Apa Hubungan / Keterkaitan Aspek Perkembangan dan Kompetensi? Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini merupakan kurikulum yang berbasis kompetensi. Di dalamnya, proses pembelajaran yang dilakukan diarahkan untuk tecapainya kompetensi sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan dan keterampilan yang melibatkan 6 aspek perkembangan secara terpadu.
Kompetensi di PAUD diartikan sebagai kemampuan yang diharapkan tercapai melalui pembelajaran. Perumusan kompetensi disesuaikan dengan tingkat perkembangan anak. Dalam kegiatan untuk mencapai suatu kompetensi selalu melibatkan berbagai aspek perkembangan sekaligus.
Kurikulum 2013 PAUD
Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini merupakan kurikulum yang K berbasis kompetensi. Proses pembelajaran yang dilakukan diarahkan untuk tecapainya kompetensi sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan dan keterampilan yang melibatkan 6 aspek perkembangan secara terpadu. Kompetensi dibedakan menjadi Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar
Hubungan Indikator, STPPA PAUD, KI, dan KD
Gambaran keterkaitan hubungan antara aspek perkembangan dan kompetensi adalah sebagai berikut.
Pada bagan di atas, tergambar bahwa setiap aspek perkembangan (kiri) terurai pada setiap kompetensi (kanan). Pencapaian seluruh aspek perkembangan tersebut tidak dapat dipisahkan antar aspek perkembangan tetapi merupakan satu kesatuan yang utuh. Dengan kata lain, pada setiap kegiatan yang bertujuan untuk mencapai kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan seringkali terkait dengan 1 atau beberapa aspek perkembangan. Jika diperlukan dari masing-masing kompetensi dapat dipilah kedalam 6 aspek perkembangan/program pengembangan.
Kompetensi PAUD
Kompetensi PAUD dibedakan menjadi Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD).
Kompetensi Inti (KI)
Dalam Kurikulum 2013 PAUD, Kompetensi Inti (KI) adalah gambaran pencapaian Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak pada akhir layanan PAUD usia 6 (enam) tahun. Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak pada akhir layanan PAUD disebut sebagai Kompetensi Inti. Kompetensi Inti mencakup:
- Kompetensi Inti-1 (KI-1) untuk kompetensi inti sikap spiritual.
- Kompetensi Inti-2 (KI-2) untuk kompetensi inti sikap sosial.
- Kompetensi Inti-3 (KI-3) untuk kompetensi inti pengetahuan.
- Kompetensi Inti-4 (KI-4) untuk kompetensi inti keterampilan.
Berikut ini adalah tabel kompetensi inti paud (kelompok bermain dan taman kanak-kanak), dan apabila diperlukan penjelasan lebih lanjut silahkan baca:
“Penjelasan Kompetensi Inti (KI) PAUD Kurikulum 2013“
Tabel 1. Kompetensi Inti (KI) PAUD Kurikulum 2013
KOMPETENSI INTI | DESKRIPSI |
---|---|
KI-1 | Menerima ajaran agama yang dianutnya |
KI-2 | Memiliki perilaku hidup sehat, rasa ingin tahu, kreatif dan estetis, percaya diri, disiplin, mandiri, peduli, mampu bekerja sama, mampu menyesuaikan diri, jujur, dan santun dalam berinteraksi dengan keluarga, pendidik dan/atau pengasuh, dan teman |
KI-3 | Mengenali diri, keluarga, teman, pendidik dan/atau pengasuh, lingkungan sekitar, teknologi, seni, dan budaya di rumah, tempat bermain dan satuan PAUD dengan cara: mengamati dengan indra (melihat, mendengar, menghidu, merasa, meraba); menanya; mengumpulkan informasi; mengolah informasi/mengasosiasikan,dan mengkomunikasikan melalui kegiatan bermain |
KI-4 | Menunjukkan yang diketahui, dirasakan, dibutuhkan,dan dipikirkan melalui bahasa, musik, gerakan, dan karya secara produktif dan kreatif, serta mencerminkan perilaku anak berakhlak mulia |
Kompetensi Dasar (KD)
Kompetensi Dasar PAUD adalah Kompetensi Dasar merupakan tingkat kemampuan dalam konteks muatan pembelajaran, tema pembelajaran, dan pengalaman belajar yang mengacu pada Kompetensi Inti (KI). Rumusan Kompetensi Dasar dikembangkan dengan memperhatikan karakteristik dan kemampuan awal anak serta tujuan setiap program pengembangan.
Mengingat penjelasan yang cukup banyak untuk Kompetensi Dasar (KD) PAUD ini, maka kami sudah sediakan artikel yang membahas:
“Pengertian dan Penjalasan Kompetensi Dasar (KD) PAUD Kurikulum 2013”
Aspek Perkembangan STPPA
STPPA adalah sebuah hasil akhir sebuah program PAUD (kompetensi inti) secara spesifik. Pengertian Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini atau STPPA adalah kriteria tentang kemampuan yang dicapai anak pada seluruh aspek perkembangan dan pertumbuhan, mencakup aspek nilai agama dan moral, fisik-motorik, kognitif, bahasa, sosial-emosional, serta seni. Proses pembelajaran yang dilakukan diarahkan untuk tecapainya kompetensi sikap (sikap spiritual, sikap sosial), pengetahuan dan keterampilan yang melibatkan 6 aspek perkembangan secara terpadu mulai dari agama dan moral, sosial emosional, kognitif, bahasa, fisik motorik, dan seni.
Indikator PAUD
Kompetensi Dasar (KD) apabila dijabarkan lebih lanjut maka menjadi indikator pencapaian perkembangan anak. Indikator perkembangan anak PAUD disusun berdasarkan kelompok usia yang terdiri dari:
a. usia lahir sampai usia 3 (tiga) bulan;
b. usia 3 (tiga) bulan sampai usia 6 (enam) bulan;
c. usia 6 (enam) bulan sampai usia 9 (sembilan) bulan;
d. usia 9 (sembilan) bulan sampai usia 12 (dua belas) bulan;
e. usia 12 (dua belas) bulan sampai usia 18 (delapan belas) bulan;
f. usia 18 (delapan belas) bulan sampai usia 2 (dua) tahun;
g. usia 2 (dua) tahun sampai usia 3 (tiga) tahun;
h. usia 3 (tiga) tahun sampai usia 4 (empat) tahun;
i. usia 4 (empat) tahun sampai usia 5 (lima) tahun; dan
j. usia 5 (lima) tahun sampai usia 6 (enam) tahun.
Kesimpulan (Bagaimana STPPA PAUD Dihasilkan)
Jadi STPPA merupakan sebuah standar hasil akhir dari kompetensi inti secara spesifik dengan memperhatikan 6 (enam) aspek perkembangan yaitu agama dan moral, sosial emosional, kognitif, bahasa, fisik motorik, dan seni. Kompetensi inti ini didapatkan dari kompetensi dasar dengan merencanakan program atau kegiatan pembelajaran di PAUD, yang bentuknya dapat berupa program semester, perencanaan mingguan, dan perencanaan harian.
Selanjutnya implementasi pembelajaran atau kegiatan PAUD didasarkan dari program perencanaan yang telah disusun. Dari pembelajaran inilah kita dapat menilai perkembangan anak usia dini berdasarkan indikator perkembangan anak usia dini.
Download STPPA PAUD dan Indikatornya
Ayah bunda dapat mengunduh STPPA PAUD dan Indikatornya melalui link tautan berikut ini. Mohon tunggu sampai tombol download selesai diproses:
Keterpaduan semua hal tersebut dapat dilihat pada contoh ketika anak menyanyikan lagu “Dua Mata Saya” . Pada kegiatan menyanyi tersebut terkait kompetensi dan aspek perkembangan tertentu, antara lain:
KOMPETENSI | ASPEK PROGRAM / PENGEMBANGAN |
---|---|
Sikap | - Menyayangi anggota tubuh sebagai ciptaan Tuhan (Nilai agama dan moral) - Berani tampil (Sosial emosional) - Mandiri (Sosial emosional) - Mendengarkan dan mengapresiasi anak lain yang menyanyi (Sosial emosional) - dst |
Pengetahuan | Kognitif: - Menambah kosakata (Bahasa) - Mengenal anggota tubuh dan jumlahnya (kognitif) - dst |
Keterampilan | Bergerak sesuai lagu (Motorik) Keterampilan bernyanyi (Seni) |
Pelaksanaan pembelajaran untuk mencapai kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan dilakukan melalui pembelajaran langsung dan tidak langsung. Pembelajaran ini dilakukan secara terintegrasi dan tidak terpisah. Pembelajaran langsung adalah proses pembelajaran melalui interaksi langsung antara anak dengan pendidik yang dirancang dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Minggu (RPPM) dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH). Pembelajaraan langsung berkenaan dengan pengembangan pengetahuan dan keterampilan yang terkandung dalam Kompetensi Inti-3 (pengetahuan) dan Kompetensi Inti-4 (keterampilan).
Pembelajaran tidak langsung adalah pembelajaran yang tidak dirancang secara khusus namun terjadi dalam peroses pembelajaran langsung. Melalui proses pembelajaran langsung untuk mencapai kompetensi pengetahuan dan keterampilan akan terjadi dampak ikutan pada pengembangan nilai dan sikap yang terkandung dalam Kompetensi Inti-1 (sikap spiritual) dan Kompetensi Inti-2 (sikap spiritual).