Berikut ini adalah contoh RPPM Kelompok Bermain B 3-4 Tahun Semester 1 Kurikulum 2013 PAUD. Untuk index kumpulan rencana pembelajaran mingguan KB bisa dilihat melalui berikut:



Layanan KB usia 2-3 tahun:

  1. RPPM KB 2-3 Tahun Semester 1 / RPPM KB A Semester 1 Lihat Disini
  2. RPPM KB 2-3 Tahun Semester 2 / RPPM KB A Semester 2 Lihat Disini

Layanan KB usia 3-4 tahun:

  1. RPPM KB 3-4 Tahun Semester 1 / RPPM KB B Semester 1 (Sedang Dilihat)
  2. RPPM KB 3-4 Tahun Semester 2 / RPPM KB B Semester 2 Lihat Disini

RPPM Kelompok Bermain 2-3 Tahun

Anak-anak usia dini sangat menyenangkan! Di usia ini, si kecil sangat bersemangat untuk belajar dan mengeksplorasi hal-hal baru. Mengajar siswa PAUD dengan pelajaran bertema memiliki banyak keuntungan, maka diperlukan sebuah rencana pembelajaran mulai harian, harian, hingga semester.

Perencanaan melibatkan pertimbangan tentang bagaimana ketentuan mengembangkan dan menyampaikan program pendidikan mereka (kurikulum Tahap Awal Tahun Dasar) dengan mengidentifikasi titik awal anak dan memastikan mereka membuat perkembangan melalui perencanaan yang efektif untuk memenuhi kebutuhan perkembangan anak.

Pentingnya perencanaan di tahun-tahun awal adalah bahwa rencana adalah kunci untuk membuat pembelajaran menjadi efektif, menarik, dan progresif. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa semua anak menikmati kurikulum yang seimbang. … Perencanaan strategis dalam pendidikan anak usia dini akan membantu guru PAUD mengembangkan dan memperkaya kesempatan terbaik bagi anak-anak.

Perencanaan mingguan dilakukan dengan dokumen kerja yang menunjukkan apa yang guru rencanakan dan ajarkan selama periode seminggu. Seringkali guru akan memulai perencanaan mingguan mereka setelah menyelesaikan perencanaan jangka panjang mereka untuk tahun tersebut. Sementara perencanaan jangka panjang semester biasanya akan mencakup garis besar singkat tentang apa yang akan dipelajari siswa, perencanaan mingguan biasanya akan melibatkan tujuan, kegiatan, dan rencana khusus untuk setiap kelas selama seminggu.

Baca Juga:  RPPM KB TPA Usia 3-4 Tahun Semester 2 Kurikulum 2013

Perencanaan Mingguan untuk Anak Usia Dini

Anak-anak juga mendapat manfaat dari perencanaan mingguan yang teratur, oleh karena itu jadwal sering kali diperkenalkan di sekolah. Jadwal mingguan ini membantu anak-anak mempersiapkan diri untuk setiap hari karena memberi mereka gambaran tentang pelajaran yang mereka miliki untuk setiap hari, memberi mereka kesempatan untuk mempersiapkan terlebih dahulu.



rppm kelompok bermain 3-4 tahun semester 1 rkm kelompok bermain smt 1 rppm paud usia 3-4 tahun download contoh rppm kelompok bermain semester 1

Rencana pembelajaran mingguan KB yang kami sajikan memuat bagian bagian RPPM yang dibuat dinamis dan fresh:

  • Nama Lembaga PAUD, terdapat pada cover
  • Semester/minggu yang keberapa, terletak pada cover dan masing-masing minggu dijelaskan rinci
  • Tema/Sub Tema/Sub-sub Tema, sudah sesuai dengan program semester
  • Kelompok usia anak, sudah terdapat pada cover
  • RPPM memuat kompetensi dasar dan kegiatan

RPPM Kelompok Bermain Usia 3-4 Tahun Semester 1 (Gasal)

Untuk KB usia 3-4 tahun, sekolah hanya buka 3 hari efektif karena sudah memenuhi standar waktu pembelajaran dalam PAUD yaitu sebanyak 360 menit atau 6 jam dalam satu minggu. RPPM dibuat sampai pada minggu ke-16 silahkan lihat lebih rinci pada preview dokumen yang disajikan di bawah.

Dan sudah menjadi ketetuan bahwa RPPM harus diturunkan dari Program Semester (PROSEM). Lalu RPPM KB-B ini diambil dari promes mana? Ini dia jawabnya: Program Semester KB usia 3-4 Selama 1 Tahun Penuh (Sesuai Kurikulum 2013 PAUD).

Download RPPM KB-B Semester 1 Docx

Sekarang saatnya sesi download karena penjelasan sudah kami berikan di atas ya. Untuk download format docx yang dapat di edit dengan mudah silahkan gunakan link tautan berikut ini (jangan yang preview karena pdf). Dan mohon menunggu sampai tombol download muncul…:

Preview RPPM KB-B Semester 1


Silahkan edit dahulu sebelum digunakan ayah bunda, sesuaikan dengan visi misi sekolah dan masukkan unsur budaya lokal yang sehingga menjadi ciri khas sekolah ayah bunda. Semoga bermanfaat dan maju terus PAUD Indoensia!