Contoh Catatan Hasil Karya Anak Penilaian PAUD K-13



Contoh Catatan Unjuk Karya / Hasil Karya Anak Penilaian PAUD Kurikulum 2013. Pengertian Hasil karya adalah buah pikir anak yang dituangkan dalam bentuk karya nyata dapat berupa pekerjaan tangan, karya seni atau tampilan anak, misalnya: gambar, lukisan, lipatan, hasil kolase, hasil guntingan, tulisan/coretan-coretan, hasil roncean, bangunan balok, tari, hasil prakarya dll.

Catatan hasil karya anak usia dini adalah salah satu dari 3 teknik penilaian yang sering digunakan. Lihat 3 teknik penilaian PAUD kurikulum 2013 KLIK DISINI

Rambu-rambu membuat Catatan Hasil Karya Anak.

Ada 5 (lima) hal yang harus diperhatikan dalam membuat hasil karya anak PAUD yaitu sebagai berikut :

PERTAMA
Tuliskan nama dan tanggal hasil karya tersebut dibuat. Data ini diperlukan untuk melihat perkembangan hasil karya yang dibuat anak di waktu sebelumnya.



KEDUA
Tanyakan kepada anak tentang hasil karya yang dibuatnya tanpa asumsi guru. Misalnya Dona membuat gambar banyak kepala dengan berbagai warna. Maka yang dikatakan guru adalah: ”ada banyak gambar yang sudah kamu buat, bisa diceritakan gambar apa saja? warna apa saja yang kamu pakai?” dst.

KETIGA
Tuliskan semua yang dikatakan oleh anak untuk mengkonfirmasi hasil karya yang dibuatnya agar tidak salah saat guru membuat interpretasi karya tersebut.

KEEMPAT
Catatan dan hasil karya anak disimpan dalam portofolio dan akan dianalisa dalam penilaian bulanan. Hasil karya yang dianalisa adalah hasil karya yang terbaik (menunjukkan tingkat perkembangan tertinggi) yang diraih anak. Hasil karya tersebut bisa yang paling akhir atau dapat pula yang ditengah bulan.

KELIMA
Perhatikan apa yang sudah dibuat oleh anak dengan teliti, hubungkan dengan indikator pada KD. Semakin guru melihat dengan rinci maka akan lebih banyak informasi yang didapatkan guru dari hasil karya anak tersebut.

Contoh Catatan Hasil Karya Anak Penilaian PAUD K-13

Untuk mempermudah pemahaman, kita ambil contoh misalkan pada suatu hari Khanza dan Jesica menyusun balok- balok unit secara vertikal berbentuk lingkaran memenuhi alas balok yang berbentuk lingkaran. Ada celah selebar satu unit balok yang kosong yang memisahkan rangkaian balok berbentuk lingkaran itu. Di tengah lingkaran berdiri tumpukan balok setengah unit yang ditumpuk ke atas sebanyak 4 kolom. Pada bagian paling atas ditaruh balok rongga berbentuk segitiga yang panjangnya sama dengan panjang 4 balok setengah unit.

Tugas Guru
Ajaklah anak untuk membangun balok sesuai dengan tema yang telah ditentukan. Berdiskusilah dengan anak, berikan gagasan tentang konsep bangunan. Dukung anak untuk mulai merencanakan bangunan yang akan dibangunnya. Setelah selesai membangun, mintalah anak untuk bercerita tentang bangunan tersebut!

Sumber belajar:
• Balok aneka bentuk
• Asesoris balok
• Alas geometri untuk membangun balok

Hasil belajar:
• Menyusun perencanaan kegiatan yang akan dilakukan.
• Berani mengemukakan pendapat.
• Mengungkapkan  keinginan, perasaan, dan pendapat dengan kalimat sederhana dalam berkomunikasi dengan anak atau orang dewasa.
• Mengenal benda dengan menghubungkan satu benda dengan benda yang lain.

Percakapan yang terjadi misalnya:
Setelah guru mengamati hasil bangunan anak, guru bertanya kepada Khanza dan Jesica, siswa TK B (usia 5 tahun):
Guru : ”Bangunan apa yang sedang kalian bangun?”
Khanza : ”Istana Putri.”
Guru : ”Mengapa kalian mengatakan ini istana putri?”
Khanza : ”Karena di dalam istana ini tinggal putri cantik.” (Sambil tangannya menunjuk ke bangunan tinggi di tengah lingkaran.)
Guru : ”Apa maksud diletakkan sebuah segitiga di atas rumah putri itu ?”
Khanza : ”Itu kan atapnya…”
Guru : ”Mengapa perlu diberi atas pada bagian atas rumah itu?”
Jesica : ”Agar putrinya tidak kehujanan dan tidak kepanasan.”
Guru : (sambil menunjuk celah di lingkaran) ”Kalau lubang sebesar satu balok unit di sini untuk apa ya ?”
Jesica : ”Itu kan pintu masuknya putri ke istananya.”

Contoh Catatan Hasil Karya Anak PAUD

Contoh berikut, nomor atau baris ke-1 diambil dari contoh kasus diatas :

Nama Anak : ……………………………….
Usia /Kelas  : ……………………………….

Contoh Catatan Hasil Karya Anak PAUD

Jika memungkinkan, setelah anak melakukan proses dalam menghasilkan karya, berikanlah kesempatan pada anak untuk menikmati karya tersebut. Ajaklah anak untuk memajang karyanya sebagai bentuk apresiasi terhadap karya tersebut.

Berbagai catatan dan hasil karya anak disimpan dalam portofolio untuk selanjutnya dianalisis. Hasil karya yang dianalisis dapat dipilih dari hasil karya yang terbaik (menunjukkan tingkat perkembangan tertinggi) yang diraih anak. Hasil karya tersebut bisa yang paling akhir atau dapat pula yang di tengah bulan

Contoh Data Catatan Hasil Karya Anak PAUD Bulanan

Dari catatan hasil karya harian dia atas, selanjutnya para guru PAUD mengolahnya ke dalam bentuk catatan hasil karya bulanan. Gunanya adalah disimpan di dalam Portofolio anak PAUD.

Perhatikan apa yang sudah dibuat oleh anak dengan teliti. Semakin guru mampu melihat dengan rinci maka akan lebih banyak informasi yang didapatkan guru dari hasil karya anak tersebut. Hubungkan dengan indikator pada KD, dan tuliskan capaian perkembangan kemampuan anak terhadap karya tersebut.

Hubungkan dengan indikator pada KD, dan tuliskan capaian perkembangan kemampuan anak terhadap karya tersebut.

Berikut ini adalah contoh catatan hasil karya bulanan PAUD:

contoh format catatan hasil karya bulanan PAUD:

Download Format Catatan Hasil Karya Anak PAUD

Ikuti link tautan berikut ini untuk download format doc yang dapat di edit langsung: