Panduan Penilaian Hasil Pembelajaran PAUD Kurikulum 2013



Kupas Tuntas Panduan Penilaian Hasil Pembelajaran PAUD Kurikulum 2013. Penilaian PAUD (TK KB TPA SPS) adalah hal yang harus dilakukan untuk mengetahu sejauh mana perkembangan anak usia dini.

Penilaian dan pelaporan perkembangan anak usia dini merupakan bagian penting dalam rangkaian pelaksanaan pendidikan anak usia dini. Penilaian dan pelaporan memiliki banyak makna dan tujuan, yang utamanya berpusat pada bagaimana memahami dan mengetahui perkembangan yang dicapai anak setelah mendapatkan rangsangan pembelajaran.

Penilaian pada pendidikan anak usia dini bersifat proses sehingga tidak hanya dilaksanakan satu atau dua kali pada waktu tertentu saja, tetapi secara berkesinambungan dan terus-menerus.

Penilaian pada pendidikan anak usia dini dilaksanakan pada saat anak bermain, berinteraksi dengan teman atau guru, saat anak mengomunikasikan pikiran melalui hasil karyanya. Hal penting yang harus dipahami dan dirubah pemahaman guru bahwa hasil karya anak bukan untuk dinilai bagus tidaknya tetapi untuk dianalisa kemajuan perkembangan yang di capai anak.



Penilaian perkembangan dalam pendidikan anak usia dini bukan hal yang sederhana karena banyak faktor yang perlu diperhatikan pada saat pengumpulan fakta, analisa terhadap perilaku anak saat bermain, dan analisa hasil karya anak.

Keseriusan, ketelitian mengamati dan objektivitas di dalam pengelolaan fakta tanpa dicampuri dengan asumsi-asumsi, menjadi data yang mampu menggambarkan siapa dan bagaimana anak sesungguhnya. Data-data inilah yang kemudian dikomunikasikan kepada orang tua sebagai laporan untuk ditindaklanjuti bersama, baik di satuan PAUD maupun pengasuhan di rumah.

Kupas Tuntas Cara Penilaian Hasil Pembelajaran PAUD TK KB Kurikulum 2013. cara penilaian paud cara penilaian anak paud cara penilaian raport anak paud cara menilai anak paud cara penilaian di paud alat dan cara penilaian di paud

Kupas Tuntas Penilaian Hasil Pembelajaran PAUD Kurikulum 2013

Berikut ini adalah tulisan singkat tentang kupas tutnas panduan penilaian hasil pembelajaran PAUD yang dapat digunakan oleh para guru di sekolah PAUD :

  1. Pengertian Penilaian Hasil Belajar Anak Usia Dini (PAUD), Lihat Disini
  2. 4 Proses Penilaian PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), Lihat Disini
  3. Manfaat Penilaian PAUD Bagi Anak, Guru dan Orangtua, Klik Disini
  4. 8 Prinsip Penilaian Hasil Belajar Anak Usia Dini (PAUD), Klik Disini
  5. Pengertian Penilaian Otentik PAUD & Lingkup Penilaian, Baca Disini

Sistematika Penilaian Hasil Belajar Anak PAUD

Setelah mengetetahui penjelasan dasar atau pengantar penilaian hasil belajar PAUD,. selanjutnya bagaima sih cara melakukan penilaian di PAUD?

Okehh ayah bunda sekalian, penilaian di PAUD dimulai dari PENILAIAN HARIAN dimana di dalam penilaian harian ini digunakan 3 (tiga) teknik penilaian yaitu menggunakan :

  1. Catatan Anekdot Anak PAUD Kurikulum 2013, Klik Disini
  2. Catatan Hasil Karya Anak Penilaian PAUD K-13, Klik Disini.. dan
  3. Skala Capaian Perkembangan PAUD (Rating Scale)Klik Disini

Dari ketiga format penilaian harian PAUD tersebut selanjutnya dibuatlah Buku Portofolio PAUD.

Nah berawal dari portofolio anak tersebut, berikutnya ayah bunda membuat PENILAIAN BULANAN silahkan Baca Disini untuk lebih detil (Laporan mingguan sudah diakomodir di dalam laporan bulanan sehingga tidak perlu dibuat lagi).

Tahap terakhir, dari Laporan Bulanan PAUD, ayah bunda perlu mengakumulasi keseluruhan nilai hasil pembelajaran yang ada untuk dituangkan ke dalam Laporan Semester atau Raport PAUD. Silahkan Baca Disini untuk tata cara membuat Raport PAUD Kurikulum 2013.

RAPORT PAUD
Ayah bunda dapat membuat Laporan Penilaian Perkembangan Anak (LPPA) menggunakan format LPPA Raport PAUD by PAUD JATENG atau menggunakan LPPA Raport PAUD Sesuai Pedoman, atau menggunakan LPPA Raport PAUD versi ayah bunda sendiri yang tetap memuat aspek penilaian yang ada di dalam pedoman penilaian PAUD Kurikulum 2013. Semoga bermanfaat!