Modul Ajar TK A Semester 1 Tahun Ajaran 2024/2025 Kurikulum Merdeka PAUD dilengkapi modul projek P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila). Pendidikan untuk anak usia dini merupakan fondasi penting dalam pembentukan karakter dan keterampilan dasar anak. Dengan diterapkannya Kurikulum Merdeka, pendidikan di tingkat Taman Kanak-kanak (TK) mengalami penyesuaian untuk lebih fokus pada pengembangan (1) nilai agama dan moral, (2) nilai Pancasila, (3) fisik motorik, (4) kognitif, (5) bahasa, dan (6) sosial emosional. Berikut adalah contoh modul ajar untuk TK A Semester 1 (Gasal) Tahun Ajaran 2024/2025 berdasarkan Kurikulum Merdeka dengan CP terbaru BSKAP 032/H/KR/2024.
Modul Ajar PAUD Kurikulum Merdeka
Modul ajar dalam kurikulum Merdeka untuk pendidikan anak usia dini memberikan pendekatan yang inovatif dan menyenangkan bagi anak-anak. Dengan menekankan kemandirian, pengembangan karakter, dan kreativitas, kurikulum ini dapat membantu menciptakan generasi yang lebih siap menghadapi tantangan di masa depan. Penting bagi pendidik dan orang tua untuk bekerja sama dalam mendukung implementasi kurikulum ini, agar anak-anak dapat tumbuh dan berkembang dengan optimal.
Contoh Modul Ajar TK A Semester 1 TA 2024/2025
Modul ajar PAUD dalam Kurikulum Merdeka menjadi pengganti Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) karena pendekatan ini mengutamakan fleksibilitas dan kemandirian dalam proses belajar mengajar. Modul ajar dirancang untuk memberikan ruang bagi pendidik dan anak-anak untuk berinovasi dalam pembelajaran, memungkinkan penyesuaian kegiatan sesuai dengan kebutuhan dan minat anak. Hal ini sejalan dengan prinsip pembelajaran yang menyenangkan dan menekankan pengalaman langsung, di mana anak dapat belajar melalui eksplorasi dan interaksi.
Berikut adalah contoh buku modul ajar taman kanak-kanak kurikulum merdeka untuk TK A semester ganjil terbaru, silakan baca online berikut ini:
Ayah bunda dapat download modul ajar TK A Smt 1 untuk taman kanak-kanak usia 4-5 tahun dalam format docx (disediakan minggu pertama) dan juga pdf melalui link tautan berikut ini. Ada sedikit penjelasan disini:
- Bahwa modul ajar PAUD yang dikembangkan PAUD Jateng sudah menggunakan Capaian Pembelajaran revisi BSKAP 032/H/KR/2024. Hal ini bisa dilihat dari sub elemen yang sesuai dengan peraturan tersebut.
- Kegiatan Inti yang disajikan merupakan “pilihan kegiatan”, itu artinya ayah bunda tidak harus menjalankan ‘semua’ kegiatan inti yang disajikan.
- Modul ajar ini dilengkapi buku cerita PAUD atau video edukasi anak
- Semua daftar topik yang ada di bawah ini merupakan turunan dari Topik dan Subtopik TK/KB Kurikulum Merdeka 1 Tahun Full
- Topik Intrakurikuler: topik atau tema yang digunakan bebas, tidak terikat namun tetap memperhatikan prinsip memilih topik pembelajaran PAUD; dan
- Topik P5 (Kokurikuler): menggunakan empat tema besar yang sudah disediakan pemerintah yaitu : (1) Aku Sayang Bumi; (2) Aku Cinta Indonesia; (3) Bermain dan Bekerjasama / Kita Semua Bersaudara; dan (4) Imajinasiku / Imajinasi dan Kreativitasku.
Berikut ini adalah daftar modul ajar TK A semester 1 dan link unduhan:
No | Minggu | Topik | Subtopik | Modul Ajar TK A (4-5 Tahun) 2024/2025 Semester 1 | Link Download |
---|---|---|---|---|---|
1 | 1 | Diriku | Identitasku | Kenalkan, Ini Aku | File Word |
2 | 2 | Tanah Airku | Indonesia | Indonesiaku | File Disini |
3 | 3 | Tanah Airku | Kebinekaan | Aku Berbeda Aku Satu | File Disini |
4 | 4 | P5 | Aku Cinta Indonesia | Merayakan Kemerdekaan | File Disini |
5 | 5 | Lingkunganku | Pakaian Adat | Pakaian Adat | File Disini |
6 | 6 | Lingkunganku | PHBS | Lingkunganku Bersih dan Sehat | File Disini |
7 | 7 | Lingkunganku | Rumahku | Rumahku yang Indah | File Disini |
8 | 8 | Lingkunganku | Sekolahku | Aku di Sekolahku | File Disini |
9 | 9 | Binatang | Kebun Binatang | Kebun Binatang | File Disini |
10 | 10 | Binatang | Binatang Air | Binatang Air | File Disini |
11 | 11 | Binatang | Binatang Darat | Binatang Darat | File Disini |
12 | 12 | Binatang | Sayang Binatang | Sayang Binatang | File Disini |
13 | 13 | Mitigasi Bencana | Air | Manfaat dan Bahaya Air | File Disini |
14 | 14 | Mitigasi Bencana | Api | Hati-Hati dengan Api | File Disini |
15 | 15 | Mitigasi Bencana | Udara | Mengenal Udara | File Disini |
16 | 16 | Mitigasi Bencana | Bumi | Bumi Tempat Kita Tinggal | File Disini |
17 | 17 | Kebutuhanku | Makan dan Minum | Adab Makan dan Minum | File Disini |
18 | 18 | Kebutuhanku | Pribadiku | Pakaianku Pribadiku | File Disini |
Keterangan:
Modul ajar ini dibuat selama 5 hari kerja dengan perhitungan alokasi minimal waktu belajar adalah 900 menit setiap minggunya (ini berarti setiap hari adalah 900 / 5 hari = 180 jam = 3 jam per hari). Hal ini Sesuai dengan Kepmendikbudristek Nomor 56/M/2022 yang direvisi menjadi Permendikbudristek 262/M/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran, alokasi waktu pembelajaran di PAUD usia 4–6 tahun atau TK paling sedikit 900 menit per minggu. Sedangkan alokasi waktu di PAUD usia 3–4 tahun paling sedikit 360 menit per minggu.
Tampilan Preview:
RPPH Sekarang Menjadi Modul Ajar PAUD
Modul ajar PAUD Kurikulum Merdeka menjadi pengganti Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) sebagai bagian dari upaya penyederhanaan administrasi dan peningkatan efektivitas pembelajaran di tingkat pendidikan anak usia dini. Perubahan ini sejalan dengan prinsip-prinsip Kurikulum Merdeka yang menekankan pada pengurangan beban administratif guru, sehingga mereka dapat lebih fokus pada proses pembelajaran dan interaksi langsung dengan anak-anak.
Modul ajar PAUD dirancang untuk memberikan fleksibilitas yang lebih besar kepada guru dalam menyesuaikan kegiatan pembelajaran dengan kebutuhan dan minat anak-anak, serta kondisi lingkungan belajar yang dinamis. Selain itu, modul ajar mendukung pendekatan tematik terpadu dan pembelajaran berbasis permainan yang sangat penting dalam pendidikan anak usia dini. Dengan menggunakan modul ajar, guru dapat lebih mudah mengintegrasikan berbagai aspek perkembangan anak dalam kegiatan pembelajaran yang holistik, serta melakukan penilaian yang terintegrasi dalam proses pembelajaran.
Meskipun menggantikan RPPH, modul ajar tetap memastikan adanya struktur dan tujuan pembelajaran yang jelas, sambil memberikan ruang bagi guru untuk lebih kreatif dan inovatif dalam merancang dan melaksanakan kegiatan pembelajaran. Perubahan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di PAUD dengan memungkinkan guru untuk mengalokasikan lebih banyak waktu dan energi pada aspek-aspek penting dari proses pendidikan anak usia dini.