Contoh Format Checklist Skala Capaian Perkembangan PAUD



Skala Capaian Perkembangan Harian Anak –Contoh Format Ceklis Skala Capaian Perkembangan anak usia dini (PAUD). Pengertian Format checklist skala capaian perkembangan atau rating scale adalah checklist yang diturunkan dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) yang memuat indikator pencapaian perkembangan anak yang sudah ditetapkan sebelumnya dan indikator tersebut sudah tercantum di dalam RPPH.

skala capaian perkembangan harian anak paud

Skala Capaian Perkembangan merupakan salah satu dari tiga teknik penilaian harian PAUD (selain dengan menggunakan Catatan Hasil Karya dan Catatan Anekdot PAUD).

Cara Membuat Checklist Skala Capaian Perkembangan PAUD

Untuk membuat skala capaian perkembangan (rating scale) ayah bunda harus membuat Rencana Kegiatan Harian (RKH = RPPH) Kurikulum PAUD 2013. Pada RPPH tersebut telah ditentukan pula rancangan penilaian yang akan dilakukan? Nah, dalam RPPH tersebut memuat indikator pencapaian perkembangan yang akan dijadikan instrumen penilaian dalam bentuk ceklis..



Catatan: Ceklis dapat dibuat per anak dalam satu periode tertentu, atau dapat pula dibuat per periode dengan mencatat nama semua anak

Selanjutnya jika capaian perkembangan sudah didapatkan, ayah bunda membuat tabel yang memuat kolom nomor, indikator penilaian, dan juga nama anak yang dinilai. Untuk jumlah baris menyesuaikan kebutuhan saja, gambar di atas atau tabel berikut ini adalah contoh skala capaian perkembangan harian anak PAUD tk, kelompok bermain, dsb.

Contoh Ceklis Skala Capaian Perkembangan Anak PAUD

SKALA CAPAIAN PERKEMBANGAN HARIAN TK/ KB

Kelompok         : ………………………………….
Hari / Tanggal : ………………………………….

No Indikator Penilaian Dona Beni Nia Dewi Tia Ihsan Dst
1 Terbiasa mengucapkan rasa syukur terhadap ciptaan Tuhan 3 (BSH)            
2 Berdoa sebelum dan sesudah belajar 2 (MB)            
3 Terbiasa mencuci tangan dan menggosok gigi 2 (MB)            
4 Menyebutkan nama anggota tubuh dan fungsi anggota tubuh 3 (BSH)            
5 Terbiasa merawat diri sesuai tatacaranya 2 (MB)            
6 Terbiasa berlaku ramah 3 (BSH)            
7 Terbiasa mengikuti aturan 2 (MB)            
8 Mengelompokkan berdasarkan warna (merah, biru, kuning) 1 (BB)            
9 Menjawab pertanyaan terkait cerita yang dibacakan 3 (BSH)            
10 Menyanyikan lagu “Aku Ciptaan Tuhan” 3 (BSH)            

Download Rating Scale / Skala Capaian Perkembangan Harian Anak

Ayah bunda dapat mengunduh format skala capaian perkembangan harian untuk tk kelompok bermain ra dan satuan sejenis lainnya melalui link tautan berikut ini:

Download Skala Capaian Perkembangan PAUD, KLIK DISINI

Berikut ini adalah keterangan istilah yang ada pada tabel di atas:

  1. Indikator dalam format sesuai dengan tercantum dalam RPPH
  2. Setiap anak diukur ketercapaian perkembangannya sesuai dengan indikatornya.
  3. Kolom pencapaian perkembangan diisi dengan kategori 1 (BB), 2 (MB), 3 (BSH), dan 4 (BSB).
    1. 1 (BB) artinya Belum Berkembang: bila anak melakukannya harus dengan bimbingan atau dicontohkan oleh guru;
    2. 2 (MB) artinya Mulai Berkembang: bila anak melakukannya masih harus diingatkan atau dibantu oleh guru;
    3. 3 (BSH) artinya Berkembang Sesuai Harapan: bila anak sudah dapat melakukannya secara mandiri dan konsisten tanpa harus diingatkan atau dicontohkan oleh guru;
    4. 4 (BSB) artinya Berkembang Sangat Baik: bila anak sudah dapat melakukannya secara mandiri dan sudah dapat membantu temannya yang belum mencapai kemampuan sesuai indikator yang diharapkan.
  4. Contoh perilaku anak pada tingkat kemampuan “berdoa sebelum belajar”:
    1. 1 (BB) : Bila anak berdoa sebelum belajar baik lafal doa maupun sikapnya masih harus mendapatkan bimbingan dan atau dicontohkan oleh guru
    2. 2 (MB): Bila anak berdoa sebelum belajar baik lafal doa maupun sikapnya masih harus diingatkan oleh guru: ”Nia, kita berdoa dulu. Bagaimana sikap berdoanya?”
    3. 3 (BSH): Bila anak berdoa baik lafal doa maupun sikapnya sudah dimunculkan secara utuh, mandiri dan konsisten tanpa harus diingatkan oleh guru lagi.
    4. 4 (BSB): Bila anak berdoa baik lafal doa maupun sikapnya sudah dimunculkan secara utuh, mandiri, dan konsisten serta dapat mengingatkan temannya.