Contoh Penerapan Saintifik PAUD Perkembangan Fisik Motorik



Contoh Penerapan Saintifik PAUD Perkembangan Fisik Motorik. Contoh implementasi pembelajaran saintifik PAUD untuk lingkup pengembangan fisik dan motorik anak usia dini sesuai dengan Kurikulum PAUD 2013.

Pemberian rangsangan Pendidikan dan pembelajaran diarahkan untuk mengembangkan kecakapan hidup anak. Kecakapan hidup yang dimaksud adalah kemampuan untuk menolong diri sendiri, sehingga anak tidak tergantung secara fisik maupun pikiran kepada orang lain. Pengembangan kecakapan hidup dilakukan secara terpadu baik melalui pembiasaan, keteladanan, maupun kegiatan terprogram.

Guru harus mampu menciptakan kegiatan-kegiatan yang menarik dan membangkitkan rasa ingin tahu anak, memotivasi anak untuk berfikir kritis, dan kreatif. Pembelajar aktif berarti anak belajar, melakukan atas dasar idenya bukan hanya mengikuti instruksi atau arahan guru. Pembelajaran aktif tidak hanya aktif anggota tubuhnya, tetapi yang penting juga aktif proses berpikirnya.

Pengenalan dan dasar pemahaman model pembelajaran saintifik PAUD lihat disini.



Contoh Penerapan Saintifik PAUD Perkembangan Fisik Motorik contoh pembelajaran saintifik, implementasi pembelajaran saintifik paud, penerapan pembelajaran saintifik paud, saintifik paud kurikulum 2013

Contoh Penerapan Saintifik PAUD Perkembangan Fisik Motorik

Contoh penerapan pendekatan saintifik bagi lingkup perkembangan fisik motorik

Winda tampak sedang mengejar beberapa kupu-kupu yang beterbangan di antara bunga-bunga di halaman PAUD. Kemudian Winda mendekati Bu Sinta dan bertanya “Bunda, kupu-kupu kok bisa terbang? Kenapa aku nggak bisa terbang Bunda?”, Bu Sinta menjawab, “Coba kita lihat kupu-kupu yuk. Coba Winda perhatikan, kupu-kupu terbang menggunakan apa?”

“Menggunakan sayap Bunda.” Jawab Winda

“Kalau Winda, punya sayap tidak?’ bu Sinta bertanya

“Aku punya tangan Bunda, bukan sayap.” Kemudian Bu Sinta bertanya, “Apa ya bedanya tangan dan sayap?”
“Kalau tanganku untuk mengambil makanan, untuk memegang balok, meremas playdough Bunda.” Kata Winda

Bu Sinta menjawab,”Ya, untuk apalagi?” “Bisa membuat bulatan Bunda.” Jawab Sinta

“Masih ada lagi tidak? Tanya Bu Sinta

“Banyak sih, bisa untuk menulis namaku, bisa untuk memegang gelas, bisa untuk menarik mobil-mobilan, banyak Bunda.”

“Ya, kalau sayap burung, bagaimana? Sama tidak dengan tangan kita?”

“Hmm, kalau sayap untuk terbang Bunda, tapi nggak bisa untuk mengambil makanan?’ jawab Winda

“Jadi kenapa ya Winda tidak bisa terbang?” tanya Bu Sinta

“Ya, karena aku tidak punya sayap Bunda, tapi aku punya tangan, aku senang punya tangan. Aku bisa bermain apa saja.” Jawab Winda.

“Ya Winda, alhamdulillah kita punya tangan. Kita bisa melakukan baanyaaaak hal dengan tangan. Tapi Tuhan juga memberi burung dengan sayap yang luar biasa. Dia bisa terbang kemana-mana dengan sayapnya. Nah, karena Tuhan sudah memberi kita karunia berupa tangan, perlu dirawat tidak tangan kita?” tanya Bu Sinta

“Ya Bunda, aku merawat tanganku lho, aku kan rajin mencuci tangan.” Jawab Winda

“Alhamdulillah Bunda senang Winda pintar merawat tangan mu nak.” Tutur Bu Sinta

Contoh Penerapan Pembelajaran Saintifik Kurikulum PAUD 2013 Lainnya

Berikut ini adalah contoh implementasi atau penerapan model pembelajaran saintifik untuk anak usia dini (PAUD) lengkap di 6 aspek perkembangan anak :

  1. Contoh Pembelajaran Saintifik PAUD Aspek Moral dan Agama
  2. Contoh Pembelajaran Saintifik PAUD Sosial Emosional
  3. Contoh Pembelajaran Saintifik PAUD Seni
  4. Contoh Pembelajaran Saintifik PAUD Bahasa
  5. Contoh Pembelajaran Saintifik PAUD Fisik Motorik
  6. Contoh Pembelajaran Saintifik PAUD Kognitif