Contoh CP ATP TP IKTP PAUD TK KB Sub Elemen CP & Indikator lengkap. Artikel ini menjelaskan dengan lebih detail mengenai CP, Sub Elemen CP, TP, ATP, dan IKTP dalam konteks Kurikulum Merdeka untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Apa hubungan antara CP, ATP, TP, IKTP? Apa pula singkatan yang disebutkan? Simak pembahasan lengkapnya!

Komponen Kurikulum Merdeka PAUD

Kurikulum Merdeka PAUD sebagai Kurikulum Nasional adalah kerangka pendidikan untuk anak usia dini yang dikembangkan oleh Kemendikbudristek. Kurikulum ini dirancang untuk memberikan fleksibilitas dan otonomi kepada satuan pendidikan dan pendidik dalam mengembangkan program pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan konteks lokal, sambil tetap memastikan pencapaian standar nasional. Ada hubungan Kurikulum Merdeka PAUD dengan komponen-komponennya yaitu:

CP (Capaian Pembelajaran)

CP dalam Kurikulum Merdeka PAUD adalah rumusan kemampuan dan kompetensi yang diharapkan dapat dicapai oleh anak-anak setelah menyelesaikan program PAUD. CP ini menjadi acuan utama dalam pengembangan kurikulum dan pembelajaran di PAUD. CP dirumuskan dalam 3 (tiga) domain utama, yaitu:

  1. CP Nilai Agama dan Budi Pekerti
  2. CP Budi Pekerti
  3. CP Dasar-dasar Literasi dan STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics)

Sub Elemen CP

Sub Elemen CP adalah komponen-komponen yang lebih spesifik dari Capaian Pembelajaran. Ini membantu untuk merinci CP menjadi bagian-bagian yang lebih kecil dan lebih mudah diukur. Sub Elemen CP adalah penjabaran lebih rinci dari CP dalam Kurikulum Merdeka PAUD, hal ini membantu pendidik untuk memahami aspek-aspek spesifik yang perlu dikembangkan dalam mencapai CP; dan juga memberikan kerangka yang lebih jelas untuk merancang kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan CP.

3 CP PAUD & SUB ELEMEN CP
Silakan baca pembahasan tentang 3 Capaian Pembelajaran PAUD dan sub elemen Capaian Pembelajaran PAUD Kurikulum Merdeka dari masing-masing Capaian Pembelajaran: CP dan Sub Elemen CP PAUD Revisi

TP (Tujuan Pembelajaran)

TP dalam Kurikulum Merdeka PAUD adalah pernyataan spesifik tentang apa yang diharapkan dapat dicapai oleh anak-anak dalam proses pembelajaran. TP Membantu pendidik dalam merancang kegiatan pembelajaran harian atau mingguan; dan juga memberikan arah yang jelas tentang apa yang harus dicapai dalam setiap tahap pembelajaran.

Baca Juga:  SK BSKAP 008/H/KR/2022 Capaian Pembelajaran Kurikulum Merdeka

ATP (Alur Tujuan Pembelajaran)

ATP dalam Kurikulum Merdeka PAUD adalah rangkaian tujuan pembelajaran yang disusun secara berurutan dan sistematis. ATP ini menggambarkan jalur atau alur yang harus dilalui anak-anak untuk mencapai CP dalam memberikan fleksibilitas kepada pendidik untuk menyesuaikan alur pembelajaran dengan kebutuhan dan perkembangan anak-anak di daerah mereka.

Contoh CP ATP TP IKTP Indikator PAUD Kurikulum Merdeka

Apakah dalam merancang ATP (alur tujuan pembelajaran) PAUD Pendidikan Anak Usia Dini Kurikulum Merdeka itu disusun per usia atau tanpa ada tingkatan usia?

Fase fondasi adalah layanan PAUD kelompok TK B (5-6 tahun). Dikutip dari laman Kemdikbud, CP adalah kompetensi pembelajaran yang harus dicapai peserta didik di akhir setiap fase, sehingga ATP adalah rangkaian TP yang disusun sistematis agar peserta didik mencapai CP tersebut. Kembali ke pertanyaan apakah ATP PAUD disusun tanpa ada tingkatan usia? Jawabannya kembali ke pertanyaan: Apakah yang dimaksud PAUD tersebut adalah fase fondasi yaitu (5-6 tahun)? Jika iya maka jawabnya ATP hanya ada satu saja tidak dibuat ada tingkatan usia, karena fase fondasi adalah usia 5-6 tahun saja.

Namun apabila yang dimaksud PAUD dalam pertanyaan tersebut adalah usia 2 sampai 6 tahun, maka, ATP umumnya disusun berdasarkan tingkatan usia. Hal ini karena anak pada setiap tahap perkembangan memiliki karakteristik, kebutuhan, dan kemampuan yang berbeda. Berikut adalah beberapa alasan mengapa ATP disusun per usia:

  1. Perkembangan Fisik dan Kognitif: Anak-anak di usia yang berbeda memiliki tahap perkembangan fisik dan kognitif yang bervariasi. Misalnya, anak usia 3–4 tahun lebih banyak belajar melalui permainan aktif, sementara anak usia 5–6 tahun mulai mampu berpikir lebih abstrak dan melakukan aktivitas yang lebih terstruktur.
  2. Kematangan Emosional dan Sosial: Tingkatan usia juga memengaruhi kematangan emosional dan sosial. Anak-anak usia lebih muda mungkin memerlukan lebih banyak dukungan dalam interaksi sosial, sedangkan yang lebih tua sudah mulai bisa berkolaborasi dan berkomunikasi lebih efektif dengan teman sebaya.
  3. Kesesuaian Materi dan Kegiatan: Dengan menyusun ATP berdasarkan usia, pendidik dapat memilih materi dan kegiatan yang lebih sesuai dengan minat dan kebutuhan anak pada setiap tahap. Ini membantu menciptakan pengalaman belajar yang lebih menarik dan relevan.
  4. Pemenuhan Standar Pendidikan: Dalam konteks Kurikulum Merdeka, penting untuk memenuhi standar pendidikan yang telah ditetapkan untuk setiap kelompok usia, sehingga pembelajaran dapat dilakukan secara bertahap dan sistematis.
Baca Juga:  Alur Tujuan Pembelajaran ATP TK Disertai CP TP IKTP

Dengan demikian, menyusun ATP berdasarkan tingkatan usia memungkinkan pengalaman belajar yang lebih optimal, sesuai dengan perkembangan masing-masing anak.

IKTP (Indikator Ketercapaian Tujuan Pembelajaran)

IKTP dalam Kurikulum Merdeka PAUD adalah tanda-tanda atau kriteria yang dapat diamati dan diukur untuk menentukan apakah TP telah tercapai atau belum. IKTP dalam Kurikulum Merdeka PAUD memberikan kriteria yang dapat diamati untuk menilai ketercapaian TP. Hal ini membantu pendidik dalam melakukan asesmen perkembangan anak secara objektif, dan juga memungkinkan pendidik untuk memberikan umpan balik yang konstruktif kepada anak dan orang tua.

Contoh CP ATP TP IKTP PAUD

Contoh ATP (Alur Tujuan pembelajaran) dilengkapi CP (Capaian Pembelajaran) dan TP (Tujuan Pembelajaran) serta IKTP (Indikator Ketercapaian Tujuan Pembelajaran) dapat dilihat melalui dokumen ATP berikut ini :
  1. Baca dan Unduh Dokumen CP ATP TP IKTP Taman Kanak-Kanak
  2. Baca dan Unduh Dokumen CP ATP TP IKTP Kelompok Bermain

Preview Contoh:

Berikut ini adalah contoh CP ATP TP IKTP Kelompok Bermain dan Taman Kanak-Kanak Kurikulum Merdeka bisa dilihat dan dibaca online melalui buku berikut ini (untuk mengunduh file silakan ikuti tombol yang disediakan):

ATP Kelompok Bermain 2-3 Tahun Merdeka
ATP Kelompok Bermain 3-4 Tahun Merdeka
ATP TK 4-5 Tahun Merdeka
ATP TK 5-6 Tahun Merdeka

Silabus TK Kurikulum Merdeka Alur Tujuan Pembelajaran ATP TK Disertai CP TP IKTP

Keterkaitan Antar Komponen

Kurikulum Merdeka PAUD mengintegrasikan semua komponen kurikulum merdeka PAUD di atas dalam sebuah sistem yang koheren. Integrasi hubungan antara komponen-komponen Kurikulum Merdeka PAUD dapat dijelaskan berikut:

Kurikulum Merdeka PAUD menggunakan CP, Sub Elemen CP, ATP, TP, dan IKTP sebagai komponen-komponen yang saling terkait dan terintegrasi. Komponen-komponen ini bersama-sama membentuk sebuah sistem yang memungkinkan implementasi kurikulum yang fleksibel namun tetap terarah, sesuai dengan prinsip-prinsip Kurikulum Merdeka. Pendekatan ini memungkinkan pendidik PAUD untuk merancang dan melaksanakan pembelajaran yang sesuai dengan konteks lokal, sambil tetap memastikan pencapaian standar nasional dalam pengembangan anak usia dini.