Menyusun Program Semester Promes PAUD Kurikulum 2013



[ PROMES PAUD KURIKULUM 2013 ] Menyusun Program Semester PAUD TK KB TPA SPS Kurikulum 2013, Perencanaan Program Semester PAUD (TK KB TPA SPS) Kurikulum 2013 PAUD. Program Semester PAUD atau PROMES PAUD atau Perencanaan Semeter PAUD merupakan program pembelajaran yang berisi jaringan-jaringan tema yang ditata secara urut dan sistematis, alokasi waktu yang diperlukan untuk setiap jaringan tema dan sebarannya ke dalam semester 1 dan semester 2.

Perencanaan program semester berisi daftar tema satu semester termasuk alokasi waktu setiap tema dengan menyesuaikan hari efektif kalender pendidikan yang bersifat fleksibel.

Tema berfungsi sebagai wadah yang berisi bahan kegiatan untuk mengembangkan potensi anak dan menyatukan seluruh kompetensi dalam satu kesatuan yang lebih berarti, memperkaya wawasan dan perbendaharaan kata anak sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna.

Pendidik berperan sebagai fasilitator dan bertanggung jawab untuk menciptakan situasi yang dapat menumbuhkan prakarsa, motivasi dan tanggung jawab peserta didik untuk belajar. Di samping itu dalam mengelola kegiatan pembelajaran, pendidik hendaknya mampu mengembangkan pola interaksi dengan berbagai pihak yang terlibat di dalam pembelajaran  dan harus pandai memotivasi peserta didik untuk terbuka, kreatif, responsif, dan interaktif dalam kegiatan pembelajaran.



Kualitas pembelajaran dapat diukur dan ditentukan oleh sejauh mana kegiatan pembelajaran tertentu dapat menjadi alat perubah perilaku peserta didik ke arah yang sesuai dengan tujuan kompetensi yang telah ditetapkan.

Menyusun Program Semester PAUD TK KB TPA Kurikulum 2013

Oleh karena itu, pendidik PAUD diharapkan mampu merancang, mengembangkan dan melaksanakan kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik, kebutuhan dan perkembangan peserta didik. Untuk membantu kemampuan Pendidik PAUD dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran, dipandang perlu menyusun modul Perencanaan Pelaksanaan Pembelajaran PAUD.

Sedangkan untuk contoh program pembelajaran PAUD bisa dilihat melalui link tautan berikut ini :

Semoga penjelasan singkat ini dapat memberi inspirasi pada para pendidik PAUD tentang bagimana menerapkan kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini dengan pendekatan saintifik.

Penerapan pembelajaran dengan pendekatan saintifik diharapkan mampu mengoptimalkan potensi anak, sehingga anak usia dini tumbuh dan berkembang menjadi sumber daya manusia yang mempuni, handal, kompetitif, kreatif, dan tangguh.

Menyusun Program Semester PAUD Kurikulum 2013

Penentuan tema dapat dikembangkan oleh satuan PAUD atau mengacu pada contoh tema yang ada dalam Panduan atau baca di Kumpulan Contoh Tema dan Subtema Pembelajaran PAUD Kurikulum 2013. Langkah-langkah penyusunan program semester adalah sebagai berikut:

  1. membuat daftar tema satu semester;
  2. memilih, menata dan mengurutkan tema yang sudah dipilih
  3. menentukan alokasi waktu untuk setiap tema;
  4. menjabarkan tema kedalam sub tema dan dapat dikembangkan lebih rinci lagi menjadi sub-sub tema untuk setiap semester;
  5. mencermati Kompetensi Dasar (KD) yang sesuai dengan sub tema yang akan dikembangkan. 
  6. KD yang ditetapkan akan dipakai selama tema yang sama
  7. KD yang sudah dipilih untuk tema dapat dibagi ke dalam beberapa kelompok yang disesuaikan dengan sub tema.
  8. KD yang diambil untuk sub tema tersebut akan digunakan terus selama sub tema dibahas.
  9. KD yang sudah digunakan pada tema dan sub tema dapat diulang untuk digunakan kembali pada tema yang berbeda

Dalam menyusun perencanaan program semester, lembaga diberikan keleluasaan dalam menentukan format.