Permen 137 Tahun 2014 Standar Nasional PAUD + Lampiran



Download Permendikbud No 137 Tahun 2014 Standar Nasional PAUD dan Lampirannya 1 2 3 semua komplit format pdf. Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini (Standar PAUD) adalah kriteria tentang pengelolaan dan penyelenggaraan PAUD di Indonesia yang terbaru dan berlaku saat ini.

permendikbud 137 tahun 2014 tentang kurikulum 2013 paud pdf

Standar Nasional PAUD

Selaras dengan Permen No. 160 Tahun 2014 yang yang intinya PAUD wajib menyelenggarakan Kurikulum 2013 PAUD, Di dalam Permen tentang kurikulum 2013 yaitu Permendikbud 137 Tahun 2014 disebutkan bahwa PAUD memiliki standar yang merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan dalam pengelolaan penyelenggaraan PAUD yang menjadi acuan dalam pengembangan, implementasi, dan evaluasi kurikulum PAUD. Standar PAUD yang dimaksud adalah :

  1. Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak;
  2. Standar Isi;
  3. Standar Proses;
  4. Standar Penilaian;
  5. Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan;
  6. Standar Sarana dan Prasarana;
  7. Standar Pengelolaan; dan
  8. Standar Pembiayaan.

Permendikbud 137 tahun 2014 Menggantikian Permendiknas 58 tahun 2009 tentang Standar PAUD

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini sudah diharmonisasi antara tim ahli BSNP dengan tim ahli PUSKUR.



Peraturan ini merupakan PENGGANTI Permendiknas Nomor 58 Tahun 2009 tentang Standar PAUD

Permendikbud No. 137 Tahun 2014 ini sudah singkron dengan Kurikulum 2013 PAUD yang tetap diberlakukan untuk PAUD. Silahkan baca lebih jauh tentang Kurikulum PAUD 2013.

Di dalam Permendikbud No 137 Tahun 2014 juga terdapat 3 (tiga lampiran) sebagai berikut :

  • Lampiran 1, Standar Isi Tentang Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak
  • Lampiran 2, Kompetensi Pendidik (guru Paud, Guru Pendamping, Guru Pendamping Muda)
  • Lampiran 3, Kompetensi Tenaga Kependidikan

Download Permendikbud 137 Tahun 2014 dan Lampirannya

Semuanya dapat di download melalui link tautan berikut. Pastikan jika anda sudah download berisi file Permendikbud dan lampirannya (di dalam 1 file berikut ada 4 file).

Permendikbud 137 th 2014 dan Lampiran.pdf.zip

Standar PAUD bertujuan menjamin mutu pendidikan anak usia dini dalam rangka memberikan landasan untuk:

  • melakukan stimulan pendidikan dalam membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani sesuai dengan tingkat pencapaian perkembangan anak;
  • mengoptimalkan perkembangan anak secara holistik dan integratif; dan
  • mempersiapkan pembentukan sikap, pengetahuan, dan keterampilan anak.

Standar PAUD harus dievaluasi dan disempurnakan secara terencana, terarah dan berkelanjutan sesuai dengan tuntutan perubahan lokal, nasional, dan global.

Perlu diketahui bahwa Pelaksanaan Program PAUD merupakan integrasi dari layanan pendidikan, pengasuhan, perlindungan, kesehatan dan gizi yang diselenggarakan dalam bentuk satuan atau program Taman Kanak-kanak (TK)/ Raudatul Athfal (RA), Bustanul Athfal (BA), Kelompok Bermain (KB), Taman Penitipan Anak (TPA), dan Satuan PAUD Sejenis (SPS).