RPPM TK A Smt 2 Kurmer ini terdiri dari 18 minggu rencana kegiatan untuk kelompok usia 4-5 tahun semester 2. Ayah bunda dapat menggunakan rencana pelaksanaan pembelajaran mingguan paud ini sebagai contoh, yuk simak sampai akhir tulisan ini ya!

RPPM Kurikulum Merdeka PAUD

Kurikulum Merdeka resmi beroperasi pada tahun 2024. Salah satu komponen utama dari kurikulum ini adalah RPPM yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan. RPPM ini merupakan alat yang digunakan untuk memastikan bahwa semua anak di PAUD memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan pendidikan berkualitas.

RPPM PAUD Kurmer mengacu pada beberapa konsep utama yang mencakup pendidikan anak usia dini. Pertama, anak-anak di PAUD harus diberikan kesempatan untuk berkembang secara holistik, termasuk aspek kognitif, sosial, emosional, moral, fisik, dan spiritual. Kedua, pendidikan anak usia dini harus didasarkan pada lingkungan yang menghargai dan mendukung pencapaian tujuan pembelajaran. Ketiga, pendidikan anak usia dini harus mengikuti pendekatan inklusif, dengan menghormati perbedaan dan mengembangkan kesadaran budaya.

RPPM PAUD Kurikulum Merdeka biasanya mencantumkan beberapa tujuan pembelajaran untuk masing-masing topik yang dipelajari. Misalnya, tujuan pembelajaran untuk topik membaca dan menulis adalah membantu anak-anak memahami konsep dasar pramembaca dan pramenulis, membantu anak-anak mengembangkan kemampuan literasi baca dan tulis, dan mengajarkan cara menggunakan bahasa untuk mengekspresikan diri.

RPPM TK A Smt 2 Kurmer

Setelah menyusun program semester (Promes) Kurikulum Merdeka, langkah selanjutnya adalah menjabarkan dalam program Mingguan yang biasa dikenal dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM). Berikut contoh program Mingguan yang dijabarkan/ diturunkan dari Program Semester.

RPPM TK A Smt 2 Kurmer (18 Minggu Rencana Kegiatan)

Perbedaan Penyebutan TK-A dan TK-B terletak pada usia anak usia dini yang dilayani: TK-A melayani anak PAUD usia 4-5 tahun; sedangkan TK-B melayani anak PAUD usia 5-6 tahun.

Baca Juga:  Contoh Program Mingguan RKM RPPM PAUD Kurikulum 2013

RPPM TK B Semester 2 Kurikulum Merdeka PAUD mencakup beberapa topik yang akan diajarkan dan pelajari oleh anak-anak di PAUD. Topik-topik ini meliputi:

  • RPPM TK-B Topik Cuaca dengan turunan topik wow ada hujan, awan di langit, indahnya pelangi, dan ada angin (minggu 1 s.d 4)
  • RPPM TK-B Topik Kebun Sekolahku dengan turunan topik ayo berkebun, jenis buah, jenis sayur, dan P5 berkreasi dari plastik bekas (minggu 5, s.d 8)
  • RPPM TK-B Topik Alat Transportasi dengan turunan topik transportasi laut, transportasi udara, dan transportasi darat (minggu 9 s.d 11)
  • RPPM TK-B Topik Hari Besar Islam dengan turunan topik ramadhan di sekolah dan idul fitri (minggu 12 dan 13)
  • RPPM TK-B Topik Tempat Rekreasi dengan turunan topik kebun binatang, berkemah, dan bekal piknik (minggu 14 s.d 16)
  • RPPM TK-B Topik Cita-Cita dengan turunan topik menggapai cita dan aku ingin menjadi (minggu 17 dan 18)

Contoh RPPM PAUD Kurmer (TK-A Semester 2)

Ayah bunda dapat mengunduh file rppm semester 2 tk A kurikulum merdeka melalui link tautan berikut ini :

Tampilan preview dokumen contoh rppm kurikulum merdeka tk A semester 2 adalah sebagai berikut (refleksi guru disini sudah diisikan sebagai contoh saja, silahkan nanti di edit ya ayah bunda) :

RPPM Kurikulum Merdeka TK A Semester 2

RPPM PAUD (TK A-B) KURIKULUM MERDEKA
Berikut ini adalah daftar RPPM PAUD Kurikulum Merdeka untuk layanan TK usia 4-5 dan 5-6 tahun full semester 1 (gasal) dan semester 2 (genap) :
1. RPPM TK A Semester 1 Kurmer
2. RPPM TK A Semester 2 Kurmer
3. RPPM TK B Semester 1 Kurmer
4. RPPM TK B Semester 2 Kurmer

Perencanaan program mingguan merupakan rencana kegiatan yang disusun untuk pembelajaran selama satu minggu. Perencanaan kegiatan mingguan dapat berbentuk jaringan tema (web). Jaringan tema berisi projek- projek yang akan dikembangkan menjadi kegiatan-kegiatan pembelajaran.

Baca Juga:  Contoh RPPM TK A Semester 2 Kurikulum 2013 Full

Pada akhir satu atau beberapa tema dapat dilaksanakan kegiatan puncak tema yang menunjukkan prestasi peserta didik. Puncak tema dapat berupa kegiatan antara lain: melaksanakan ibadah, membantu orang yang kesusahan, membuat kue/makanan, makan bersama, pameran hasil karya, pertunjukan, panen tanaman, dan kunjungan.

  • RPPM disusun sebagai acuan pembelajaran selama satu minggu. RPPM dapat berbentuk jaringan tema atau format lain yang dikembangkan oleh satuan PAUD yang berisi projek-projek yang akan dikembangkan menjadi kegiatan pembelajaran.
  • RPPM berisi kegiatan-kegiatan sesuai dengan Kompetensi Dasar yang tercantum dalam Prosem program semester sesuai dengan tema, sub tema, dan alokasi waktu yang telah ditentukan.
  • Pada akhir satu atau beberapa tema dapat dilaksanakan kegiatan puncak tema untuk menunjukkan hasil belajar. Puncak tema dapat berupa kegiatan antara lain membuat kue/makanan, makan bersama, pameran hasil karya, pertunjukan, panen tanaman, dan kunjungan.