi dan menariknya ke papan nama, “Ini lho Bunda, sama kan?” kata Fifi sambil menunjuk huruf S di kartu nama Sinta dan huruf S pada tulisan SEMUT.

Bu Dewi mengatakan, “ Betul Fifi, itu huruf S. Selain semut dan sinta, kata apalagi ya yang diawali huruf S, Sssss….?” kata Bu Dewi pada Sinta dan Fifi. “Sendal Bunda,” kata Sinta. “Sssss…..selang Bunda, Ssss……. senam.” Timpal Fifi.

Beberapa saat kemudian, Sinta mengambil playdough dan memilinnya menjadi huruf S. Dia menunjukkan dan mengatakan, “Bunda, ini namaku.”

Dalam kegiatan di atas, anak menemukan huruf S melalui proses sainstifik, mengamati, menanya, mengumpulkan informasi dari bahan yang ada di lingkungan, mengasosiasi, dan mengomunikasikan.

Contoh Penerapan Pembelajaran Saintifik Kurikulum PAUD 2013 Lainnya

Berikut ini adalah contoh implementasi atau penerapan model pembelajaran saintifik untuk anak usia dini (PAUD) lengkap di 6 aspek perkembangan anak :

  1. Contoh Pembelajaran Saintifik PAUD Aspek Moral dan Agama
  2. Contoh Pembelajaran Saintifik PAUD Sosial Emosional
  3. Contoh Pembelajaran Saintifik PAUD Seni
  4. Contoh Pembelajaran Saintifik PAUD Bahasa
  5. Contoh Pembelajaran Saintifik PAUD Fisik Motorik
  6. Contoh Pembelajaran Saintifik PAUD Kognitif