Contoh RKH Sentra Bahan Alam PAUD Tema Binatang. Download contoh RKH Sentra Bahan Alam PAUD tema binatang format DOC yang dapat di edit.
Pengertian Rencana Kegiatan Harian (RKH) adalah adalah unit perencanaan terkecil dibuat untuk digunakan dan memandu kegiatan dalam satu hari.
RKH juga disebut dengan RPPH (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian) yang disusun berdasarkan RKM yang berisi kegiatan–kegiatan yang dipilih dari indikator yang direncanakan untuk satu hari sesuai dengan tema dan sub tema.
Penulisan RKH disesuaikan dengan model atau pendekatan pembelajaran yang telah ditentukan atau dipilih serta disesuaikan dengan jenis Kegiatan atau Metode/Strategi, pada saat pembuatan rencana kegiatan mingguan.
Perlu diketahui bahwa model pembelajaran PAUD Inovatif ada 4 yaitu pendekatan kelompok, sudut, area, dan sentra. Contoh RKM RKH PAUD yang banyak beredar adalah contoh untuk pendekatan kelompok karena model pembelajaran ini banyak digunakan di PAUD.
Contoh RKH Sentra Bahan Alam PAUD Tema Binatang
Download contoh RKH sentra Bahan Alam DOC yang dapat di edit melalui link tautan yang disediakan di akhir tulisan ini. Tampilan atau preview dokumen bisa dilihat disini.
Hari/tanggal : …………., ……… 200…
Kelompok Usia : 4 -5 tahun Tema : Binatang
Jumlah Anak : 10 anak Sub Tema : Binatang buas
WAKTU KEGIATAN
07.00 – 07.10 Berbaris dan masuk kelas
07.10 – 07.30 Berdoa dan bercerita tentang ular sebagai binatang buas yang membujuk manusia pertama.
Kegiatan jasmani : bermain “Ular Naga”
Lagu :
Ular naga panjangnya bukan kepalang.
Menjalar-jalar selalu kian kemari
Umpan yang lezat itulah yang dicari
Ini dianya yang terbelakang
07.30 – 09.20 KEGIATAN INTI
* Pijakan lingkungan
- Membuat hutan/gurun dgn pasir putih 4 anak.
- Kolase sisik ular dari rautan pensil 4 anak
- Melukis di papan easel 2 anak
- Table block 2 anak
- Aneka ular dari playdough 4 anak
- Membuat kandang ular dgn bata, pasir, air 4 anak
- Menggunting gambar ular 4 anak
- Melukis di meja 4 anak
- Ular-ular dan air 2 anak
* Pijakan sebelum bermain
- Bercerita dari buku “Ular Makan Tikus”
- Kosakata : sisik, bisa, merayap
- Gagasan menggunakan bahan : menjelaskan cara bermain dari bahan yang ada.
- Mendiskusikan aturan main
- 1. Memakai celemek saat bermain air
- 2. Minta ijin saat akan pindah main
- 3. Membereskan mainan setelah selesai bermain
- Merancang transisi urutan main 2 variabel : Anak laki-laki/ perempuan yang dapat menjawab pertanyaan guru seputar cerita, boleh bermain terlebih dahulu.
* Pijakan saat main :
- Mengobservasi dan mendokumentasikan perilaku bermain anak
- Memperluas bahasa anak dengan menanyakan beberapa hal tentang kegiatan main yang sedang dilakukan
- Mendukung dan mempertinggi kemampuan anak secara individu melalui pertanyaan-pertanyaan dari kegiatan anak.
- Memberi motivasi / dorongan terutama pada anak yang cenderung pasif
* Pijakan setelah main
- Mempersilakan anak mengembalikan mainan ke tempat semula dan menggantungkan kembali celemek yang dipakai.
- Mengulas kembali kegiatan main
- Berbagi cerita
- Memperkuat perilaku anak yang positif
09.20 – 09.45 Makan bekal dan pulang
Pesan-pesan untuk kegiatan esok hari.