Alur Tujuan Pembelajaran ATP Kelompok Bermain sebagai Silabus PAUD dalam Kurikulum Merdeka. Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan tahap pertama dalam perjalanan pendidikan seorang anak. Dalam konteks Kurikulum Merdeka, Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Kelompok Bermain / TPA dengan usia 2-3 dan 3-4 tahun hadir sebagai panduan bagi pendidik dalam merancang pembelajaran yang efektif dan menyenangkan bagi anak-anak.

Pengertian ATP PAUD

Silabus PAUD Kurikulum Merdeka disebut sebagai Alur Tujuan Pembelajaran atau ATP PAUD adalah sebuah silabus yang disusun secara sistematis dan terstruktur, dengan mempertimbangkan tahapan perkembangan anak usia dini. Silabus ini bertujuan untuk membantu pendidik dalam merencanakan kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan minat anak, serta mengoptimalkan potensi yang dimiliki oleh setiap individu.

ATP Kelompok Bermain Silabus PAUD Kurikulum Merdeka

ATP Kelompok Bermain dalam Kurikulum Merdeka dirancang dengan pendekatan yang fleksibel dan kontekstual. Pendidik diberikan keleluasaan untuk menyesuaikan kegiatan pembelajaran dengan kondisi dan karakteristik anak didik, serta memanfaatkan sumber daya yang tersedia di lingkungan sekitar.

Dalam ATP PAUD (Kelompok Bermain dan Taman Kanak-Kanak), terdapat beberapa aspek perkembangan yang menjadi fokus utama, yaitu:

  1. nilai agama dan moral: Aspek ini berfokus pada pengembangan karakter dan spiritualitas anak usia dini. Tujuannya adalah untuk menanamkan dasar-dasar keimanan dan akhlak mulia sejak dini.
  2. nilai Pancasila: Aspek ini bertujuan untuk mengenalkan dan menanamkan nilai-nilai dasar Pancasila sebagai ideologi negara Indonesia.
  3. fisik motorik: Kegiatan pembelajaran dirancang untuk melatih kemampuan motorik kasar dan halus anak, serta memperkuat koordinasi tubuh.
  4. kognitif: Anak-anak diajak untuk mengeksplorasi lingkungan sekitar, memecahkan masalah sederhana, dan mengembangkan kemampuan berpikir logis.
  5. bahasa: Melalui kegiatan bercerita, bernyanyi, dan berdiskusi, anak-anak didorong untuk mengembangkan kemampuan berbahasa dan berkomunikasi dengan baik.
  6. sosial emosional: Pembelajaran di Kelompok Bermain juga menitikberatkan pada pengembangan keterampilan sosial, empati, dan pengendalian emosi anak.

Dari 6 fokus aspek perkembangan PAUD di atas, selanjutnya dirumuskan menjadi deskripsi Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (STPPA) Kurikulum Merdeka.

Contoh ATP Kelompok Bermain / Silabus PAUD Kurikulum Merdeka

Dengan adanya ATP Kelompok Bermain, diharapkan pendidik dapat menciptakan pengalaman belajar yang bermakna dan menyenangkan bagi anak-anak. Melalui kegiatan yang terencana dan terarah, anak-anak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal, baik secara fisik, kognitif, maupun sosial-emosional. Dengan demikian, ATP Kelompok Bermain menjadi landasan yang kokoh dalam mempersiapkan anak-anak menghadapi jenjang pendidikan selanjutnya dan kehidupan di masa depan.

Berikut ini adalah contoh ATP PAUD Kelompok Bermain usia 2-3 dan 3-4 tahun Kurikulum Merdeka tahun ajaran 2024/2025 bisa dilihat dan dibaca online melalui buku berikut ini :

ATP Kelompok Bermain 2-3 Tahun Merdeka
ATP Kelompok Bermain 3-4 Tahun Merdeka

Untuk unduh dokumen silabus kelompok bermain kurikulum merdeka PAUD melalui link tautan berikut ini. ATP KB usia 2-3 Tahun Kurikulum Merdeka:

Dan berikut ini ATP KB usia 3-4 tahun Kurikulum Merdeka :

Untuk Silabus atau Alur Tujuan Pembelajaran Taman Kanak-Kanak usia 4-5 dan 5-6 tahun format word bisa edit, ATP TK Kurikulum Merdeka silkan lihat postingan ATP TK Kurikulum Merdeka

Dokumen Alur Tujuan Pembelajaran Kelompok Bermain KB

Membuat ATP dari CP (Capaian Pembelajaran)

Capaian Pembelajaran (CP) terdiri dari 3 elemen, yaitu elemen Nilai Agama Dan Budi Pekerti, elemen Jati Diri, dan elemen Dasar-Dasar Literasi dan STEAM. CP dan elemennya telah ditetapkan pemerintah dalam revisi terbarunya peraturan BSKAP No. 032/H/KR/2024 tanggal 11 Juli 2024. CP bersifat lebih luas dan mencakup kompetensi yang diharapkan dicapai dalam jangka waktu yang lebih panjang, misalnya satu jenjang pendidikan.

Tujuan Pembelajaran (TP) adalah pernyataan yang menggambarkan apa yang diharapkan dapat dicapai oleh peserta didik setelah melalui proses pembelajaran tertentu. TP lebih spesifik dibandingkan dengan CP dan biasanya terkait dengan materi atau topik tertentu.

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) adalah penjabaran dari Capaian Pembelajaran yang lebih spesifik dan terukur. ATP menggambarkan tahapan-tahapan yang perlu dilalui untuk mencapai CP. Indikator Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (IKTP) merupakan tanda-tanda yang dapat diamati atau diukur yang menunjukkan bahwa Tujuan Pembelajaran telah tercapai. Dalam dokumen yang diberikan, IKTP dapat dilihat pada bagian “Indikator” yang mengikuti setiap Tujuan Pembelajaran.