RPPH modul ajar TK B semester 1 kurikulum merdeka paud merupakan rencana pelaksanaan pembelajaran harian anak TK usia 5-6 tahun yang dirancang untuk membantu transisi anak dari rumah ke sekolah dan memberikan pengalaman pendidikan yang komprehensif. Seperti apa contoh modul ajar paud kelompok TK kurikulum merdeka yang dikemas dalam format pdf ini yuk kita lihat.



Pembelajaran Harian di Taman Kanak-Kanak

Di taman kanak-kanak, rencana pembelajaran berfokus pada perkembangan anak seutuhnya, yang meliputi perkembangan fisik, sosial, emosional, dan kognitif. Rencana implementasi dirancang agar fleksibel dan disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan masing-masing anak. Hari sekolah taman kanak-kanak yang khas dapat mencakup kegiatan seperti circle time atau kegiatan pembuka, kegiatan cerita, seni, musik, aktivitas fisik, kegiatan bermain, istirahat dan aktivitas lain yang memungkinkan anak-anak belajar, terlibat, dan bereksplorasi.

Waktu lingkaran adalah bagian penting dari hari taman kanak-kanak dan biasanya merupakan aktivitas pertama hari itu. Selama waktu lingkaran, guru akan memimpin kelas dalam diskusi, mengajukan pertanyaan, menyanyikan lagu, dan bermain game. Ini membantu anak-anak membangun kosa kata mereka dan melatih keterampilan mendengarkan, berbicara, dan sosial mereka.

Kegiatan bercerita anak TK membantu mereka mengembangkan keterampilan literasi baca dan pemahaman mereka. Guru biasanya membacakan buku atau cerita dengan lantang dan mendorong anak-anak untuk mengajukan pertanyaan dan mendiskusikan cerita tersebut melalui pertanyaan pemantik.

Kegiatan seni dan musik membantu anak-anak mengekspresikan diri secara kreatif dan membangun keterampilan motorik halus yang penting. Anak-anak didorong untuk mengeksplorasi bahan seni yang berbeda dan mengekspresikan diri melalui penggunaan warna, bentuk, dan gambar. Kegiatan musik membantu anak-anak untuk mengembangkan keterampilan pendengaran mereka, melatih ritme, dan belajar tentang instrumen yang berbeda.

Kegiatan fisik membantu anak-anak mengembangkan keterampilan motorik kasar mereka dan meningkatkan kebugaran fisik. Contoh aktivitas fisik termasuk berlari, melompat, melompat, melompat, dan bermain tag.



Baca Juga:  RKH PAUD ~ Menyusun Kegiatan Harian PAUD Kurikulum 2013

Kegiatan bermain memberi anak kesempatan untuk menggunakan imajinasi mereka dan menjelajahi lingkungan mereka. Kegiatan bermain dapat terstruktur atau tidak terstruktur, dan mungkin termasuk kegiatan seperti bermain dengan balok, mobil mainan, boneka, dan wayang.

Waktu istirahaat memberi anak-anak kesempatan untuk melatih keterampilan sosial mereka dan ikut serta dalam percakapan tentang makanan. Ini juga memberikan kesempatan bagi anak-anak untuk belajar tentang nutrisi dan kebiasaan makan yang sehat.

Modul Ajar TK B Semester 1 Kurikulum Merdeka

Taman kanak-kanak adalah waktu yang penting dalam perkembangan anak, dan rencana pembelajaran harian membantu memastikan bahwa anak menerima pengalaman pendidikan terbaik. Melalui kombinasi kegiatan, anak-anak dapat mengembangkan keterampilan bahasa, literasi, sosial, emosional, dan kognitif mereka dalam lingkungan yang menstimulasi dan mendukung tumbuh kembang mereka.

Taman kanak-kanak adalah salah satu jenis pendidikan awal yang ditawarkan oleh sistem pendidikan di Indonesia. Ia memainkan peranan penting dalam pembentukan asas pemikiran, sikap dan kemahiran kanak-kanak. Di bawah Kurikulum Merdeka, taman kanak-kanak menawarkan beberapa topik utama yang mencakupi bahasa, seni, matematik, sains, teknologi dan kemahiran sosial.

Modul Ajar TK B Kurikulum Merdeka

Apakah ada kaitan antara modul ajar dengan kegiatan harian di taman kanak-anak? Yo mesti ada, kegiatan harian akan lebih terukur dan terarah dengan merencanakan-nya. Perencanaan pembelajaran harian anak usia dini dapat ditulis dalam sebuah modul ajar yang berisi pada hari tersebut anak akan belajar apa dan bahan apa yang dibutuhkan dan tujuan kegiatan tersebut untuk apa.

Adalah modul ajar TK B Semester 1 Kurikulum Merdeka sebagai serial atau postingan yang holistik tentang modul ajar kurikulum merdeka PAUD. Kali ini adalah kelanjutan dari modul ajar tk b semester 2 yang sudah diterbitkan sebelumnya.

Berikut ini adalah contoh modul ajar TK B usia 5-6 tahun semester 1 (gasal) yang dikelompokkan berdasar topik dan sub topik. Setiap modul ajar di bawah ini dapat digunakan selama 1 minggu. Rincian dan link download dapat dilihat berikut ini (kok kayaknya setiap hari ganti topik? Tidak bunda, itu subtopik kok) :

Untuk modul ajar TK B semester 1 kurikulum merdeka yang bisa di edit Microsoft Word docx ada di file nomor 1

NoFile Modul Ajar RPPH TK B (5-6 Tahun) Semester 1Link Download
1Modul Ajar Minggu 1 - Topik: Ayo BerkenalanFile Docx
2Modul Ajar Minggu 2 - Topik: BekerjasamaFile Disini
3Modul Ajar Minggu 3 - Topik: Aku Anak PHBSFile Disini
4Modul Ajar Minggu 4 - Topik: NegarakuFile Disini
5Modul Ajar Minggu 5 - Topik: KebinekaanFile Disini
6Modul Ajar Minggu 6 - Topik: PahlawanFile Disini
7Modul Ajar Minggu 7 - Topik: P5 Merayakan KemerdekaanFile Disini
8Modul Ajar Minggu 8 - Topik: Saat KebakaranFile Disini
9Modul Ajar Minggu 9 - Topik: Saat BanjirFile Disini
10Modul Ajar Minggu 10 - Topik: Saat Gempa BumiFile Disini
11Modul Ajar Minggu 11 - Topik: Ruang AngkasaFile Disini
12Modul Ajar Minggu 12 - Topik: BulanFile Disini
13Modul Ajar Minggu 13 - Topik: BintangFile Disini
14Modul Ajar Minggu 14 - Topik: MatahariFile Disini
15Modul Ajar Minggu 15 - Topik: SekolahkuFile Disini
16Modul Ajar Minggu 16 - Topik: KeluargakuFile Disini
17Modul Ajar Minggu 17 - Topik: GurukuFile Disini
18Modul Ajar Minggu 18 - Topik: PerpustakaanFile Disini
19Modul Ajar Minggu 19 - Topik: WayangFile Disini
Baca Juga:  Panduan Rapor PAUD Kurmer /Laporan Capaian Pembelajaran

Keterangan :

Ada sedikit penjelasan disini:
  • Bahwa modul ajar PAUD yang dikembangkan PAUD Jateng ini adalah versi ringkas sehingga mudah dipahami (jelas) dan tidak bertele-tele.
  • Kegiatan Inti yang disajikan merupakan “pilihan kegiatan”, itu artinya ayah bunda tidak harus menjalankan ‘semua’ kegiatan inti yang disajikan.
  • Modul ajar ini dilengkapi buku cerita PAUD atau video edukasi anak
  • Semua daftar topik yang ada di bawah ini merupakan turunan dari 4 tema besar PAUD Kurikulum Merdeka, silahkan Lihat Program Topik Kurikulum Merdeka 1 Tahun Full

Modul ajar ini dibuat selama 5 hari kerja dengan perhitungan alokasi minimal waktu belajar adalah 900 menit setiap minggunya (ini berarti setiap hari adalah 900 / 5 hari = 180 jam = 3 jam per hari). Hal ini Sesuai dengan Kepmendikbudristek Nomor 56/M/2022 yang direvisi menjadi Permendikbudristek 262/M/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran, alokasi waktu pembelajaran di PAUD usia 4–6 tahun atau TK paling sedikit 900 menit per minggu. Sedangkan alokasi waktu di PAUD usia 3–4 tahun paling sedikit 360 menit per minggu.

Preview Format Modul Ajar RPPH TK

Kurikulum Merdeka PAUD berfokus pada pengembangan kognitif, sosial, emosional, kemampuan bertutur, dan bahasa. Kurikulum ini juga menekankan pada penilaian yang komprehensif, yang melibatkan asesmen berbasis portofolio. Kurikulum ini juga mencakup pembelajaran dasar berdasarkan konsep tumbuh kembang anak, yang memungkinkan anak untuk mencapai pengetahuan, keterampilan, dan pemahaman yang lebih baik tentang dunia di sekitarnya.

Kurikulum Merdeka PAUD mencakup berbagai topik, mulai dari bahasa, matematika, sains, dan teknologi, hingga seni, keterampilan hidup, dan akademik. Kurikulum ini juga mencakup kegiatan yang berfokus pada pengembangan keterampilan yang berhubungan dengan menulis, membaca, menghitung, dan berbicara. Kurikulum ini juga mencakup pendidikan karakter, yang berfokus pada pengembangan nilai-nilai moral dan etika.

Baca Juga:  RPP PAUD Kurikulum Merdeka = Modul Ajar PAUD 2022

Kurikulum Merdeka PAUD selalu berusaha untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak usia dini dengan menggabungkan teori dan praktik pendidikan yang terbaik. Kurikulum ini juga mencakup pengembangan kompetensi guru yang meningkatkan kualitas pendidikan yang diberikan kepada anak-anak usia dini. Kurikulum ini juga berusaha untuk meningkatkan partisipasi orang tua dalam proses pembelajaran anak-anak, dengan menggunakan bimbingan dan dukungan yang konstruktif.