Buku panduan guru PAUD kurikulum merdeka ini dihadirkan bagi para guru dalam memahami kurikulum merdeka satuan PAUD. Pergantian kurikulum dalam dunia pendidikan merupakan hal yang umum terjadi, namun juga tidak selalu mudah untuk dihadapi, terutama untuk para guru sebagai garda depan yang akan mengimplementasikan kurikulum tersebut. Salah satu cara yang dapat membantu dalam menghadapi perubahan kurikulum tersebut, yaitu guru melakukan proses refleksi.



Salah satu prinsip pembelajaran untuk anak usia dini yang harus diperhatikan adalah pembelajaran harus terkait atau berhubungan langsung dengan kehidupan nyata mereka. Pembelajaran dirancang sesuai konteks kehidupan, menghargai budaya anak, serta melibatkan orang tua dan komunitas sebagai mitra. Prinsip tersebut menggambarkan bahwa pembelajaran yang dirancang harus berbasis pada nilai budaya di mana anak tinggal dan budaya yang sesuai dengan identitas anak tersebut.

Implementasi Kurikulum Merdeka

Penerapan Kurikulum Merdeka didukung melalui penyediaan beragam perangkat ajar serta pelatihan dan penyediaan sumber belajar guru, kepala sekolah, dan dinas pendidikan. Dukungan yang dimaksud meliputi :

1. Penyediaan Perangkat ajar: buku teks dan bahan ajar pendukung

  • Perangkat ajar (buku teks, contoh-contoh alur tujuan pembelajaran, kurikulum operasional sekolah, serta modul ajar dan projek penguatan profil Pelajar Pancasila disediakan melalui platform digital bagi guru. Satuan pendidikan dapat melakukan pengadaan buku teks secara mandiri dengan BOS/BOP reguler atas dukungan Pemda dan yayasan
  • Buku cetak dapat dibeli menggunakan dana BOS/BOP melalui SIPLah atau cetak mandiri

2. Pelatihan dan penyediaan sumber belajar guru, kepala sekolah, dan pemda

  • Pelatihan mandiri bagi guru dan kepala sekolah melalui micro learning di aplikasi digital.
  • Menyediakan berbagai narasumber dalam pelatihan Kurikulum Merdeka. Misalnya, melalui pengimbasan dari Sekolah Penggerak.
  • Berbagai sumber belajar untuk guru dalam bentuk e-book, video, podcast dll., yang dapat diakses daring dan didistribusikan melalui media penyimpanan (flashdisk).
  • Guru membentuk komunitas belajar untuk saling berbagi praktik baik dalam adopsi Kurikulum Merdeka, baik di satuan PAUD maupun di komunitasnya
Baca Juga:  SK BSKAP 008/H/KR/2022 Capaian Pembelajaran Kurikulum Merdeka



Perangkat Ajar Kurikulum Merdeka PAUD

Perangkat ajar adalah berbagai bahan ajar (tidak hanya buku teks) yang digunakan untuk mencapai profil pelajar Pancasila dan Capaian Pembelajaran (CP).

Kemendikbudristek menyusun buku panduan untuk membantu guru menerapkan kurikulum merdeka. Paket Panduan Guru PAUD Kurikulum Merdeka Kemendikbud 2022 yang dimaksud adalah berupa buku sebagai berikut :

  1. Pengembangan Pembelajaran PAUD
  2. Capaian Pembelajaran Elemen Nilai Agama dan Budi Pekerti
  3. Capaian Pembelajaran Elemen Jati diri
  4. Capaian Pembelajaran Elemen Dasar-Dasar Literasi dan STEAM
  5. Belajar dan Bermain Berbasis Buku
  6. Proyek Profil Pelajar Pancasila
  7. Suplemen Lembar Koreksi Panduan di Atas

Buku panduan tersebut menjadi menjadi rujukan bagi Pemerintah Daerah untuk mendukung satuan pendidikan mengimplementasikan Kurikulum Merdeka, termasuk panduan pengembangan kriteria keberhasilan implementasi. Panduan yang dimaksud disertai beragam contoh-contoh yang dapat membantu satuan pendidikan menerapkan kurikulum, diantaranya: kurikulum operasional sekolah, modul ajar, modul projek, asesmen dan rapor serta pembelajaran sesuai tahap capaian peserta didik.

Download Buku Panduan Guru PAUD Kurikulum Merdeka

Ayah bunda bisa mengunduh buku panduan guru dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka jenjang PAUD melalui link tautan berikut ini :

NoNama Buku PAUDKeterangan
1Buku Panduan Guru Pengembangan PembelajaranFile Disini
2Buku Panduan Guru Capaian Pembelajaran Elemen Nilai Agama dan Budi PekertiFile Disini
3Buku Panduan Guru Capaian Pembelajaran Elemen Jati DiriFile Disini
4Buku Panduan Guru Capaian Pembelajaran Elemen Dasar-dasar Literasi dan STEAMFile Disini
5Buku Panduan Guru Belajar dan Bermain Berbasis BukuFile Disini
6Buku Panduan Guru Projek Penguatan Proil Pelajar PancasilaFile Disini
7Buku Panduan Guru PAUD Lembar KoreksiFile Disini

Buku tersebut merupakan buku yang bisa dikonsumsi oleh guru/pendidik PAUD. Namun, buku ini juga perlu dibaca dan dipahami oleh para pengelola/ kepala sekolah, para penilik/pengawas PAUD, asesor PAUD, para dosen pendidik guru PAUD, dan para mahasiswa calon guru PAUD. Buku nomor 1 di atas merupakan buku tentang kurikulum merdeka PAUD yang memuat konsep dan kerangka besar kurikulum dengan paradigma pembelajaran baru yang mendukung konsep-konsep di buku panduan nomor 2 s.d 6. Jika buku no. 1 diibaratkan seperti cetak biru rumah, maka buku lain (2 s.d 6) diibaratkan dari penggambaran detail bagian-bagian rumah tersebut.

Baca Juga:  Pembelajaran Intrakurikuler dan P5 PAUD Kurikulum Merdeka

Sedangkan buku yang ke-7 merupakan revisi dari masing-masing buku nomor 1 s.d 6, jadi ada kesalahan tulis pada masing-masing buku dijelaskan di buku nomor 7. Kenapa tidak dibuat versi revisi saja ya biar lebih mudah dan konsisten memahaminya? Sudahlah dipakai saja yang ada. Penyusunan lembar koreksi /revisi merupakan penyesuaian terhadap regulasi dan panduan yang terbaru, yaitu regulasi Standar Nasional Pendidikan dan regulasi lainnya yang disebutkan di bawah ini.

Regulasi Terbaru Kurikulum Merdeka PAUD

Adanya perubahan pada Keputusan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan nomor 028/H/KU/2021 tentang Capaian Pembelajaran PAUD, SD, SMP, SMA, SDLB, dan SMALB pada Program Sekolah Penggerak, yang menjadi Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Tekonologi Nomor 033/H/ KR/2022 tentang Perubahan atas Keputusan Kepala Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nomor 008/H/KR/2022 tentang Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah pada Kurikulum Merdeka.

Dalam regulasi terbaru tersebut, nama elemen capaian pembelajaran (CP) berubah menjadi Nilai Agama dan Budi Pekerti; Jati Diri; dan Dasar-Dasar Literasi, Matematika, Sains, Teknologi, Rekayasa, dan Seni (STEAM).

Anak-anak adalah penjelajah alamiah. Sebagai penjelajah, mereka memiliki rasa ingin tahu yang tidak terbatas untuk mengeksplorasi diri dan segala sesuatu yang ada di luar dirinya. Minat, pengetahuan, dan wawasan anak semakin berkembang seiring bertambahnya usia dan penguatan karakter yang mereka peroleh dari orang-orang terdekat dan lingkungan sekitarnya.



penawaran kerjasama paud jateng