Dapatkan RPPH KB 3-4 Tahun Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2023/2024 terbaru dari PAUD Jateng. Perangkat ajar K13 atau Kurikulum 2013 PAUD berfungsi untuk pengorganisasian pembelajaran yang lebih baik sehingga mampu merencanakan kegiatan harian secara sistematis.



RPPH KB 3-4 Tahun Kurikulum 2013 PAUD

Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) harian adalah dokumen yang berisi rencana kegiatan belajar mengajar yang dilakukan oleh guru dalam satu hari. RPP harian merupakan penjabaran dari rencana pelaksanaan pembelajaran mingguan atau bulanan yang disusun berdasarkan kurikulum dan silabus. RPP harian harus memuat tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, sumber belajar, alokasi waktu, dan penilaian pembelajaran.

RPP harian sangat penting bagi guru PAUD karena dapat membantu guru dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi proses pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik anak usia dini. Anak usia dini memiliki kebutuhan, minat, bakat, dan potensi yang berbeda-beda sehingga memerlukan pendekatan pembelajaran yang bervariasi dan menyenangkan. RPP harian juga dapat meningkatkan profesionalisme guru PAUD dalam melaksanakan tugasnya sebagai pendidik dan pengasuh.

Membuat RPPH PAUD K13

PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) merupakan inti pengenal pendidikan dasar, yang pastinya memberikan kesempatan bagi para anak untuk mengembangkan berbagai kemampuan. Dengan demikian, pembelajaran di PAUD harus disesuaikan dengan kebutuhan anak yang terus berubah. Tujuan pembelajaran harus diciptakan secara menyeluruh, dengan menggunakan berbagai metode pembelajaran dan cara-cara pembelajaran yang dilakukan sehari-hari.

Untuk memastikan bahwa segala sesuatu diterapkan dengan benar, sudah waktunya untuk membuat rencana pelaksanaan pembelajaran harian bagi para guru PAUD. Ini akan membantu guru untuk mengatur kurikulum selama pembelajaran agar melewati dengan sukses, sekaligus menghadirkan hasil pembelajaran yang luar biasa bagi anak-anak.

RPPH KB 3-4 Semester 1 Kurikulum 2013 TP 2023/2024

Berikut adalah langkah-langkah dalam menyusun RPP harian paud:



  1. Menentukan tema pembelajaran. Tema pembelajaran adalah topik umum yang menjadi fokus pembelajaran dalam satu hari. Tema pembelajaran harus relevan dengan kehidupan sehari-hari anak, menarik minat anak, dan mengandung nilai-nilai pendidikan. Contoh tema pembelajaran adalah keluarga, lingkungan, binatang, profesi, dan sebagainya.
  2. Menentukan subtema pembelajaran. Subtema pembelajaran adalah topik khusus yang menjadi fokus pembelajaran dalam satu sesi atau kegiatan. Subtema pembelajaran harus sesuai dengan tema pembelajaran dan mengembangkan aspek-aspek perkembangan anak usia dini. Contoh subtema pembelajaran adalah anggota keluarga, rumah, tumbuhan, dokter, dan sebagainya.
  3. Menentukan tujuan pembelajaran. Tujuan pembelajaran adalah hasil yang diharapkan dicapai oleh anak setelah mengikuti proses pembelajaran. Tujuan pembelajaran harus spesifik, terukur, dapat dicapai, realistis, dan memiliki batas waktu. Tujuan pembelajaran harus mencakup aspek kognitif, afektif, psikomotorik, dan sosial-emosional anak usia dini.
  4. Menentukan materi pembelajaran. Materi pembelajaran adalah isi atau bahan ajar yang disampaikan oleh guru kepada anak dalam proses pembelajaran. Materi pembelajaran harus sesuai dengan tujuan pembelajaran dan subtema pembelajaran. Materi pembelajaran harus disajikan secara sederhana, konkret, menarik, dan bermakna bagi anak.
  5. Menentukan metode pembelajaran. Metode pembelajaran adalah cara atau teknik yang digunakan oleh guru untuk menyampaikan materi pembelajaran kepada anak dalam proses pembelajaran. Metode pembelajaran harus sesuai dengan tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, karakteristik anak usia dini, dan kondisi lingkungan belajar. Metode pembelajaran harus melibatkan anak secara aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan.
  6. Menentukan media pembelajaran. Media pembelajaran adalah alat bantu yang digunakan oleh guru untuk mendukung proses penyampaian materi pembelajaran kepada anak dalam proses
Baca Juga:  Rencana Kegiatan Harian KB 3-4 Tahun Smt 2 Minggu 1-8

RPPH Kelompok Bermain 2023/2024

Berikut ini adalah rencana pelaksanaan pembelajaran harian kurikulum 2013 yang dikembangkan oleh PAUD Jateng tahun pelajaran 2023/2024 untuk kelompok bermain usia 3-4 tahun bisa edit tersedia pada minggu ke-1.

NoPerangkat Ajar KB Kurikulum 2013Link Download
1RPPH KB 3-4 Tahun Smt 1 - Minggu 1, Tema: IdentitaskuFile Docx
2RPPH KB 3-4 Tahun Smt 1 - Minggu 2, Tema: TubuhkuFile Disini
3RPPH KB 3-4 Tahun Smt 1 - Minggu 3, Tema: Panca InderaFile Disini
4RPPH KB 3-4 Tahun Smt 1 - Minggu 4, Tema: KesukaankuFile Disini
5RPPH KB 3-4 Tahun Smt 1 - Minggu 5, Tema: RumahkuFile Disini
6RPPH KB 3-4 Tahun Smt 1 - Minggu 6, Tema: SekolahkuFile Disini
7RPPH KB 3-4 Tahun Smt 1 - Minggu 7, Tema: MasyarakatFile Disini
8RPPH KB 3-4 Tahun Smt 1 - Minggu 8, Tema: Makan dan MinumFile Disini
9RPPH KB 3-4 Tahun Smt 1 - Minggu 9, Tema: PakaianFile Disini
10RPPH KB 3-4 Tahun Smt 1 - Minggu 10, Tema: KesehatanFile Disini
11RPPH KB 3-4 Tahun Smt 1 - Minggu 11, Tema: Binatang AirFile Disini
12RPPH KB 3-4 Tahun Smt 1 - Minggu 12, Tema: Binatang DaratFile Disini
13RPPH KB 3-4 Tahun Smt 1 - Minggu 13, Tema: Binatang UdaraFile Disini
14RPPH KB 3-4 Tahun Smt 1 - Minggu 14, Tema: Binatang BuasFile Disini
15RPPH KB 3-4 Tahun Smt 1 - Minggu 15, Tema: SayurFile Disini
16RPPH KB 3-4 Tahun Smt 1 - Minggu 16, Tema: BuahFile Disini
17RPPH KB 3-4 Tahun Smt 1 - Minggu 17, Tema: BungaFile Disini

Preview / Tampilan RPPH KB 3-4 Tahun

Berikut ini adalah tampilan atau bentuknya seperti apa RPPH KB kurikulum 2013 edisi terakhir ini, yaitu terdiri bagian identitas program, program pengembangan / kompetensi dasar, tujuan pembelajaran / materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan penilaian pembelajaran.

Baca Juga:  Contoh SOP Toileting (Latihan ke Kamar Mandi) PAUD K13

Tips Membuat RPPH PAUD Kurikulum 2013

Bagi para guru PAUD, berikut adalah beberapa tips yang dapat diikuti untuk membuat RPPH PAUD Kurikulum 2013 yang berkualitas.

  1. Pahami tujuan pembelajaran dan identifikasi kompetensi yang telah ditetapkan. Satu hal yang harus dipahami oleh guru adalah tujuan pembelajaran yang akan dicapai. Tentunya tujuan ini melingkupi kompetensi yang telah dipersyaratkan oleh Kurikulum 2013.
  2. Sesuaikan materi dengan anak-anak. Usia anak-anak adalah faktor penting yang harus diperhatikan ketika membuat RPPH. Sebagai contoh, jika anak usia dini berusia 3-4 tahun, maka materi yang disajikan harus dapat dijalankan oleh mereka dan sesuai dengan kemampuan mereka.
  3. Buat rencana pelaksanaan. Setelah memahami tujuan dan materi pembelajaran, guru dapat membuat rencana pelaksanaan. Rencana pelaksanaan adalah strategi yang dapat dilakukan guru dalam menjelaskan materi kepada anak-anak. Guru dapat bereksperimen mempelajari strategi mana yang efektif.
  4. Buat ulasan materi. Setelah guru selesai dengan pelaksanaan pembelajaran harian, mereka dapat menuliskan catatan mengenai materi yang dibahas di RPPH. Hal ini akan membantu guru untuk merumuskan tujuan dan kompetensi yang telah dicapai oleh anak-anak.
  5. Perbaharui materi. Guru juga dapat melakukan penilaian untuk menentukan materi yang harus diperbaharui dan diubah. Hal ini sangat penting untuk menjamin bahwa anak-anak benar-benar memahami materi yang disampaikan.

Membuat RPPH PAUD Kurikulum 2013 bisa menjadi tugas yang menantang dan melelahkan bagi guru. Dengan tips di atas, diharapkan para guru PAUD dapat membuat RPPH dengan lebih mudah dan efektif.