Lama Belajar PAUD/ Jam Waktu Belajar PAUD. Standar Lama Waktu Pembelajaran PAUD (TK KB TPA SPS) sesuai Kurikulum 2013 PAUD terbaru Permendikbud 146 Tahun 2014. Cara Menghitung Lama Waktu Belajar yang Dibutuhkan PAUD –Berapa sih standar lama waktu sekolah PAUD, dan berapa jam mengajar guru PAUD?



Standar Jam Sekolah PAUD (TK KB TPA SPS)

Lama belajar merupakan keseluruhan waktu untuk memperoleh pengalaman belajar yang harus diikuti anak dalam satu minggu, satu semester, dan satu tahun. Lama belajar pada PAUD dilaksanakan melalui pembelajaran tatap muka.

Berapa jam belajar anak PAUD di sekolah? Tentang durasi lama waktu belajar di sekolah PAUD bagi anak sudah ditetapkan dalam peraturan kurikulum PAUD yang dikeluarkan pemerintah.

Belajar melalui bermain adalah kegiatan belajar anak yang dilakukan melalui suasana dan aneka kegiatan bermain. Pembelajaran pada satuan PAUD dilakukan dengan lama belajar dan pelaksana pengasuhan terprogram.

Berapa Lama Hari Sekolah PAUD Berlangsung?

Ini adalah salah satu pertanyaan yang sering muncul di kalangan manajemen PAUD, dan sebagai pengelola harus memutuskan jumlah waktu yang tepat yang harus dihabiskan untuk sekolah anak usia dini di sekolah PAUD setiap hari, tetapi kenyataannya adalah tidak ada jawaban pasti yang cocok untuk setiap keluarga.

Salah satu hal terbaik tentang sekolah anak usia dini adalah sifat fleksibilitas yang diberikannya! Selayaknya sekolah PAUD memberi keluarga kemampuan untuk menciptakan rutinitas yang berputar di sekitar kehidupan keluarga daripada mencoba menyesuaikan kehidupan keluarga di sekitar rutinitas mereka. Dengan perencanaan yang cermat dan sedikit kreativitas, ini dapat menghasilkan beberapa peluang belajar yang luar biasa bagi semua orang yang terlibat!



Ini bukan untuk mengatakan bahwa lembaga kami tidak pernah duduk untuk melakukan tugas sekolah yang lebih formal bersama-sama. Kami melakukannya, dan kami pikir ketika anak-anak menjadi dewasa dan berkembang, ini adalah bagian yang sangat penting dari teka-teki, tetapi yang ingin kami lakukan adalah mendorong ayah bunda semua untuk melihat belajar dengan si kecil sebagai sesuatu yang tidak dibatasi oleh jam – atau kurikulum tertentu.

Baca Juga:  Buku Pedoman Penyusunan KTSP PAUD K-13 by Direktorat PAUD

Belajar bukanlah sesuatu yang hanya terjadi ketika seorang anak menjiplak huruf atau mengurutkan bentuk. Faktanya, terutama pada usia dini, sebagian besar pembelajaran anak terjadi saat mereka bermain dan melalui interaksi khas dengan keluarga dan teman. Bahkan, kami akan mengatakan tidak ada buku atau lembar kerja yang diperlukan!

Cara Menentukan Lama Belajar yang Dibutuhkan oleh PAUD

Bagaimana Cara Menghitung Lama Belajar yang Dibutuhkan oleh Setiap Satuan PAUD untuk Mencapai Muatan Kurikulum, KI dan KI yang Telah Ditetapkan?

Lama belajar di sekolah PAUD ditetapkan atas dasar kelompok usia. Setiap kelompok usia layanan di PAUD dialokasikan jumlah waktu minimal layanan dalam satu minggu. Jumlah waktu minimal tersebut adalah:

  1. Kelompok usia lahir sampai 2 (dua) tahun dengan lama belajar paling sedikit 120 menit per minggu;
  2. Kelompok usia 2 (dua) tahun sampai 4 (empat) tahun dengan lama belajar paling sedikit 360 menit per minggu; dan 
  3. Kelompok usia 4 (empat) tahun sampai 6 (enam) tahun dengan lama belajar paling sedikit 900 menit per minggu.
Standar Lama Waktu Pembelajaran PAUD (TK KB TPA SPS)

Jam Belajar Sekolah PAUD Tidak Mencapai Target ?

Bagi lembaga PAUD untuk kelompok usia 4-6 tahun yang tidak dapat melakukan pembelajaran 900 menit perminggu, maka wajib melaksanakan pembelajaran 540 menit dan ditambah 360 menit pengasuhan terprogram.

Bentuk Pengasuhan terprogram sebagaimana dimaksud adalah kegiatan pengasuhan orang tua yang dibina oleh satuan PAUD (Parenting Education PAUD).

Penelitian menunjukkan bahwa masa peka belajar anak dimulai dari anak dalam kandungan sampai 1000 hari pertama kehidupannya. Menurut ahli neurologi, pada saat lahir otak bayi mengandung 100 sampai 200 milyar neuron atau sel syaraf yang siap melakukan sambungan antar sel.

Sekitar 50% kapasitas kecerdasan manusia telah terjadi ketika usia 4 tahun, 80% telah terjadi ketika berusia 8 tahun, dan mencapai titik kulminasi 100% ketika berusia 8 sampai 18 tahun.

Baca Juga:  Keterkaitan Standar PAUD dan Kurikulum PAUD 2013

Penelitian lain juga menunjukkan bahwa stimulasi pada usia lahir-3 tahun ini jika didasari pada kasih sayang bahkan bisa merangsang 10 trilyun sel otak.  Namun demikian, dengan satu bentakan saja 1 milyar sel otak akan rusak, sedangkan tindak kekerasan akan memusnahkan 10 miliar sel otak.

Contoh Jam Belajar TK:

TK Kunjung Anyelir memberi layanan untuk anak usia 4-6 tahun sebanyak 3 kali dari pukul 08.00 – 11.00. Seharusnya layanan untuk anak usia 4-6 tahun selama 90 jam / minggu. Berarti TK Kunjung Anyelir kekurangan 56 jam pelajaran.

Maka kekurangan tersebut dilengkapi dengan program pengasuhan yang disusun oleh TK Guru Kunjung Anyelir untuk orang tua peserta didik agar melanjutkan kegiatan pembelajaranna di rimah melalui proses pengasuhan.



penawaran kerjasama paud jateng