Cara Menyusun Program Mingguan RKM RPPM PAUD K-13



Menyusun Program Rencana Kegiatan Mingguan (RKM) PAUD TK KB TPA SPS Kurikulum 2013, menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM) PAUD TK KB TPA SPS sesuai Kurikulum 2013 PAUD yang menggunakan pendekatan saintifik.

Rencana Kegiatan Mingguan PAUD atau RKM PAUD atau Satuan Kegiatan Mingguan atau SKM atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan PAUD atau RPPM PAUD adalah intinya sama cuma beda istilalah dari kebijakan pemerintah dalam bidang PAUD, jadi RPPM sekarang adalah nama lain untuk :

  • RKM (Rencana Kegiatan Mingguan)
  • SKM (Satuan Kegiatan Mingguan)

Karena sekarang (2015) digunakan kurikulum 2013 PAUD maka sekarang kami akan menyebutnya dengan sebutan RPPM (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan) atau bisa disingkat RPM (Rencana Program Mingguan saja).

Perencanaan program mingguan adalah rencana kegiatan yang disusun untuk pembelajaran selama satu minggu. Perencanaan kegiatan mingguan dapat berbentuk jaringan tema (web). Jaringan tema berisi projek- projek yang akan dikembangkan menjadi kegiatan-kegiatan pembelajaran.



Pada akhir  satu atau beberapa tema dapat dilaksanakan kegiatan puncak tema yang  menunjukkan prestasi peserta didik.  Puncak tema dapat berupa kegiatan antara lain membuat kue/makanan, makan bersama, pameran hasil karya, pertunjukan, panen tanaman, dan kunjungan.

Penyusunan RPM PAUD memperhatikan hal-hal berikut:

  1. Diturunkan dari program  
  2. Berisi sub tema – KD – materi –  rencana kegiatan  
  3. Penyusunan kegiatan mingguan disesuaikan dengan strategi pengelolaan kelas (area, sentra, kelompok usia, sudut) yang ditetapkan masing-masing satuan PAUD.
Menyusun Program Mingguan RKM RPPM PAUD Kurikulum 2013
Sedangkan untuk contoh program pembelajaran PAUD bisa dilihat melalui link tautan berikut ini :
  1. Contoh Program Tahunan PROTAH PAUD TK/KB/TPA/SPS Kurikulum 2013
  2. Contoh Program Semester PROMES PAUD TK/KB/TPA/SPS Kurikulum 2013
  3. Contoh Program Mingguan RKM RPPM PAUD TK/KB/TPA/SPS Kurikulum 2013
  4. Contoh Program Harian RKH RPH PAUD TK/KB/TPA/SPS Kurikulum 2013
Dalam sebuah rencana pembelajaran mingguan RPPM PAUD berisi: (1) Identitas program layanan, (2) KD yang dipilih, (3) materi pembelajaran, dan (4) rencana kegiatan.

Identitas Program Mingguan RPPM PAUD Memuat:

  1. Nama Satuan PAUD adalah nama satuan PAUD yang menyusun RPPM
  2. Semester /bulan/minggu yang keberapa
  3. Tema/Sub Tema/Sub-sub Tema diambil dari tema/sub tema/sub- sub tema yang disusun di program semester.
  4. Kelompok usia anak diisi dengan kelompok sasaran program
Pada akhir satu atau beberapa tema dapat dilaksanakan kegiatan puncak tema. Puncak tema merupakan kegiatan penyimpul bagi anak-anak terkait dengan semua konsep, aktivitas yang dilakukan sepanjang tema berlangsung. 
Puncak tema dapat berupa kegiatan antara lain pameran hasil karya, kunjungan wisata, kegiatan bersama orangtua, panen bersama, pertunjukan sosio drama, bazar makanan dan minuman hasil masakan anak dan orangtua, dan lain-lain. 
Sebagai contoh ketika mengambil tema Sepeda, puncak tema dapat berupa kegiatan bersepeda gembira bersama keluarga. Ketika mengambil tema Kupu-kupu, kegiatan puncak temanya menanam tanaman bunga di sekitar halaman sekolah, atau melepas kupu- kupu hasil pembiakan anak.

Langkah-Langkah Menyusun Program Mingguan RKM RPPM PAUD Kurikulum 2013

Menetapkan Kompetensi Dasar (KD) Dalam RPPM PAUD

  1. KD yang ditetapkan dalam RPPM sesuai dengan KD yang sudah ditetapkan di Program Semester atau jika dipandang penting dapat dirubah sesuai kondisi.
  2. Komposisi KD yang diambil mewakili seluruh program pengembangan (nilai agama dan moral, fisik-motorik, kognitif, bahasa, sosial-emosional, dan seni)
  3. KD untuk sub tema atau sub-sub tema dapat diambil seluruhnya atau hanya sebagian dari KD yang ada di tema.
  4. KD yang sudah dipilih dapat diulang kembali untuk digunakan di tema lainnya.
  5. Penulisan KD dapat dituliskan dengan urutan angka atau dituliskan secara utuh.
  6. Penempatan KD dapat masuk ke dalam kolom atau ditulis di atas setelah identitas program.
CONTOH: KD untuk tema “Diriku” di program semester (Lihat Disini) terdiri dari:
–  1.1, 1.2, 3.1-4.1 (NAM),
–  2.1, 3.3-4.3, 3.4-4.4 (Fisik-Motr)
–  2.5, 2.6, 2.7, 2.8, 3.13-4.13 (Sosem),
–  2.2, 3.6-4.6, 3.7-4.7, 3.8-4.8 (kognitif),
–  2.13, 3,10-4.10, 3.11-4.11, 3.12-4.12 (bahasa),
–  3.15- 4.15 (seni)
KD yang terpilih untuk RPPM dengan Sub tema “tubuhku” terdiri
dari:
– 1.1, 3.1-4.1 (NAM)
– 2.1, 3.4-4.4 (Motr)
– 2.5, 2.6 (SDosem)
– 3.6-4.6 (Kog)
– 2.13, 3.10-4.10 (Bahasa)
– 3.15-4.15 (Seni)
Sub tema berikutnya dapat menggunakan KD sisanya atau mengulang KD yang sama.

Menetapkan Materi Pembelajaran Rencana Mingguan PAUD

  1. Materi pembelajaran diambil dari materi pembelajaran yang sudah dijabarkan di KTSP (lihat contoh)
  2. Banyaknya materi pembelajaran yang diambil disesuaikan dengan kemampuan belajar anak.
  3. Materi pengembangan sikap dimasukkan ke dalam SOP dan menjadi pembiasaan yang diterapkan sehari-hari sepanjang tahun.
  4. Materi pengembangan sikap yang telah dimasukkan ke dalam SOP terus diterapkan walaupun tidak lagi dicantumkan dalam RPPM.
  5. Materi pembelajaran dikaitkan dengan tema/ sub tema/ sub-sub tema.
  6. Materi pelajaran untuk satu tema/sub tema/ sub-sub tema akan diulang-ulang sesuai dengan alokasi waktu RPPM untuk penguatan kemampuan anak.
Contoh Materi Pembelajaran di KTSP:
KD 1.1 Mempercayai adanya Tuhan melalui ciptaannya
Contoh Materi pembelajaran untuk KD 1.1 adalah:
Mengetahui sifat Tuhan sebagai pencipta, mengenal ciptaan- ciptaan Tuhan, membiasakan mengucap-kan kalimat pujian terhadap ciptaan Tuhan.
Contoh Materi Pembelajaran yang diambil untuk RPPM sub tema diriku, Tubuhku ciptaan Tuhan.

Menetapkan Rencana Kegiatan Dalam RPPM PAUD

  1. Rencana kegiatan berisi beberapa rencana kegiatan yang dapat diikuti anak.
  2. Rencana kegiatan harus menarik dan membolehkan anak-anak untuk memilih dari banyak kegiatan yang disiapkan guru.
  3. Rencana kegiatan untuk 1 minggu harus bervariasi agar anak tidak bosan.
  4. Jumlah kegiatan yang disediakan setiap harinya minimal 4 kegiatan berbeda untuk tetap menjaga minat belajar anak dan agar anak memiliki pengalaman belajar yang beragam.
  5. Rencana kegiatan harus dapat mencerminkan pendekatan saintifik
  6. Rencana kegiatan memperhatikan model pembelajaran (area, sentra, sudut, kelompok dengan kegiatan pengaman) yang digunakan di setiap satuan PAUD.
  7. Rencana kegiatan untuk satu minggu memberi pengalaman nyata anak dengan bermain balok, drama, alam, dll.
  8. Materi pembelajaran diulang setiap harinya selama alokasi waktu yang ditetapkan di RPPM tetapi dengan kegiatan yang berbeda. Tujuannya agar anak dapat mencapai hasil belajar yang optimal dengan pengalaman belajar yang menarik sehingga tidak membosankan.
  9. Rencana Kegiatan disesuaikan dengan tema.
  10. Untuk menunjukkan kebermaknaan pelaksanaan pembelajaran tematik, setiap akhir tema dikuatkan dengan kegiatan puncak tema.
  11. Puncak tema dapat berupa kegiatan antara lain membuat kue/makanan, makan bersama, pameran hasil karya, pertunjukkan, panen tanaman dan kunjungan.
Setelah memahami cara menyusun rencana program harian PAUD melalui tulisan singkat di atas, selanjutnya ayah bunda kami ajak untuk melihat contoh RPPM PAUD Kurikulum 2013.