Kompetensi Dasar Kurikulum 2013 PAUD (TK, KB, TPA, SPS). PAUD termasuk pendidikan yang paling fundamental karena perkembangan anak di masa selanjutnya sangat ditentukan oleh berbagai stimulasi bermakna yang diberikan sejak usia dini.

Kompetensi Dasar PAUD adalah kompetensi yang berisikan kemampuan dan muatan pembelajaran untuk suatu tema pembelajaran pada PAUD yang mengacu pada Kompetensi Inti / KI PAUD. Kompetensi Dasar dikembangkan berdasarkan pada prinsip akumulatif, saling memperkuat dan memperkaya antar program pengembangan. Dalam merumuskan Kompetensi Dasar juga memperhatikan karakteristik peserta didik, kemampuan awal, serta ciri dari suatu program pengembangan yang hendak dikembangkan.

Pendidikan anak usia dini harus dipersiapkan secara terencana dan bersifat holistik agar dimasa emas perkembangan anak mendapatkan distimulasi yang utuh, sehingga mengembangkan berbagai potensi yang dimiliki anak.

kompetensi dasar kurikulum 2013 paud kompetensi dasar dan indikator kurikulum 2013 paud kompetensi dasar kurikulum 2013 untuk paud pemaknaan kompetensi dasar kurikulum 2013 paud download kompetensi dasar kurikulum 2013 paud kompetensi inti dan dasar kurikulum 2013 paud rumusan kompetensi dasar kurikulum 2013 paud kompetensi dasar tk kompetensi dasar kb

Salah satu upaya yang dapat dilakukan dalam rangka pengembangan potensi tersebut adalah dengan program pendidikan yang terstruktur. Salah satu komponen untuk pendidikan yang terstruktur adalah kurikulum.

Kurikulum PAUD 2013 dibuat dengan tujuan mendorong perkembangan peserta didik secara optimal sehingga memberi dasar untuk menjadi manusia Indonesia yang memiliki kemampuan hidup sebagai pribadi dan warga negara yang beriman, produktif, kreatif, inovatif, dan afektif serta mampu berkontribusi pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban dunia.

Kurikulum dapat dianalogikan sebagai program yang dirancang untuk mencapai tujuan. Jika Tujuannya adalah Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak, maka kurikulum sebagai program Pengembangan PAUD untuk mencapai aspek perkembangan tersebut.

Pengertian Kompetensi Dasar Kurikulum 2013 PAUD (TK, KB, TPA, SPS)

Kompetensi Dasar / KD pada Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini merupakan tingkat kemampuan dalam konteks muatan pembelajaran tema pembelajaran, dan pengalaman belajar yang mengacu pada Kompetensi Inti. Kompetensi Dasar dikembangkan dengan memperhatikan karakteristik, kemampuan awal anak serta

Baca Juga:  Perlukah Kurikulum Untuk PAUD Pendidikan Anak Usia Dini ?

Kompetensi Dasar dibagi menjadi empat kelompok sesuai dengan pengelompokan kompetensi inti sebagai berikut:

  1. Kompetensi Dasar sikap spiritual (KD-1) dalam rangka menjabarkan KI-1
  2. Kompetensi Dasar sikap sosial (KD-2) dalam rangka menjabarkan KI-2
  3. Kompetensi Dasar pengetahuan (KD-3) dalam rangka menjabarkan KI-3
  4. Kompetensi Dasar keterampilan KD-4) dalam rangka menjabarkan KI-4.

KD PAUD KURIKULUM 2013

Kompetensi Dasar Kurikulum PAUD 2013 dibagi menjadi empat kelompok sesuai dengan pengelompokkan kompetensi inti sebagai berikut:

  1. Kelompok1: kelompok Kompetensi Dasar sikap spiritual dalam rangka menjabarkan KI-1. Pastikan ada 2 rumusan KD
  2. Kelompok 2: kelompok Kompetensi Dasar sikap sosial dalam rangka menjabarkan KI-2. Pastikan ada 14 rumusan KD
  3. Kelompok 3: kelompok Kompetensi Dasar pengetahuan dalam rangka menjabarkan KI-3. Pastikan ada 15 rumusan KD
  4. Kelompo 4: kelompok Kompetensi Dasar keterampilan dalam rangka menjabarkan KI-4. Pastikan ada 15 rumusan KD

Uraian dari setiap Kompetensi Dasar untuk setiap kompetensi inti adalah sebagai berikut (jika tablenya tidak beraturan silahkan download buku alur perencanaan pembelajaran PAUD melalui link tautan diatas). Baca juga Kompetensi Inti PAUD Kurikulum 2013 untuk mengetahui KI PAUD sesuai dengan Kurikulum PAUD 2013.

Dapatkan Ebook Menyusun Alur Perencanaan Pembelajaran PAUD Kurikulum 2013 (di dalamnya memuat Kompetensi Inti KI dan Kompetensi Dasar KD PAUD), LIHAT DISINI

Dalam tinjauan dalam sebuah penelitian yang berjudul “Relationship Between Fundamental Motor Skill Competence and Physical Activity During Childhood and Adolescence: A Systematic Review” oleh Samuel Logan dkk yang mensintesis bukti hubungan antara kompetensi keterampilan motorik dasar dan aktivitas fisik menyimpulkan bahwa pada semua tingkatan usia anak usia dini, keterampilan kontrol objek dan keterampilan lokomotor lebih kuat terkait dengan aktivitas fisik untuk anak laki-laki dan perempuan.

Baca Juga:  Pelaksanaan Tahap Awal Implementasi Kurikulum Merdeka

Berikut ini adalah Kompetensi Dasar (KD) Kurikulum 2013 PAUD

Download KD (Kompetensi Dasar) PAUD K-13

Download Kompetensi Dasar (KD) Kurikulum 2013 PAUD, KLIK DISINI

Ayah bunda dapat download kompetensi dasar kurikulum 2013 paud diatas untuk dicetak atau digandakan atau digunakan sebagai rujukan di PAUD ayah bunda melalui link tautan tersebut. Kopmpetensi dasar kurikulum 2013 paud tersebut berlaku untuk KD usia 0-6 tahun; Semoga bermanfaat!