Cara Membuat Laporan PAUD Kurikulum 2013 (Raport PAUD)



LAPORAN SEMESTER PAUD alias Laporan Hasil Pembelajaran PAUD –Cara Membuat Laporan PAUD Kurikulum 2013 (Raport PAUD). Pelaporan merupakan kegiatan mengomunikasikan dan menjelaskan hasil penilaian tentang perkembangan anak setelah mengikuti layanan/kegiatan pembelajaran di satuan PAUD.

Cara Membuat Laporan PAUD atau Raport PAUD cukup mudah, ayah bunda perlu mengumpulkan data penilaian dari mulai penilaian harian, mingguan, dan bulanan. Lihat alur penilaian sebagai berikut:

Penilaian Harian >> Penilaian Bulanan >> Penilaian Semester (Laporan LPPA = Raport PAUD)

Etika Pelaporan Hasil Pembelajaran PAUD

Pelaporan adalah kegiatan mengomunikasikan hasil penilaian tentang tingkat pencapaian perkembangan. Pelaporan berupa deskripsi pertumbuhan fisik dan perkembangan kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan anak.



Laporan perkembangan anak didik dibuat secara tertulis oleh guru. Penyampaian laporan dilakukan secara tatap muka sehingga dimungkinkan adanya hubungan dan informasi timbal balik antara pihak lembaga dengan orang tua.

Dalam pelaksanaan kegiatan ini hendaknya kerahasiaan data atau informasi dijaga, artinya bahwa data atau informasi tentang anak didik hanya diinformasikan dan dibicarakan dengan orang tua anak didik yang bersangkutan atau tenaga ahli dalam rangka bimbingan selanjutnya.

Para orang tua ingin tahu tentang kondisi perkembangan anaknya tetapi juga memiliki keterbatasan waktu, karena itu saat bertemu lebih difokuskan pada hal-hal berikut:

  1. Keadaan anak waktu belajar secara fisik, sosial, dan emosional.
  2. Partisipasi anak dalam mengikuti kegiatan di lembaga PAUD.
  3. Kemampuan/kompetensi yang sudah dan belum dikuasai anak.
  4. Hal-hal yang harus dilakukan orang tua untuk membantu dan mengembangkan anak lebih lanjut.
LAPORAN SEMESTER PAUD alias Laporan Hasil Pembelajaran PAUD --Cara Membuat Laporan PAUD Kurikulum 2013 (Raport PAUD).

Jenis Pelaporan Hasil Pembelajaran PAUD

Pelaporan hasil perkembangan anak dapat dibedakan menjadi laporan insidental dan laporan berkala.

  1. Pelaporan berkala disesuaikan dengan jadwal kalender akademik yang ditetapkan satuan PAUD.
  2. Pelaporan secara insidental disampaikan apabila ada hal-hal yang terkait dengan perkembangan anak yang dianggap penting untuk segera dibicarakan bersama dengan orang tua. Laporan insidental dapat disampaikan secara lisan atau dicatat dalam buku penghubung.

Waktu pelaporan PAUD

Pemberian laporan dapat dilakukan dalam jangka waktu tertentu seperti laporan triwulan atau enam bulan (satu semester).

Bentuk Pelaporan Semester PAUD / Raport PAUD

Kata yang lebih mudah untuk laporan semester PAUD adalah Raport PAUD. Sesuai dengan Kurikulum 2013 PAUD, laporan semester disampaikan dalam bentuk narasi, hasil rangkuman perkembangan anak didik sebagai dampak dari proses belajar selama satu semester.

Dalam menyusun ulasan (deskripsi) ditulis dengan kalimat yang efektif/ tidak terlalu rumit dan obyektif sehingga tidak menimbulkan persepsi yang salah bagi orang tua atau bagi yang berkepentingan terhadap Laporan Perkembangan Anak Didik.

Tata Cara Penulisan Laporan Semester PAUD / Raport PAUD

Laporan yang ditulis guru hendaklah dalam kalimat positif, jelas, mudah dipahami, serta menggunakan tata bahasa dan ejaan yang benar. Tatacara penulisan laporan sebagai berikut:

  1. Menggunakan bahasa yang mudah dipahami, dengan kalimat positif dan santun
  2. Memberikan informasi tentang tingkat pencapaian dan perkembangan hasil belajar anak secara nyata (bersumber pada data otentik, tidak mengada-ada).
  3. Isi laporan menggambarkan kemajuan perkembangan anak yang telah mencapai BSH dan BSB di setiap indikator pada kompetensi dasar program pengembangan
  4. Memberikan rekomendasi yang dapat dilakukan orang tua untuk mengembangkan kemampuan anak yang indikator perkembangannya masih dalam BB dan MB.
  5. Laporan bersifat personal (individual) yang menggambarkan perilaku khusus anak di kelas.