Kupas Tuntas Evaluasi dan Penilaian PAUD Kurikulum 2013. Pengertian evaluasi dan penilaian PAUD adalah proses pengukuran terhadap hasil dari kegiatan belajar anak. Penilaian kegiatan belajar di PAUD menggunakan pendekatan penilaian autentik.
Penilaian autentik merupakan penilaian proses dan hasil belajar untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi sikap (spiritual dan sosial), pengetahuan, dan keterampilan berdasarkan fakta yang sesungguhnya. Penilaian dilakukan secara sistematis, terukur, berkelanjutan, dan menyeluruh yang mencakup pertumbuhan dan perkembangan yang telah dicapai oleh anak selama kurun waktu tertentu.
Mengapa perlu dilakukan penilaian PAUD?
Dalam keseharian guru bekerja bersama anak. Selain guru memfasilitasi anak, guru juga melakukan pengamatan. Guru mengamati hal-hal apa saja yang anak tahu, apa saja yang anak bisa, dan apa saja yang menjadi kebiasaan anak.
Harapannya, bahwa setelah guru mengetahui tiga hal tersebut, guru dapat merancang program pengembangan pembelajaran sesuai dengan minat, kekuatan, dan kebutuhan anak. Program pengembangan pembelajaran yang disusun dan direncanakan sesuai dengan prinsip-prinsip perkembangan anak akan menstimulasi potensi anak menjadi anak yang kompeten. Anak yang semakin tahu, semakin bisa, dan semakin memiliki kebiasaan yang baik.
Berbagai informasi tentang kemajuan anak ini merupakan hasil belajar yang perlu disampaikan pada orang tua. Dengan diperolehnya berbagai informasi tentang anak, orang tua dan guru memperoleh gambaran capaian hasil belajar anak. Capaian ini diukur berdasarkan standar PAUD yang telah ditetapkan secara nasional, yang tertulis di dalam Permendikbud No. 137 tahun 2014 tentang Standar PAUD dan 146 tahun 2014 tentang Kurikulum PAUD.
Harapannya, guru dan orang tua dapat bekerja sama dalam meningkatkan kemampuan-kemampuan yang belum dicapai anak sehingga tumbuh kembang anak berlangsung secara optimal.
Kupas Tuntas Evaluasi dan Penilaian PAUD Kurikulum 2013
NAH, tugas kita sebagai guru PAUD (TK KB TPA SPS) bagaimana sih cara melakukan evaluasi dan penilaian PAUD sesuai kurikulum 2013? Mari kita kupas tuntas evaluasi dan penilaian PAUD berikut ini:
Hal penting yang harus dipahami dan dirubah pemahaman guru bahwa hasil karya anak bukan untuk dinilai bagus tidaknya tetapi untuk dianalisa kemajuan perkembangan yang di capai anak.
Penilaian dan evaluasi PAUD dilakukan setiap hari melalui kegiatan pembelajaran harian anak. Untuk dapat melakukan penilaian haruan seorang pendidik PAUD harus memiliki format teknik penilaian PAUD yang harus dapat digunakan untuk menilai anak PAUD.
Selanjutnya dari penilaian harian tersebut, seorang guru PAUD kemudian melakukan kompilasi penilaian harian menjadi penilaian bulanan.
Dari penilaian bulanan dikompilasi lagi menjadi penilaian semester atau bisa disebut sebagai raport PAUD.
Panduan Singkat Cara Penilaian PAUD Kurikulum 2013
Berikut ini adalah tulisan yang dapat membantu ayah bunda melakukan evaluasi penilaian PAUD sesuai kurikulum 2013 PAUD.
- Definisi evaluasi penilaian PAUD, Lihat Disini
- Empat proses evaluasi penilaian PAUD, Lihat Disini
- Apa saja manfaat penilaian PAUD bagi anak, guru, dan orang tua? Disini Jawabnya
- Prinsip-prinsip dalam evaluasi penilaian PAUD, Lihat Disini
- Penjelasan Penelitian Autentik PAUD, Klik Disini
Selanjutnya setelah mengetahui ilmu dasar tentang evaluasi dan penilaian PAUD, berikut ini adalah cara melakukan evaluasi penilaian PAUD Kurikulum 2013:
- Cara membuat evaluasi penilaian harian PAUD menggunakan 3 teknik penilaian harian (catatan anekdot, catatan hasil karya, skala capaian perkembangan) digabung menjadi Buku Portofolio PAUD. Lihat Disini
- Cara melakukan penilaian bulanan PAUD, Klik Disini
- Cara melakukan penilaian semester (membuat Raport PAUD) Klik Disini
Untuk contoh evaluasi penilaian PAUD sudah disediakan di masing-masing link tautan. Cukup mudah bukan melakukan penilaian PAUD Kurikulum 2013? Semoga tulisan Kupas Tuntas Evaluasi dan Penilaian PAUD Kurikulum 2013 ini bermanfaat!