Menyusun Program Harian RKH RPH PAUD Kurikulum 2013



Menyusun Program Harian RKH RPH PAUD Kurikulum 2013. Rencana pelaksanaan pembelajaran harian (RPPH) atau RPH adalah perencanaan program harian yang akan dilaksanakan oleh pendidik/pengasuh pada setiap hari atau sesuai dengan program lembaga. Komponen RPPH, antara lain: tema/sub tema/sub-sub tema, alokasi waktu, hari/tanggal, kegiatan pembukaan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup.

Nama lain RPPH adalah :
RPH = Rencana Program Harian
RKH = Rencana Kegiatan Harian
SKH = Satuan Kegiatan Harian

RPPH atau RPH PAUD adalah perencanaan program harian yang akan dilaksanakan oleh pendidik/pengasuh pada setiap hari atau sesuai dengan program lembaga. Komponen RPPH, antara lain: tema/sub tema/sub-sub tema, alokasi waktu, hari/tanggal, kegiatan pembukaan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup.

Menyusun Program Harian RKH RPH PAUD Kurikulum 2013

  1. Disusun berdasarkan kegiatan mingguan. 
  2. Kegiatan harian berisi kegiatan pembuka, inti, dan penutup. 
  3. Pelaksanaan pembelajaran dalam satu hari dilaksanakan sesuai dengan prinsip-prinsip pembelajaran. 
  4. Penyusunan kegiatan harian disesuaikan dengan kondisi satuan pendidikan masing-masing dan menggunakan pendekatan saintifik. 
  5. Kegiatan harian dapat dibuat oleh satuan pendidikan dengan format sesuai kebutuhan masing-masing. 
Menyusun Program Harian RKH RPH PAUD Kurikulum 2013



Sedangkan untuk contoh program pembelajaran PAUD bisa dilihat melalui link tautan berikut ini :

Oleh karena itu, pendidik PAUD diharapkan mampu merancang, mengembangkan dan melaksanakan kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik, kebutuhan dan perkembangan peserta didik. Untuk membantu kemampuan Pendidik PAUD dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran, dipandang perlu menyusun modul Perencanaan Pelaksanaan Pembelajaran PAUD.

Semoga penjelasan singkat ini dapat memberi inspirasi pada para pendidik PAUD tentang bagimana menerapkan kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini dengan pendekatan saintifik.

Penerapan pembelajaran dengan pendekatan saintifik diharapkan mampu mengoptimalkan potensi anak, sehingga anak usia dini tumbuh dan berkembang menjadi sumber daya manusia yang mempuni, handal, kompetitif, kreatif, dan tangguh. Semoga menyusun Rencana Program Harian RPH PAUD Kurikulum 2013 ini bermanfaat. Bantu share ya ayah bunda, sebarkan informasi ini kepada seluruh pendidik PAUD.