Menyusun Program Tahunan PROTAH PAUD Kurikulum 2013



Menyusun Program Tahunan PROTAH PAUD Kurikulum 2013. Program tahunan disusun oleh lembaga PAUD berisi tentang rencana kegiatan yang mendukung kegiatan anak, yang akan dilaksanakan dari mulai awal tahun ajaran hingga akhir tahun ajaran.

Kegiatan tersebut terdiri dari kegiatan yang terkait dengan kurikulum (minggu belajar, libur, hari-hari istimewa), kegiatan yang menunjang kurikulum (kegiatan mendatangkan nara sumber, mengunjungi tempat yang terkait dengan tema, kegiatan bazaar anak, pentas seni anak, atau lainnya)  maupun kegiatan yang ke-orang tuaan/parenting  (pertemuan orang tua, open house, hari keluarga, dan sebagainya). Kegiatan tahunan ini disusun bersama dengan pendidik dan tenaga kependidikan di satuan PAUD, serta disosialisasikan kepada seluruh orang tua peserta didik.

Adapun perencanaan untuk anak usia dini secara garis besar terbagi atas rencana jangka panjang dan rencana jangka pendek. Rencana jangka panjang meliputi perencanaan kegiatan tahunan. Perencanaan jangka pendek adalah perincian kegiatan bulanan, mingguan dan harian.

Untuk setiap perencanaan dapat dilakukan perubahan dan pengembangan sesuai dengan kebutuhan perkembangan anak. Hal ini berarti bahwa kegiatan yang telah direncanakan sebelumnya sewaktu-waktu dapat berubah ketika anak menunjukkan minat tertentu pada saat pelaksanaan kegiatan dilakukan.



Menyusun Program Tahunan PROTAH PAUD Kurikulum 2013

Sedangkan untuk contoh program pembelajaran PAUD bisa dilihat melalui link tautan berikut ini :

Oleh karena itu, pendidik PAUD diharapkan mampu merancang, mengembangkan dan melaksanakan kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik, kebutuhan dan perkembangan peserta didik. Untuk membantu kemampuan Pendidik PAUD dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran, dipandang perlu menyusun modul Perencanaan Pelaksanaan Pembelajaran PAUD.

Semoga penjelasan singkat ini dapat memberi inspirasi pada para pendidik PAUD tentang bagimana menerapkan kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini dengan pendekatan saintifik.

Penerapan pembelajaran dengan pendekatan saintifik diharapkan mampu mengoptimalkan potensi anak, sehingga anak usia dini tumbuh dan berkembang menjadi sumber daya manusia yang mempuni, handal, kompetitif, kreatif, dan tangguh. Semoga menyusun Rencana Program Harian PROTAH PAUD Kurikulum 2013 ini bermanfaat. Bantu share ya ayah bunda, sebarkan informasi ini kepada seluruh pendidik PAUD.